Shopee SPayLater Secara Sepihak Mengubah Transaksi Menjadi 12 Kali Cicilan!

Terima kasih Media Konsumen sudah menerbitkan artikel saya ini. Semoga artikel ini bisa memberi info ke pengguna Shopee yang lain, supaya hal yang sama tidak terjadi pada mereka.

Saya adalah pengguna lama Shopee SPayLater. Adanya SPayLater ini sangat membantu mempermudah pembayaran saya. Biasanya saya hanya pakai yang beli sekarang ,bayar bulan depan. Tidak untuk menjadikan cicilan. Karena memang niatnya untuk bayar pas gajian.

Namun kejadian yang sangat tidak mengenakan terjadi pada saat saya melakukan pembayaran di Alfagift. FYI, saya sudah sering pakai Alfagift dengan pembayaran Shopee SPayLater dan selama ini baik-baik saja. Sistemnya belanja sekarang, bayar bulan depan otomatis seperti itu.

Pada tanggal 27 Februari 2023, saya melakukan 2x transaksi di Alfagift pada pukul 20.08 dan 20.11, masing-masing senilai Rp54.900 dan Rp178.300. Semua berjalan normal, barang pun sudah dikirim ke saya. Karena ini bukan pertama kali saya transaksi di Alfagift menggunakan Shopee SPayLater, saya tidak cek tagihan saya lagi. Hari ini alangkah terkejutnya saya ketika cek histori, ternyata dua transaksi saya di atas diubah ke cicilan 12x.

Saya pernah membaca di MK kasus yang sama dilakukan oleh Kredivo, tapi kasusnya transaksi di atas Rp500.000, jadi suggest-nya langsung ke 12 kali cicilan. Kalau kasus saya ini nilai transaksinya sangat kecil, bahkan cuma Rp50.000, jadi apa dasar Shopee men-suggest jadi cicilan 12x? Sekedar informasi, saya lampirkan proses pembayaran Alfagift di Shopee.

Saya tahu bahwa saya bisa memilih bayar bulan depan kalau mengeklik pilihannya. Masalahnya biasanya tidak seperti ini. Biasanya otomatis pilihannya bayar bulan depan. Ini terjadi di semua aplikasi yang bekerja sama dengan Shopee SPayLater. Namun kali ini berbeda. Jadi Shopee mengubah aturan tanpa pemberitahuan.

Mohon dilihat dengan teliti screenshot saya dengan nomor 1 dan 2. Teman-teman akan melihat opsi pembayarannya tersembunyi. Shopee tidak transparan terhadap konsumen, bahkan terkesan menjebak konsumen sehingga dikenakan bunga yang tinggi karena cicil 12x. Kecuali kejadian ini pertama kali, saya bisa terima, karena saya yang tidak teliti. Namun ini puluhan kali transaksi biasanya otomatis pembayaran bulan depan, tiba-tiba otomatis jadi cicilan 12x. Bagaimana bisa sistem berubah begitu?

Untuk itu mohon Shopee membatalkan kedua transaksi saya itu menjadi pembayaran bulan depan, bukan dicicil 12x. Mohon jangan memanfaatkan keadaan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat merugikan konsumen. Akun Shopee saya: @sriwe09, bisa dicek historinya. Terima kasih.

Sri Wahyuni
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

63 komentar untuk “Shopee SPayLater Secara Sepihak Mengubah Transaksi Menjadi 12 Kali Cicilan!

  • 10 Maret 2023 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Lah kirain cuma saya doang yg ngalamin,eh mba nya jg ?…saya jg kmrn beli paketan lewat mytelkomsel cuma 60rb,biasa pake paylater bayar bulan dpn..pas ngecek lah kenapa jd cicilan 12× ??‍♂️..lah ya udh deh saya pasrah aja lah mba ?

  • 12 Maret 2023 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Teruslah berhutang wahai rakyat indonesia supaya Forrest Li bisa beli mansion mewah lagi di amrik ??

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Shopee SPayLater Secara Sepihak Mengubah Transaksi Menjadi 12 Kali Cic…

oleh Wahyuni dibaca dalam: 1 menit
63