Surat Pembaca

Seller Penipu di Shopee

Saya memesan barang berupa Panci Presto di Shopee, pada tanggal 12 Desember 2022, melalui akun seller: https://shopee.co.id/serbagunastore01, dengan nomor pesanan #221212FC6G1CDV. Namun barang yang diterima beda/tidak sesuai, hanya berupa bros, padahal sesuai deskripsi seharusnya barang adalah panci presto.

Saya tidak mempermasalahkan nominal, tapi dilihat dari reviews penjual/toko hal ini sudah sering terjadi. Hal yang menjadi perhatian saya adalah mengapa Shopee sebagai marketplace yang aman menjadi tempat untuk ajang penipuan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab?

Jujur, harga barang tidak seberapa, tapi sudah berapa banyak pembeli lain yang tertipu selain saya. Mengapa Shopee tetap membiarkan hal ini terjadi? Saya sudah laporkan, tapi tidak ada tindakan Shopee lebih lanjut dan berkesan membiarkan, sehingga menjadikan Shopee sarang bagi seller penipu untuk terus melakukan aksinya.

Apa tidak ada punishment dari Shopee untuk menindak oknum terkait dan mungkin masih banyak toko serupa lainnya?

Afriana Dyah Ratnapuri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sudah menjadi budaya +62

    Gw jual bener2 jualan casing hp aja, masih di bilang misteri box menang iphone ??
    Sering terjadi dan gw ksh tau " MANA ADA IPHONE 15JT MENJADI 10RB, KL PUN CUCI GUDANG, GW JUAL 5JT PUN LANGSUNG DI BORONG, KL NGIMPI JGN MIRING WAHAI KEONG RACUN "

    Logika aja lha
    Jangan beli harga yang ga masuk akal ( terlalu murah / mahal )
    Baca baik2 judul produk beserta deskripsi
    Itu rating produk dan toko kaga di cek apa ya ? ????? Rating toko aja 1.6/5
    Waduh ?? dan masih ada yang kena lalu di angkat ke media konsumen, thx untuk berantas toko begini tapi baik nya LITERASI digital nya juga di upgrade ya....

    • Astaga padahal udah jelas loh itu ratingnya jelek, apa gak liat dulu orang² yang sebelumnya beli disitu dan ngasih rating buruk.

  • Jika tidak masuk MK, sopia tidak akan menghapus nya
    MENGAPA ?
    KAMU TANYAK? KAMU BERTANYAK-TANYAK?
    INI AKU KASIH TAU YA
    Sopia adalah marketplace ( penyedia jasa pembeli dan penjual )
    Jadi yang mereka fokus itu bukan pelayanan, ataupun toko itu tipu atau tidak ( Tetapi akan ditindak lanjuti jika suda sampai masuk ke MK )
    Tujuan utama mereka adalah "TRANSAKSI"
    Semakin banyak transaksi yang terjadi, maka baru akan cuan
    Jadi pande2 saja jika ingin belanja online, karena jika suda terjadi "transaksi", mau itu benar atau tipu sopi tidak akan begitu mengubris nya
    Itu lah mengapa jika kita komplain akan selalu dijawab "akan kami proses" atau "akan kami teruskan ke tim terkait"
    Tujuan utama ny itu adalah mengulur waktu, pasti akan ada yg merasa ah sudahlah daripada saya capek2 kejar CS nya,saya ikhlasin ja.
    Dan nanti jika suda masuk MK baru mereka proses langsung

    Jadi sekali lagi untuk teman2 yang belanja online pande2 sendiri ja, buang jauh2 pemikiran jika ada masalah pasti akan dibantu CS nya

    • Susah +62 mau murah aja tp gak tau yg dibeli itu apa, baca pun gak mau makanya lapak mistery box berjamur karna orang² kaya gini yg beli murah tp mau dpt barang mahal dikira lagi flasale kali

    • Bener banget kelakuan shopia begitu.. saya komplain ke cs selalu jawaban begitu.. mesti rewel sehari 10 x akhirnya clear.. jadi males belanja k c orange.. ga mikirin konsumen yg penting transaksi... enakan yang hijau tokped fastrespon.

  • Tujuan TS nulis biar ditindak oleh Shopee dan sudah ditindak. kenapa malah dibully ya sama si paling pintar? Kasian orang tuanya gagal didik jadi orang yang punya empati. Budaya bully ga cuma disekolah, tempat kerja, socmed bahkan mewabah ke MK. Kalau mau edukasi TS ya ga usah pakai kata2 menghina dong.

  • Mungkin pembelinya iseng, bener gak sih seller penipu klo d lihat dari review2 nya. Tapi kok toko masih buka.
    Makanya ketika dia coba beli eh beneran nipu, dia adukan ke MK, kenapa toko ini masih buka aja padahal udah bnyk review negatif.

    Maybe

  • Di shopee mah banyak beginian, aneh klo shopee juga judul jualan hp harga puluhan ribu, tp deskripsi ala2 mistery box. Aneh shopee seller begitu di ternaki.

  • sekarang mah klau mau beli online, harus tau dlu harga pasarnya brapa, jgan asal murah aja, lihat juga rating tokonya, mentang2 harga murah langsung checkout..ya bgini jadinya..wkwkwj

  • Nah ini misteri box. Gue ga setuju Ada ini disrketplace . Saya pernah ajuin jg ke marketplace utk tidak melakukan sifat nya penjudian . Kudusnya shopee
    Harus nya ga boleh. Jika laporkan ke polisi Ada uu nya ini ... penjualan yg Sifat nya Judi. Shopee Harus menutup penjualan barang spt ini yg Sifat nya misteri box

  • Ada sisi positif dan negatifnya
    Sisi positifnya...sopi bertindak setelah ada yg bikin postingan di MK
    Sisi negatifnya... Anda sudah tau itu judi dan banyak review jelek masih aja dibeli
    Kalau sekedar kasih info...gag usah ikutan beli...drpd anda jga kena tipu...heheheh