Surat Pembaca

Akun Lazada Rawan Dibobol dan Orang Lain Melakukan Transaksi Atas Nama Akun Atome Kita

Berikut adalah kronologi terjadinya transaksi yang dilakukan oleh pihak lain di akun Lazada saya:

Pada tanggal 8 Desember 2022, saya cek di akun Lazada saya ada transaksi dompet digital di akun saya sebesar Rp234.000, dengan nama pemesan Irmawati, alamat di Tasikmalaya. Saat itu saya langsung telepon ke Lazada, dan Lazada menyarankan untuk ganti password. Namun karena alamat email yang terdaftar di Lazada sudah tidak bisa dibuka/tidak aktif, maka disarankan oleh Lazada untuk di-lock/dinonaktifkan akun Lazada saya, agar tidak terulang lagi adanya transaksi fiktif. Saya pun menyetujui untuk dilakukan penutupan akun (lock).

Screenshot Transaksi Hacker Gagal (1)
Transaksi Hacker Gagal (2)
Transaksi Hacker Berhasil (1)
Transaksi Hacker Berhasil (2)
Jawaban Email Lazada 2 Jan 2023
Email Atome 10 Feb 2023 rincian tagih transaksi hacker
Email ke Lazada 2 Jan 2023

Namun pada tanggal 25 Januari 2023, saya dihubungi oleh Atome, bahwa ada kewajiban cicilan hingga 2 Februari 2024 yang totalnya sebesar Rp2.313.639. Padahal saat kejadian transaksi fiktif pertama tanggal 8 Desember 2022, sudah jelas-jelas disarankan untuk menutup akun, dan saya menyetujui. Jadi seharusnya tidak mungkin bisa terjadi kembali transaksi apalagi transaksi yang dilakukan oleh pihak lain.

Saya sudah berulang kali menghubungi Lazada, tapi saya diminta untuk menghubungi Atome. Saya cukup heran, karena selama ini saya tidak pernah berhubungan dengan Atome atau daftar di Atome. Namun akhirnya tetap saya hubungi Atome.

Pihak Atome hanya menyampaikan rincian tagihan yang harus saya lakukan, tanpa memberi solusi apa pun. Menurut saya pihak Lazada harus bertanggung jawab atas terjadinya transaksi yang dilakukan oleh pihak lain tersebut, yang seharusnya tidak terjadi karena telah dilakukan penutupan akun sebelum terjadinya transaksi tersebut.

Mohon penjelasan serta penyelesaian Lazada atas kejadian tersebut. Terima kasih.

Irmawati
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Atome Paylater Indonesia atas Surat Irmawati

Kepada Ibu Irmawati, Menanggapi keluhan Ibu Irmawati di www.mediakonsumen.com pada tanggal 10 Maret 2023 berjudul “Akun Lazada Rawan Dibobol dan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Atome itu penyedia lazpaylater. Jadi kalo tagihan dan tunggakan lazpaylater itu berhubungan nya sama Atome bukan lazada nya. Untuk menutup akun atau menghapus akun harus di lakukan via aplikasi, ga bisa cuma bilang cs mau nutup trus langsung di tutup.

  • Lazada hanya perantara saja.Kalau lazpaylaterna di danai oleh atom walau pun kita tidak daftar di atom tanpa di sadari data data yg ada di lazada otomatis tersambung ke patner lazada yaitu atom apabila ada notifikasi penolakan artinya akun lazpaylater tidak memenuhi syarat beda lagi apa bila memenuhi syarat akun anda pasti mendapat lazpaylater

  • ATOME + Lazada memang akhir-akhir ini bermasalah kayanya .
    Aku Lazpaylater saya sudah 2x di Non-aktifkan sepihak .
    Padahal saya tidak pernah menunggak pembayaran, dan selalu membayar tepat waktu .
    Kali ini yang membuat saya sangat sangat kecewa dimana Lazpaylater saya tidak bisa digunakan dengan keterangan di non-aktifkan sampai 5 Januari 2024 . Yang berarti hampir 1 tahun !! Dan sama seperti laporan di atas pihak CS Lazada tidak memberikan solusi , begitupun pihak ATOME yang tidak membalas email keluhan saya dari tanggal 01 maret hingga sekarang.

    • Padahal bulan ini pun saya sudah melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.

  • Saya jg baru kena kemarin tanggal 17/maret/2023 ...bedanya saya sdah hub kedua pihak tersebut ( lazada & atome ) tiba2 masuk dan muncul kode verifikasi ubah email k gmail yg lama buat ganti akun di tanggal 19/maret/2023 ..hedeh lazada kalo sampe tagihan saya nambah tanpa persetujuan saya atau apapun alasan diluar tanggung jawab saya, saya tidak akan bayar tagihan tersebut..

  • Assalamu'alaikum selamat malam
    Cerita sedikit ini sama percis sama masalah yang sedang aku alami tbtb ada penagihan dari bulan Mei sampe sekarang jelas saya tidak punya akun lazada nya, malah skrg di teror tiap hari suruh bayar sekitar 2,345,550 dan di ancam akan di sebarkan foto saya malah sudah sebagian kontak saya di chat oleh mereka, dan aneh nya kenapa akun saya bisa di tutup permanen sama mereka ( pihak lazada ) kan padahal kita yang tau email, password, kode otp dan nomor pribadi aneh sekali, skrg saya pusing harus bayar tagihan yg jelas jelas bukan kesalahan saya