Surat Pembaca

Dipermainkan Kurir J&T, Paket Non-COD Dibuat Gagal Kirim dan Diretur DFOD, Seller Harus Bayar Ongkir

Terima kasih jika artikel ini dapat ditayangkan. Pengiriman obat gatal ke konsumen gagal oleh Kurir J&T Tipar Cakung (nomor resi: JP3758362499), yang seharusnya diantarkan ke penerima malah dibuat gagal kirim. Yang jadi masalah adalah paket tersebut Non-COD, kok bisa-bisanya dibatalkan?

Setelah saya menanyakan kapan dikembalikan, ternyata tidak kembali sejak tanggal 31 Maret. Setelah lama, ternyata paket dikembalikan, tetapi harus bayar ongkir. Maksudnya bagaimana? Sudah ditipu oleh kurir J&T, malah tambah dirugikan lagi.

Ternyata malah dibuatkan resi baru DFOD, yang mana seller harus membayar ongkir dari paket retur tersebut.

JD0235390117

Seller dipaksa membayar ongkir dari paket retur. Apakah J&T memang seperti ini sistemnya? Selalu merugikan seller. Semoga ke depannya tidak ada seller yang dirugikan oleh J&T Tipar Cakung, masa retur harus bayar ongkir?

Terima kasih atas memusingkannya kasus ini.

Muhamad Lalan
Bogor Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wah saya kapok pake jasa pengiriman J&T, itu emang sengaja dibuat pusing manajement atau sama kurirnya. Waktu itu saya belanja barang, dan waktu barang dikirim ke saya waktunya 4-5 harian sampenya, nyatanya hampir 1 bulan baru kudapatkan barang. Itupun saya masih mesti ke counter J&T ngajak perang sama petugasnya. Ceritanya saya check di tracking di statusnya barang sudah diterima penerima, sedangkan saya dan keluarga saya serta tetangga juga tidak ada yg menerima. Jalan 3 hari gak ada kurir datang, saya samperin ke counter yang jarak cuma 500meter dari rumah.minta di check no resi saya, petugasnya bilang sudah dibawa kurirnya, tak suruh telp dimana barang saya? Kurir tidak angkat telp,sampe saya minta no kurir lain yang sering anter² ke tetangga, 2 harinya lagi saya balik ke counter. Saya minta chek lagi, di print in sama yg jaga, minta diambilin ke temannya. Baru diterima barang setelah di datangin dan perang mulut sama petugasnya. ????? J
    Not recommended

  • Jasa pengiriman paling buruk sekali.
    Mining kurir mau untung besar dan tanggung jawab kurang !!

  • @pencari, ah alasan. SOP dari ekspedisi itu minimal pengantaran sampai 2x, kalo ga gagal lg, pihak ekspedisi pasti akan menghubungi penerima tuk cari solusinya. Kecuali kalo sdh ada pernyataan dari penerima kalau dia menolak paket tsbt (kebanyakan paket cod).

    • setuju, biasanya 2-3 pengataran (kalo COD), Tapi kenapa Non-COD bisa di gagalkan?, dan kenapa membuat status paket telah di terima yg bersangkutan berarti disini kurir berbohong di bulan Ramadhan.
      ketika di chat jawaban nya "Lah Itu Ada Nama Kurirnya". "Lah Itu Sudah Di Terima", "Lah Mana Saya Tau" Padahal Kurir J&T Cabang Tipar Cakung Andri Kurniawan Jelas dia yang batalkan, Tambah Sopian Halim Mustaqim Membuat Status Paket Telah Diterima Yang Bersangkutan.
      ketika Email J&T malah jawaban CS nya ngawur.
      dan tidak ada perkataan maaf sama sekali oleh ke dua kurir J&T Tipar Cakung.
      malah bilang bisa sabar ga? dari tgl 26 maret-5 April saja sudah sabar 11 april pun sudah sabar. Bogor-Jakarta Timur ga lama begini. malah buat resi baru.
      Saya Banyak Teman Yg Kerja Jadi Kurir, Dan Banyak Kurir yg Akrab dengan saya
      @pencari, saya tau keluh kesah kurir baik kurir pickup maupun delivery.
      dan ketika saya bercerita tentang kurir J&T Tipar Cakung merekapun heran , teman saya juga ada yg jd kurir J&T pun heran ko bisa begitu.

  • Ketika Kurir J&T Ekspress Tipar Cakung salah, seharusnya meminta maaf , dan menggati kerugian (bukan nambah merugikan lagi dengan membayar ongkir paket).
    Contoh Kurir Sicepat Express ketika ada masalah kurir tersebut menggati langsung dengan uang pribadi. begitu juga Ninja Express ketika ada masalah kurir bersedia membantu hingga selesai dan mengganti langsung dengan uang pribadi. padahal mereka tidak bersalah melainkan rekan nya yg bermasalah.

  • Pesan Untuk J&T Express jika ada keluhan baca dengan teliti. sudah di kirim bukti malah di balas dengan jawaban sama. silahkan hubungi pihak penerima, karena status paket telah di terima oleh yang bersangkutan.

    dan tidak memaksa penerima untuk membayar paket ke seller, karena si penerima pun tidak menerima paketnya. padahal sudah di jelaskan A-Z tetap saja status telah di terima oleh yang bersangkutan.

    Pesan Untuk J&T Express CP Tipar Cakung khusus untuk kurir Andri Kurniawan & Sopian Halim Mustaqim. paket sekiranya sudah di gudang mohon di antarkan saya liat keluan orang lain paket selalu di tunda-tunda hingga ber hari-hari.

    jika anda lelah. malas dengan pekerjaan anda. banyak kok orang di luar sana yang ingin bekerja seperti anda.

    ini hanya masukan saja.

  • Saya Menutup Kasus Ini
    Karena Yah Paket Tidak Seberapa hanya di bawah 50k
    Tapi Seandainya Paket Mahal, Atau Terjadi Hal Serupa Di Seller Lain.
    Kasian, dan banyak pihak yang di repotkan.

    Terma Kasih.