Saldo Transaksi QRIS Sengaja Ditahan oleh SooltanPay Tanpa Alasan yang Jelas

Sebelum ke inti permasalahan saya akan bercerita sedikit mengenai usaha saya. Toko saya menerima pembayaran digital dan tunai. Selain pelanggan yang melakukan transaksi QR/Pembayaran digital lainnya, dalam hal ini khusus pembayaran tunai, setiap transaksi tunai baik itu pembayaran layanan jasa dan pembelian produk digital serta barang, saya selalu mengalihkan uang tunai tersebut (pendapatan) dengan cara scan QR dari rekening saya ke toko saya sendiri. Dengan tujuan agar transaksi tersebut baik itu harian, mingguan serta bulanan dapat terekam dan dapat di monitor pada aplikasi SooltanPay (dalam hal ini QRIS SooltanPay sebagai media pembayaran usaha saya).

Saya melakukan pembayaran QR melalui aplikasi Gojek dengan metode pembayaran GoPay, dengan nomor transaksi: 60152204. Saat melakukan pembayaran, saldo pendapatan dari transaksi QRIS diproses seperti biasanya oleh SooltanPay dengan estimasi 1 hari kerja dan maksimal 3 hari kerja. Akan tetapi setalah saya menunggu 3 hari kerja tepatnya tanggal 08 April 2023 saldo pendapatan masih saja diproses, artinya belum bisa ditarik ke rekening.

Akhirnya saya cek keesokan malamnya, tapi saldo masih saja diproses. Saya chat CS lagi dan dengan jawaban yang sama dengan sebelumnya CS meminta menunggu hingga hari Senin malam tanggal 10 April 2023, tepatnya tanggal surat ini saya tulis. Setelah saya hubungi CS dan lagi-lagi saya disuruh untuk menunggu hingga hari Rabu malam nanti.

Saya sangat curiga kalau ini hanya permainan pihak SooltanPay untuk mengulur-ngulur waktu saja dan mengambil hak kami sebagai konsumen (UMKM pengguna aplikasi SooltanPay). Karena bukan cuma saya, akan tetapi teman-teman pengguna yang lain juga ada beberapa yang mengalami hal yang serupa dengan saya.

Saya sangat menyayangkan, karena uang yang seharusnya saya gunakan untuk hari raya belum diketahui nasibnya. Sudah seminggu ini saya tidak ada penghasilan, karena modal terbesar saya ditahan oleh pihak SooltanPay entah bagaimana nasibnya nanti.

Ahmad Murtadla
Kab. Sumenep, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Saldo Transaksi QRIS Sengaja Ditahan oleh SooltanPay Tanpa Alasan yang Jelas

  • 13 April 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    sukurin, mudah mudahan duitnya ilang atau gak balik. kita awam lihat saja sudah tau kalau anda berbuat curang dengan main cashback gopay qris untuk keuntungan sendiri ! sok merasa jadi korban pula atas kecurangan yang dilakukan sendiri. aneh

    2
    5
    • 13 April 2023 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Gak usah sok sok an bilang aneh, sekalipun saya scan qris dengan harapan dapat cashback dari gojek wong yg diuntungkan disini pihak Sooltanpay bro.
      Yang ngasih cashback itu Gojek BUKAN Sooltanpay, saya rasa Sooltanpay Malah sangat diuntungkan dengan banyaknya transaksi.
      Yang aneh tuh malah yg anda jelaskan, ANEH banget kalau Sooltanpay menahan saldo saya cuma karena saya berharap cashback dari Gojek, harusnya ya pihak gojek dong yg menindak hal tersebut.
      Buktinya akun gojek saya aman” saja sampai sekarang dan sudah saya hubungi CS juga dari kemaren akun saya aman tidak ada transaksi yg tidak wajar.
      Wkwkw yg aneh tuh situ aneh banget jangan sok sok an bilang kita aneh.
      Sudah banyak yg mengalami hal serupa kayak saya BUKAN CUMA SCAN DARI APK GOJEK, TAPI JUGA APKIKASI LAINNYA DAN NOMINALNYA MULAI DARI YG KECIL SAMAPAI YG BESAR ADA.
      JADI COBA BIJAK SEBELUM BERKOMENTAR

