Surat Pembaca

Akun Shopee Saya Dibatasi, karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Orang Tidak Dikenal

Saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Per tanggal 2 Februari 2023 10:41, saya melakukan belanja dengan menggunakan SPayLater (omor pesanan: 230131R3KB6VAF dan 230131R3KB6VAE). Kemudian pada tanggal 07 Februari saya lakukan pelunasan terhadap kedua transaksi tersebut melalui Bank BRI, dengan metode virtual account.

Namun 2 hari berselang, akun SPayLater saya dinonaktifkan dengan alasan aktivitas mencurigakan. Sontak saya terkejut mendengar hal tersebut. Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna. Namun akun saya dibatasi, dengan alasan adanya tagihan SPayLater yang belum saya bayar.

Tanggal 08 Februari 2023 pukul 16.24, saya komplain melalui email dan saya lakukan verifikasi data menggunakan KTP dan KK saya. Saya mendapatkan jawaban pada hari selanjutnya tanggal 09 Februari 2023 17.41, dengan alasan verifikasi gagal karena data tidak sesuai. Hal ini membuat saya tambah bingung.

Kemudian pada tanggal 11 Februari 2023 pukul 13.47, saya lakukan laporan ulang kembali dengan mengirimkan data berupa username, email dan nomor telepon, serta lampiran KK dan KTP. Namun pihak Shopee menjelaskan adanya tagihan, yang mana tersambung dengan atas nama: OC** FI****S*AH.

Jelas saya komplain, karena tidak masuk akal. Bagaimana bisa ada tagihan kalau saya tidak pakai Shopee SPayLater sama sekali? Jawaban mereka kali ini, karena ada pengguna dengan nama OC** FI****S*AH mempunyai tagihan dan akun SPayLater dia terhubung dengan nama saya.

Heran, saya tidak pernah kenal nama orang tersebut. Dari nama tersebut sudah jelas beda dari nama asli saya. Namun pihak Shopee memaksa saya untuk lakukan pelunasan dengan kirim bukti pelunasannya agar akun saya dilepas dari perbatasan ini. Saya sudah lakukan pelunasan terkait transaksi saya tanggal 02 Februari 2023 tersebut, perihal terkait adanya pengguna OC** FI****S*AH itu bukan kewajiban saya! Lah yang ngutang siapa, yang ditagih siapa?

Ini jelas, perilaku buruk dari pihak Shopee. Karena saya tidak punya tanggung jawab atas hutang yang dilakukan oleh orang lain, apalagi orang yang tidak dikenal. Mau sampai kapan pun juga, akun saya akan terus dibatasi karena saya tidak kenal orang tersebut. Jadi pelunasan tidak mungkin terjadi dari pihak saya.

Apa memang bisa orang tidak dikenal dengan sembarangan menyambungkan akun SPayLater-nya dengan orang tidak dikenal lain? Karena itu jelas sudah masuk kategori “Identity Theft“. Saya sudah kirim bukti Kartu Keluarga dan tidak ada satu pun orang dengan nama tersebut.

Tolong kepada pihak Shopee diselidiki ulang. Kalau ada masalah terkait hutang dengan OC** FI****S*AH yang berhutang kepada tim SPayLater, Anda yang tagih sendiri! Tidak perlu manipulasi orang lain untuk melakukan kerjaan kotor seperti ini.

Muhammad Kholid Hidayat
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Coba hapus akun. Kl ga ada tagihan shrusnya bs hapus akun. Kl bsk g boleh dftr lagi anggap itu jln selamat.

  • Wah shopee blum beres jg soal spaylatter yg terhubung org yg ga dikenal. Utk menggybungkan Kan perlu konfirmasi juga . Kok bisa Ada no ho pengutang lain Masuk ke data refeensi no hp. Ini bukan karena aplikasi yg katanya install yg ga dikenal sih kalo saya bilang. Tp emang shopee nya yg bermasalah. Saya ga pernah tergiur aktifin spaylatter manapun walau cashbacks nya emang gede bgt sih....

  • Shoppee emang dari dulu suka ngebekukan akun org, dgn alesan "Terhubung sama akun yg belum bayar hutang"
    dgn harapan aku yg diblokir bisa jadi DC gratis buat shopee .. wkwkwkwkwk

  • lapor polisi aja bos. udah kriminal ini.
    klo nggak ya cari pengacara buat gugat shopee. nggak gitu mahal kok.

  • Bersukur dana yg 13 juta nya ndak kesedot bosku,, malah pusing ntar mesti bayar cicilan yg 13 jt itu,, mending tutup aja spaylater nya bos

    • Ya memang bayangin aja klo sempat 13jt dikuras habis puyeng jga itu

  • Kadang gak mikir panjang mungkin, diiming² cashback gede lalu aktifkan spaylater padahal itu jebakan ... Mending jgn sekali² aktifkan bayar nanti...

  • terus gimana kak akunnya, apakah ada itikad baik dari pihak shopee?? apakah akunnya sudah diaktifkan kembali oleh pihak shopee?