AnterAja Membuka Paket Kiriman dengan Sengaja

Saya sebagai penjual di Tokopedia, mendapatkan pesanan menggunakan kurir AnterAja – Next Day. Paket sudah diambil oleh kurir AnterAja pada tanggal 9 Januari 2022, dan seharusnya sampai pada tanggal 10 Januari 2022. Tetapi yang terjadi adalah paket baru sampai di tangan pembeli pada tanggal 12 Januari 2022 yang mana sudah melewati dari tanggal yang seharusnya.

Yang membuat saya kaget adalah, pada saat saya cek melalui “Lacak” pengiriman melalui Tokopedia terdapat foto bahwa paket sudah sampai tetapi dengan kemasan yang berbeda pada saat saya kirimkan (foto terlampir).

Hal ini segera saya cross-check dengan pihak pembeli dan ternyata benar adanya. Berarti dengan tidak langsung paket yang dikirimkan dibuka dengan sengaja oleh pihak AnterAja sebagai kurir.

Bagaimana pertanggung jawaban pihak AnterAja mengenai hal ini? Saya sudah melaporkan masalah ini melalui website AnterAja menanyakan penjelasan tanggal 12 Januari 2023, sampai surat ini dikirim masih belum juga mendapatkan respon.

Iwan Sutedja
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:47    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “AnterAja Membuka Paket Kiriman dengan Sengaja

  • 15 Januari 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Kalau isi paket masih sesuai, tidak ada masalah kan? Kecuali jika buyer komplain barangnya berbeda, lain merk, fisik cacat, barang bekas, dst…

    Nyatanya di dalam surat pembaca tidak dijelaskan apakah buyer komplain dengan kondisi barang atau tidak. Jika bungkus ditukar/dibuang, ada banyak penyebab. Bisa karena rusak/penyok karena kelalaian kurir atau justru packing dari pengirim tidak sesuai ketentuan ekspedisi. Mungkin juga dibongkar atas permintaan pihak berwajib. Bisa juga para bajing(an) saat berpesta menganggap paket anda tidak seberapa berharga.

    5
    21
    • 16 Januari 2023 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Menurutku si ini sellernya yang kurang safety..kayaknya itu sejenis sepatu/sandal gak dibungkus plastik/apa sekalipun pantesan dari pihak anteraja kasih bungkus tambahan takutnya isi paketan jatuh dan hilang….harusnya si seller berterimakasih ini ma anteraja yamg sdh mau kasih packing tambahan

      9
      3
    • 16 Januari 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      apapun alasannya kurir tidak boleh membuka paket yg telah di kirim, apalagi jelas pihak penjual tidak mengetahuinya ato tidak mnta izin, itu namanya kurir kurang ajar.

      5
      1
      • 16 Januari 2023 - (19:16 WIB)
        Permalink

        Ini komentar yang paling baik mnrt. saya dan tidak saja pada eksp./kurir yang harus diusut tetapi juga pihak Toped dimintakan tanggung jawab/penjelasannya , s.d.l. eksp. tsb bekerja dalam ruang lingkup/tanggung jawab Toped.

  • 16 Januari 2023 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan saat dikirim packing tidak layak atau tidak aman. Kemudian ditambah dus lagi oleh kurir agar lebih aman

    10
    4
    • 16 Januari 2023 - (06:30 WIB)
      Permalink

      Setuju, dan biasanya ga cuma kurir anteraja yang seperti itu, menambahkan paking plastik tambahan.

      5
      1
      • 16 Januari 2023 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Antar Teja mmg pengirimannya sangat lama sy sgt tidak ingin mengirim malui antar Teja

    • 18 Januari 2023 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Beberapa bulan lalu saya sempat komplain via twitter ke tokped cc anter aja juga.. karena paket di acak2…isi nya beruntung masih lengkap..
      order barang, sudah dikemas KARDUS rapi , bersegel dan bertanda DILAYANI TOKOPEDIA,, tapi sayang nya pas saya terima, lakban nya sudah kemana2, kardus pun sudah terbuka ,, agak mikir gmna kalau isinya barang “agak mahal” . . Bakal aman gak tuh?

