Surat Pembaca

Shopee SPayLater Secara Sepihak Mengubah Transaksi Menjadi 12 Kali Cicilan!

Terima kasih Media Konsumen sudah menerbitkan artikel saya ini. Semoga artikel ini bisa memberi info ke pengguna Shopee yang lain, supaya hal yang sama tidak terjadi pada mereka.

Saya adalah pengguna lama Shopee SPayLater. Adanya SPayLater ini sangat membantu mempermudah pembayaran saya. Biasanya saya hanya pakai yang beli sekarang ,bayar bulan depan. Tidak untuk menjadikan cicilan. Karena memang niatnya untuk bayar pas gajian.

Namun kejadian yang sangat tidak mengenakan terjadi pada saat saya melakukan pembayaran di Alfagift. FYI, saya sudah sering pakai Alfagift dengan pembayaran Shopee SPayLater dan selama ini baik-baik saja. Sistemnya belanja sekarang, bayar bulan depan otomatis seperti itu.

Pada tanggal 27 Februari 2023, saya melakukan 2x transaksi di Alfagift pada pukul 20.08 dan 20.11, masing-masing senilai Rp54.900 dan Rp178.300. Semua berjalan normal, barang pun sudah dikirim ke saya. Karena ini bukan pertama kali saya transaksi di Alfagift menggunakan Shopee SPayLater, saya tidak cek tagihan saya lagi. Hari ini alangkah terkejutnya saya ketika cek histori, ternyata dua transaksi saya di atas diubah ke cicilan 12x.

Saya pernah membaca di MK kasus yang sama dilakukan oleh Kredivo, tapi kasusnya transaksi di atas Rp500.000, jadi suggest-nya langsung ke 12 kali cicilan. Kalau kasus saya ini nilai transaksinya sangat kecil, bahkan cuma Rp50.000, jadi apa dasar Shopee men-suggest jadi cicilan 12x? Sekedar informasi, saya lampirkan proses pembayaran Alfagift di Shopee.

Saya tahu bahwa saya bisa memilih bayar bulan depan kalau mengeklik pilihannya. Masalahnya biasanya tidak seperti ini. Biasanya otomatis pilihannya bayar bulan depan. Ini terjadi di semua aplikasi yang bekerja sama dengan Shopee SPayLater. Namun kali ini berbeda. Jadi Shopee mengubah aturan tanpa pemberitahuan.

Mohon dilihat dengan teliti screenshot saya dengan nomor 1 dan 2. Teman-teman akan melihat opsi pembayarannya tersembunyi. Shopee tidak transparan terhadap konsumen, bahkan terkesan menjebak konsumen sehingga dikenakan bunga yang tinggi karena cicil 12x. Kecuali kejadian ini pertama kali, saya bisa terima, karena saya yang tidak teliti. Namun ini puluhan kali transaksi biasanya otomatis pembayaran bulan depan, tiba-tiba otomatis jadi cicilan 12x. Bagaimana bisa sistem berubah begitu?

Untuk itu mohon Shopee membatalkan kedua transaksi saya itu menjadi pembayaran bulan depan, bukan dicicil 12x. Mohon jangan memanfaatkan keadaan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat merugikan konsumen. Akun Shopee saya: @sriwe09, bisa dicek historinya. Terima kasih.

Sri Wahyuni
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • "Saya tahu bahwa saya bisa memilih bayar bulan depan kalau mengeklik pilihannya. Masalahnya biasanya tidak seperti ini. Biasanya otomatis"
    Dari ucapan penulis diatas penulis sudah tau kesalahan ada di penulis karena KURANG TELITI saat memilih cara pembayaran jadi saran saya tidak usah menyalahkan shopee

    Dikarenakan penulis sendiri kurang teliti dalam memakai aplikasi.

    • Mohon dibaca lebih teliti ya kk. Saya tau itu setelah saya cek ada tagihan cicilan 12x. Baru saya coba lagi pesan dan ternyata benar mule per hari itu harus dklik pilih skema cicilan. Saya udh puluhan kali pakai spaylater baru kali ini bgini. Mrk mengubah SKEMA OTOMATIS yg tadinya bayar bulan depan jadi 12x cicilan TANPA PEMBERITAUAN. Mukin kk nya tdk pernah pakai spylater dgn pihak aps ke-3 jd tdk tau seperti apa. Coba beri contoh paylater mana yg mensetting otomatis pembayaran menjadi cicilan 12x? Yg nilainya di bawah 500rbu? Kasus saya malah cuma 50.000?

    • Kk bisa baca2 komen2 di atas rata2 juga tidak tau kan. Seperti komen kk @novianti juga bilang mule skrg min 3-12 bulan cicilan paylaternya. Krn mmg ini baru penerapannnya dan tanpa pemberitauan

    • Sy jg mengalami hal yg sama pak, bkn tdk teliti. Krna setelah sy coba cek trx ulang, lalu sy klik pilihn pembayaran spaylaternya, tdk ada opsi cicil 12x , hanya ada bayar bln dpn.
      Melihat problem trx pd tgl yg sama dgn penulis,, sptiny di tgl tsb, sistem sopi sdg error, yg mana sgt merugikan penggunanya..

      • makasi ya kk komen kk membantu saya membuktikan ini kesalahan di sistem shopee nya :)

  • Benar banget mbak, sistem perhitungan shopee pay later emang agak aneh. Saya pernah ngalamin. Rencananya saya mau tutup sebelum puasa.

    • Saya juga pengen tutup mba. Tapi apa bisa tutup paylater tanpa tutup akun mba?