      1
      3
      • 13 April 2023 - (15:20 WIB)
        Permalink

        anda pernah baca keluhan dr orang lain gak disini ? main scan gopay jg 40jt qr bank permata sama nasibnya dana dia jg ditahan gak dicairkan.. karena dibaca sistem sebagai fraud, transaksi tidak wajar.. anda itu pemain ulung sampai sampai sudah menyiapkan alibi dan pinter ngeles walau sudah curang dan kotor

        2
        1
        • 13 April 2023 - (15:37 WIB)
          Permalink

          Saya tau pasti anda bagian dari karyawan Sooltanpay, selalu ada alasan untuk mengelak dari kita konsumen hhh

          2
          1
  • 13 April 2023 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Kalau qris merchant toko saya percayakan sama Mitra Bukalapak soalnya real time tanpa nunggu hari selanjutnya. Scan saat itu juga dan langsung masuk detik itu juga. Qris shope patner cair ke esokan harinya jam 7 pagi(tnpa mdr), qris gopay cair ke esokan harinya dengan mdr 0.7% , jarang saya pakai.. ya semoga saja lekas cair biar modal bisa berputar juragan

    • 14 April 2023 - (11:40 WIB)
      Permalink

      Amiin gan, saya juga biasanya pakai dana bisnis gan.
      alasan utama pakai Sooltanpay awalnya karena biaya mdr yg 0%, tidak ada limit transaksi, dan saldo pendapatan yg biasanya bisa ditarik real-time atau maksimal 3 hari kerja.
      Tapi entah kenapa akhir” ini banyak kejadian yg seperti saya dari nominal yg cuma ribuan sampai jutaan.

  • 14 April 2023 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 15 April 2023 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Mungkin indikasi fraud. Setau saya memang banyak kasus kejar CB gopay qrisnya di bekukan bahkan kalo ngga salah ada yang sudah 1 bulan.

    Memang Cashback reward dari gojek tapi bukan berati di gunakan buat transaksi palsu atau sengaja di gunakan tanpa ada transaksi.

    • 15 April 2023 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf bak sebelumnya, sekalipun kami pemain cashback yg mbak maksud, itu sangat berbeda konteksnya dengan yang mbak bagikan beritanya diatas dan saya sangat tau betul itu berita lama itu fake order Tokopedia dengan tujuan memanfaatkan cashbacknya saja.

      Dalam kejadian yg serupa dengan saya, ada teman saya dia memang pemain cashback dengan scan qris Sooltanpay dengan pembayaran melalui gopay. Yang sangat aneh disini akun gojek teman saya sampai saat ini aman” saja dan sudah konfirmasi ke cs gojek tidak ada transaksi yg diindikasi sebagai transaksi yg embak maksud mungkin, malah kenapa yg Sooltanpay harusnya diuntungkan dengan transaksi tersebut harus menahan saldo kita? Sedangkan cashback yg teman saya dapatkan itu dari pihak gojek bukan Sooltanpay, malah kami sebagai pengguna Sooltanpay harus membayar biaya tarik saldo dan biaya mdr sebesar 0,7%

  • 19 Mei 2023 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan Hubungi pihak TELKOM gan. Karena SooltanPay Produk TELKOM InsyaAllah dibantu. Memang beberapa kasus kesulitan pencairan dana di SooltanPay walaupun transaksi normal belanja. Semoga bisa membantu.

 Apa Komentar Anda mengenai SooltanPay?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Saldo Transaksi QRIS Sengaja Ditahan oleh SooltanPay Tanpa Alasan yang…

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
12