  • 16 Januari 2023 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Kalo untuk anter aja udah gak kaget sih jujur, saya sebagai penjual dan pembeli udah kapok pake ekspedisi abal abal ini,
    Judul nya same day, sampai nya 2 hari, mungkin hitungan hari dianter aja pake hitungan planet saturnus

  • 16 Januari 2023 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Tanya ke buyer anda kelengkapan barang yg diterima apakah sesuai order? Jika iya berarti ga masalah, paket diterima dlm keadaan packing beda (ada tambahan paking plastik) itu wajar karena paket yg di kirim seller seperti kurang safety , tidak ada bubble warp , dus tambahan atau yg lainnya. Coba koreksi cara seller paking. Cimiiw.

  • 16 Januari 2023 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Kalo isi dalamnya aman2 aja dan ga ada yg hilang itu berarti cara mengemas anda kurang aman… Sehingga kurir berinisiatif untuk melakukan pelakbanan atau menambahkan kemasan tambahan… Anda seharusnya berterima kasih bukannya menyalahkan.

    Coba koreksi diri anda dulu sebelum mengkoreksi kesalahan orang lain…

    8
    2
    • 16 Januari 2023 - (08:31 WIB)
      Permalink

      iya setuju.
      Sepertinya packing kurang aman atau hancur kena hujan.
      Kalau liat dari foto kondisi paket waktu kirim, riskan banget (packingnya cocok untuk Instant kurir).
      Saya juga pernah terima paket dalam kondisi di-wrapping ulang pake plastik oleh kurirnya (mirip seperti ini) tapi dari kurir lain. Saat terima, Isinya lengkap. saya mengapresiasi inisiatif pihak kurir karena kardusnya sudah babak belur, ada yang robek, dan lembab (mungkin kena hujan di motor kurir saat pickup dari seller ke Hub)

      3
      2
  • 16 Januari 2023 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Packingan mu aj gak aman. Cuma kardus. Kasih plastik lah musim ujan juga. Usahakan klo kardus jgn ada rongga biar kalo kecampur paket lain g peok2 di karung.

    3
    3
  • 16 Januari 2023 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Problem utama adalah layanan “next-day” berubah jadi “suka2-perut-anteraja-day”… Walau sampai barang utuh atau tidak rusak sekalipun, pengirim berhak menerima kompensasi. Karena penyedia jasa melakukan wanprestasi.

    Sampainya telat, packing berubah pula, ya wajar pengguna jasa berprasangka.

  • 17 Januari 2023 - (02:56 WIB)
    Permalink

    Dari trackingnya sih ada yg ga beres. 2x udah discan kurir utk diantar, tp ‘digagalkan’ oleh kurir. Bahkan upaya pengiriman yg kedua malah cuma jeda 1 menit dr scan langsung diexception ‘kendala operational’.
    Udah gitu 2x pula dibalikin ke hub.
    Padahal itu paket next day, koq rasa reguler. Kocak.
    Kalau masalah packing rusak mah ga perlu balikin ke hub. Di staging bisa benahin trs diantar hari itu jg. Yg penting isi aman dan utuh. (konfirmasi ke seller jika perlu, bahwa paket dire-packing krn kendala cuaca dsb tp isi paket utuh). Ini mah 2x dibolak balikin mulu ke hub.

    Misal isi paket utuh, maka yg perlu dikomplain ya durasi kirimnya yg ga sesuai estimasi.
    Emang nih, Anteraja makin ke sini eh makin ke sana.

  • 17 Januari 2023 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Itu bukan dibuka sengaja, tapi diperbaiki.
    Ini saya bukan berarti membela ekspedisinya,
    Ada foto paket sebelum dikirim? Kalo ada kenapa tidak dilampirkan sekalian?.
    Kalau buktinya hanya itu, kurir ekspedisinya tidak bisa disalahkan.
    Untuk masalah estimasi pengiriman, semua ekspedisi pasti ada masalah dalam pengiriman.

  • 17 Januari 2023 - (21:56 WIB)
    Permalink

    Sekarang ini banyak kurir² yg nakal…yaa kurir dari expedisi si A, si C, si J, dll. Mau gimana lagi… marketplace² udah join sama expedisi itu. 😏😏😏

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

AnterAja Membuka Paket Kiriman dengan Sengaja

oleh Iwan dibaca dalam: 1 menit
21