  • Hati-hati mbak dg Akunnya... Limit anda lumayan besar, nanti bisa diincar MALING. Kalau bisa sih mending tutup aja Spaylaternya... Kebutuhan anda cuma ratusan ribu, tapi Limit anda belasan juta. Jadi tolong berhati-hatilah...

    • Saya sebenrnya pengen tutup. Tp tutup paylater sama artinya dengan tutup akun. Sedangkan akun saya ini dibuat dr awal saya punya shopee. History pembelian ada semua. Sy butuh untuk sewaktu2 cari seller nya. Apa ada cara tutup spaylater tanpa tutup akun ya?

    • Sekali lagi saya jelaskan. Ini bukan pertama kali saya transaksi pakay splater. Spaylater saya DEFAULTnya ada lah bayar bulan depan. Puluhan bahkan mukin udh ratusan transaksi sy pake paylater tanpa klik2 dlu. Karena sekali lagi saya tegaskan DEFAULTnya adalah bayar bulan depan. Lalu tb2 tgl 27 feb DEFAULT nya berubah jadi 12xcicilan. Apakah ini masuk akal?

  • Karena belum pernah punya pay later, apa di pay later apa ada minimum nominal bila minimum terpenuhi baru muncul menu cicilan 6x,12x,24 muncul, seperti kartu kredit. Kalau gak ada buset dah belanja hnya 50 rebu jadi 12 bayar ?..GK bener ini

    • Klo blm punya jgn sekali2 aktifin kak. Saya aja nyesel. Mau tutup paylater tapi harus tutup akun juga. Haduhhh gak minta limit tp tiap bulan dinaikin terus lagi limitnya. Semoga kelak ada pilihan tutup paylater tanpa tutup akun?

  • Sabar yah Bu Maryani.. Ini kemungkinan strategy politik Shopee dibikin cicilan sampai pemilu 2024??

  • Selama saya pakai, dr duluuuu smp detik ini selalu ada semua pilihan, bulan depan, 3 bl, 6bl dan 12bln. Dan settingan itu tidak bisa di default, misalnya selalu bayar bulan depan dll. Jadi pastikan pilihan dengan teliti sebelum checkout. Jangan cuma ngeles bin ngeyel dengan argumen "biasanya" saya bulan depan.

    • Kata siapa tdk bisa default? Apakah kk nya pernah pakai alfagift dengan splater? Dan kalau otomatis kepilih 12x cicilan bukankah itu namanya di default sama shopee nya? Maaf ya kk klo tdk tau jgn langsung berasumsi. Sy jelaskan sekali lagi sy udh puluhan kali bayar alfagift dengan splater. Gada tuh saya harus klik2 pilih skema. Dr awal pakai splater pilihan saya bayar bulan depan. Dan seterusnya udh ke 'default' nya bgtu. Jd bukan sy ngeyel?

    • Shopee ini memang seenaknya melakukan keputusan sepihak, seenaknya akun dibatasi. Istri saya sudah berjualan lebih dari 1 tahun di shopee, skrg tiba2 dibatasi dgn alasan tidak jelas. Minta bukti ga pernah di kasih, padahal tidak pernah melakukan pelanggaran. Sudah ambil pensiun dini, demi cita2 berjualan di shopee, eh penghasilan nya tiba2 di putus oleh Shopee secara sepihak.

  • Klo dr bahasa kk kek nya yg dimkasud pembayaran di shopee yah. Ini juga sy paham kak. Kasus saya ini pembayaran di alfagift. Mohon kk lihat dlu gambar yg saya attach no 1&2. Baru bisa bilang bisa default apa tdk ya.

  • Saya juga pengguna lama SP later , tp tidak pernah saya gunakan sendiri melainkan teman² yg gunakan.
    Alhamdulillah...Selama ini saya enjoy saja mengunakan SP Later tsb tanpa ada masalah

  • Sama bgt, sy jg ada 2 trx yg tiba2 berubah jd cicilan 12x.
    Trx Alfagift tgl 25feb23 Rp86rb
    Trx mytelkomsel tgl 27feb23 Rp50rb
    Tiba2 berubah jd cicilan 12xRp9777 dan 12xRp5698.
    Logika aja, masa belanja 86rb dan 50rb dicicil 12x??
    Pdhl setelah sy coba trx yg sama, lalu sy klik pilihan pembayaran spaylater, tdk ada opsi cicil 12x. Hanya ada bayar bln depan.
    Sdh komplain ke cs, minta diubah jd byr bln dpn, tp tdk ada solusi, ttp harus byr 12x.
    Ngawur bgt spaylater nih.

    • Iyah kan kakkk.. akhirnya ada yg bisa membuktikan bahwa bukan saya yg ngeyel tdk teliti tapi mmg shopee nya tiba2 berubah :( semoga yang komen nyalahin saya bisa membaca komen kk ini. makasi ya kak. semoga ada solusi terbaik dari shopee

      • Sebenarnya yg di Rubah itu Default Metode Pembayarannya ya kak, Bukan merubah transaksinya.
        Karena uda terbiasa dg Default metode Bayar Bulan Depan, saat transaksi asal pencet aja. kalo yg saya lakukan tiap selesai transaksi pasti saya cek ulang pesanan, jika ada yg gak sesuai langsung saya cancel, itu cara aman saya belanja Online

        • Iya kak. klo skrg setiap transaski selalu saya cek setelah kasus ini. takut kejadian terulang lagi. Thanks ya kak