Tanggal 11 Februari 2023 sekitar pukul 21.11, saya mencoba login ke akun DANA saya. Sudah berhasil login dan saldo masih utuh. Namun saat login, tiba-tiba akun DANA tertutup sendiri. Saya mencoba login ulang dan kaget sekali, karena saldo saya langsung habis.

Saya cek diriwayat transaksi ada pembayaran OVO dan transfer dana yang tidak saya lakukan. Padahal di akun DANA saya sudah diaktifkan fitur Smart Pay yang membutuhkan verifikasi wajah saat mau login ulang, kok masih bisa dibobol?

Saya sudah membuat laporan ke DANA Care, tapi belum dapat kabar tindak lanjutnya. Semoga dengan diterbitkan surat ini bisa segera dapat respons dari pihak DANA. Kerugian yang saya terima besarnya cukup lumayan, sebesar Rp1.636.000.

Saat ini saya jadi takut untuk transaksi menggunakan DANA, padahal saya aktif bertransaksi dengan DANA selama ini.

Yoyok Dwi Prasnowo
Magetan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Yoyok

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Yoyok Dwi Prasnowo Media Konsumen, “Akun DANA Dibobol“....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Error sesi habis dan disuruh login kembali memang terjadi akhir-akhir ini di aplikasi terbaru DANA, namun setelah klik back ternyata status masih loggged in, jadi saya menduga ini memang kesalahan di aplikasi. Terkait pembobolan akun, ada banyak faktor, misalnya ada orang lain yang mengetahui kredensial password, PIN, dll, atau Anda menginstall aplikasi tidak jelas (belakangan modus ini sedang marak). Apapun itu, saran saya jangan pernah menaruh saldo banyak di e-wallet. Saya sendiri hanya pakai untuk transaksi isi pulsa dan tagihan, dan transfer rekening bank, sementara untuk sumber dana saya kaitkan dengan kartu bank (debit & kredit) yang relatif lebih aman.

    • Kalau aku malah sudah lama menghapus kartu (debit+kredit) yang ditautkan ke DANA.
      Bahkan pernah kirim email 2x ke DANA terkait penghapusan akun, malah jawabannya ga nyambung. Jadinya dibiarin aja lah, asal tidak ada kartu yang terhubung dan saldo 0.

  • DANA: bs jdi ada yg tahu nmr dana sampean dan jg mengetahui PIN sampean. Krn siapapun akan bs mngakses DANA kita di perangkat berbeda klw org lain mngetahui nmr n PIN. klw sampean ora percoyo, cb login di perangkat lain pke nmr sampean (g usah close dr hp utama)

  • Kalo tanpa cerita lengkap agak susah menilainya.. Apakah sblmnya pernah isi form menang undian? Klik link di IG? Dsb.. Klo sesi berakhir kemungkinan ada yg login di perangkat lain, mgkn org yg tau user/passwordnya? Klo pass pake tgl lahir kemungkinan anggota keluarga/teman dll..

  • Wah dana sdh mulai rame di MK, tp mmg waspada apalagi yg ada saldo, dan terhubung di lazad.. setiap transaksi lg motong g minta pin dulu...

  • Saya juga mengalami hal yang sama, alasannya karena saya mengikuti dana kaget dari Facebook dan memasukkan pin saya. Sekarang aplikasi dana saya jadi sering log out sendiri "sesi berakhir" padahal udah ganti pin. Jadi takut pakai aplikasi dana lagi.