Surat Pembaca

Pembelian Handphone Promo yang Diadakan Tokopedia, Dibatalkan Penjual

Saya membeli sebuah handphone pada Hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 dengan no invoice INV/20230319/MPL/3119161857 dari sebuah seller di Tokopedia. Saya membeli datang tersebut dengan harga promo yang diselenggarakan oleh pihak Tokopedia dalam event mereka dengan bertajuk kejar diskon spesial.

Setelah berhasil mendapatkan dengan susah payah karena stok sedikit, cuma 2, saya langsung chat pihak seller untuk berterima kasih karena saya sudah mendapatkan barang tsb.

Tetapi beberapa jam kemudian seller membalas chat tsb bahwa ada kesalahan dari pihak tokopedia dan saya berinisiatif mengontak CS Tokopedia dan pihak Tokopedia mem-follow up. Tapi sampai malamnya belum ada kejelasan siapa yang salah.

Mudah-mudahan melalui surat ini barang tersebut dapat dikirim dan permasalahan tersebut diatasi karena bila tidak dikirim ada indikasi penipuan berkedok event yang diadakan.

Arie Siswara
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sya syukur nya selama ini masih dapet rejeki buat dapet barang flash sale berupa elektronik.alat2 dapur dll.dikirim dan barnag new baru brand sampe Sekrang awet dipake.yang pasti ikutan yang bener2 event yang diadakan e-commerce.bukan beli barang yang dipromoin oleh seller tanpa ikutan event.kalo event biasa hanya seller official dan seller bintang atas/pro yang bisa ikutan.event itu itung2 dia beriklan produk dan toko nya

  • Salfok sama TS yg selalu dapat FS Commerce, pakai jaringan internet apa kak ? Mau ikut coba juga. Kali aja saya berhasil dapet harga promo yg rebutan itu.

    Kalau menurut saya, ini fix admin toko tsb yg kurang teliti baca s&k dan asal input harga, niat nya kasih diskon 160rb, malah jadi jual 160rb

    Jarang toped melakukan kesalahan FS tanpa persetujuan harga dan stok dari seller. Karena kalau misalnya ada subsidi dari toped, pembayaran ke seller nya pun tempo. Saya dulu pernah jadi admin seller yg di subsidi FS nya oleh pihak toped.

    • Gak selalu dapet kak.jaringan sya WiFi rumahan yang paket nya juga yg termurah.kalo dipikir y itulah rejeki Allah kasih krna stok fs selalu terbatas kalo barnag gede 1 or 2 stok nya ditambah hp dan jaringan sya bukan terbaik kalo bisa dibilang biasa aj cenderung buruk.
      Sya menulis disini karena Karena baik seller dan pihak e-commerce punya argumen dan bukti.jd sya masih menunggu hasil akhirnya

  • Ikut nimbrung kak saya seller sekaligus buyer juga di toko ijo kak, disini saya tidak terafiliasi dengan toko yang kaka sebutkan di atas
    Kalo di ijinkan berkomentar saya hanya mengingatkan kak.
    Prinsip jual beli sendiri salah satunya ada kerelaan antara kedua belah pihak.
    Bila ada salah satu merasa keberatan maka di berikan kesempatan untuk melanjutkan atau membatalkan. Yang dikenal dengan "khiyar".

    Disini konteksnya di luar gimick dan penipuan yah kak.

    Itu aja sih yang mau saya sampaikan takutnya memang ada kesalahan dari sellernya ntah teledor atau apa.

  • Terimaksih sudah mengingatkan.konteks sebenrnya sya bisa nulis disini sebenrnya sharing.ketika seller sudah bisa ikut yang event flash sale yang diadakan suatu e-commerce tentu sudah tau term yang ditetapkan.terlepas niatan atau ketedoran seller.sya krna posisi cuma buyer.tentu gak tau step2 nya sampe ke hasil final produk ditampilkan ke halaman buyer.
    Di kasus sya ada 4 sesi yg diadakan seller tsb jam 6 10 14 18.jd seharusnya bila ad kesalahan ad penangana seharusnya disesi selanjutny biar konsumen yang dapet tidak merasa tertipu.dan kasus ini lagi di investigasi oleh pihak e-commerce.jadi menurut pandngan kak kepin gimana

  • Sellernya hanya ingin ngejar traffic atw Salah pasang harga awal, Ikhlaskan saja kak terlalu jauh nilainya. Mudah2an mekanisme event seperti ini lebih diperbaiki supaya tdk merugikan pihak penjual dan pembeli.

    • Ini kasusnya unik mas.makanya sya share kesini moga2 bisa jadi bahan pembaca dan pihak e-commerce merespon lebih cepat.kanapa sy bilang unik krena baik seller dan pihak e-commerce ad argumen.ketika ad lanjutan bantahan pihak seller dan ad lanjutan investigasi/koordinasi pihak terkait e-commerce makanya sya follow up disini.dan lagi sya juga pernah dibatalkan dislah atau e-commerce dan gak pernah follow up ke media krena seller mengakui kesalahan dan saya liat juga stok yg di fs gak wajar jadi sya gak maslahin.sya selalu liat stok akhir yang berhasil dijual event fs.kalo dia banyak kejual kemungkinan besar slah hrag dan itu sya gak komplen.namnya juga manusia pas ad slah l.tp kalo stok hasil akhir 1 or 2 pasti sya pertanyakan spa yang slah seller or sistem e-commerce.dan ini baru terjadi disaya sekrang