Klaim AXA Financial Indonesia Ditolak dengan Alasan Masih Dalam Masa Tunggu

Financial Indonesia, kenapa? Kronologinya sebagai berikut:

Saya membeli polis melalui telemarketing AXA Medicash Pro Seven, dan polis terbit pada tanggal 15 Maret 2023, dengan Nomor Polis 370-101-0461506 dan tertanggung a.n. istri saya, Evelyn Yuanita.

Pada tanggal 14 April 2023, istri saya dirawat inap dengan diagnosa Demam Berdarah di RS Mayapada Surabaya, dari tanggal 14-19 April 2023. Nah, di sini permasalahannya, karena AXA ini adalah asuransi ke-3 yang hendak saya klaim reimbursement (asuransi untuk cashless-nya saya pakai Prudential, dan reimbursement ke-2 saya pakai Chubb). Yang mana kebijakan dari RS Mayapada untuk 2 asuransi selanjutnya ada biaya administrasinya, yakni pengisian dokter sebesar Rp500.000/asuransi dan legalisir sebesar Rp150.000/asuransi. Sehingga total untuk masing-masing asuransi Chubb dan AXA itu adalah Rp650.000.

Nah dikarenakan ada biayanya ini, sebelum saya melakukan klaim ke AXA, saya memastikan apakah klaim istri saya ini sudah bisa untuk diklaimkan, dikarenakan polis terbit pada tanggal 15 Maret 2023. Karena kalau asumsi saya kan polis aktif per tanggal 15 Maret 23, maka itu sudah bisa dihitung hari ke-1, sehingga ketika tanggal 14 April 23 itu masuk hari ke-31.

Dikarenakan saya tidak mau berandai-andai, maka saya inisiatif menanyakan ke pihak AXA melalui email terlebih dahulu pada tanggal 14, 15, 17 April 2023. Namun jawaban via email selalu cuma menjelaskan bahwa polis ada masa tunggu 30 hari. Kalau cuma itu penjelasannya, ya saya paham hal tersebut.

Makanya, supaya saya tidak berandai-andai, saya menanyakan apakah tanggal 14 April 2023 bagi pihak AXA itu hari ke-30 atau 31 hari. Karena kalau 30 hari dan masih masuk masa tunggu, saya tidak apa-apa, karena memang masih masa tunggu. Kenapa hal tersebut saya tanyakan? Dikarenakan untuk pengisian formulir dan berkas legalisir itu ada biaya Rp650.000. Nah, kalau sejak awal memang tidak bisa klaim, kan saya tidak perlu mengeluarkan biaya Rp650.000 ini.

Oleh karena via email tidak ada kejelasan, saya inisiatif menelepon ke call center AXA Financial Indonesia pada tanggal 18 April 2023 pukul 10.51 & berakhir pukul 11.13. Pihak CS waktu itu, saya lupa namanya (cewek yang menerima), mengatakan akan menghubungi saya, karena dia ingin memastikan terlebih dahulu ke bagian klaim terkait tanggal 14 April 2023 apakah masih masuk dalam rentang 30 hari atau sudah hari ke-31.

Lalu, pada hari yang sama sekitar pukul 16.20, beliau (CS cewek yang siang tadi saya telepon) menginformasikan kepada saya bahwa per tanggal 14 April 2023, polis sudah berjalan di hari ke-31, maka klaim bisa diajukan.

Berdasarkan informasi tersebut, akhirnya saya mengurus klaim dan berkas-berkasnya ke pihak admin asuransi RS Mayapada dan mengeluarkan biaya total Rp1.300.000 untuk pengisian berkas asuransi Chubb dan AXA, di mana masing-masing sudah saya jelaskan di atas berbiaya Rp650.000/asuransinya.

Setelah saya kirim berkasnya via email pada tanggal 5 Mei 2023 dan mem-follow up-nya hari ini tanggal 5 Juni 2023, betapa terkejutnya saya bahwa klaim ditolak dengan alasan “klaim masih dalam masa tunggu 30 hari”. Padahal jelas-jelas di awal saya sudah aktif bertanya baik via email dan telepon CS sebelum klaim saya ajukan. Sekarang, setelah menunggu 1 bulan lebih dan keluar biaya Rp650.000, dengan entengnya pihak CS mengatakan klaim ditolak karena alasan masih dalam masa tunggu.

Terus pertanggungjawaban pihak AXA-nya bagaimana? Terkait informasi yang tidak benar ini ke saya selaku konsumennya?? Dijawab cuma dengan “minta maaf”, enak sekali hanya cuma minta maaf. Siapa yang mau menanggung biaya saya sebesar Rp650.000 untuk klaim yang sia-sia ini?? Belum lagi waktu untuk telepon dan follow up, menghabiskan waktu berharga saya dan biaya pulsa untuk follow up klaim dan untuk mengambil berkas klaim di Surabaya. Siapa yang mau menggantinya???

Hanya diganti dengan “permohonan maaf”, apa asuransi sebesar AXA ini hanya demikian tanggung jawabnya??

Belum lagi info dari CS mengatakan, bahwa sudah menghubungi saya? Ok, ada beberapa kali telepon tidak diangkat, tapi hanya melalui telepon saja tindakan AXA-nya?? Kenapa tidak melalui email atau WA, apabila informasi yang diberikan salah?? Padahal sejak saya dikonfirmasi tanggal 18 April 23 ada waktu 24 jam untuk menginfokan bahwa informasi 14 April masuk hari ke-31 adalah salah sehingga saya tidak perlu repot-repot keluar biaya dan waktu untuk klaim ini.

Asal tahu saja, saya ini orang yang pro asuransi, makanya saya paham terkait masa tunggu dan klaim-klaim asuransi ini. Selain AXA Financial Indonesia, saya juga memiliki asuransi Prudential, Chubb, Manulife, BRILIFE, bahkan AXA LIFE sebelum berganti menjadi AXA Financial Indonesia, saya juga sudah memilikinya sejak 2016.

Dikarenakan tidak bertanggung jawabnya AXA Financial Indonesia ini terkait keteledorannya dan misinformasi yang diberikan kepada saya sehingga merugikan saya, terpaksa 4 polis lainnya yang tertanggungnya saya, istri, dan 2 anak per hari ini saya tutup semua (No. Polis 370-101-0461506, 370-101-0461497, 370-101-0461526, 370-101-0461516) dengan nomor laporan 08158046.

Perihal kerugian premi yang sudah 3 bulan terdebit saya tidak masalah, karena saya lebih memilih bekerja sama dengan asuransi yang bertanggung jawab. Dikarenakan ikut asuransi ini tidak hanya 1-3 bulan saja, tapi jangka panjang sampai tahunan. Dalam hal produk MEDICASH PRO SEVEN ,dengan jangka waktu perlindungan 7 tahun oleh AXA. Namun jika memang dari pihak AXA yang salah dan hanya “maaf”, saya tidak berani melanjutkan mengikuti asuransi di AXA.

Sekian surat dari saya. Kiranya internal AXA bisa dibenahi, carilah SDM yang benar-benar paham, dan jika terjadi kesalahan informasi hendaklah seproaktif untuk merevisi informasi kepada nasabah. Jangan hanya mengabaikan panggilan telepon yang tidak diangkat, lalu lepas tangan. Padahal nasabah saja aktif mencari informasi sevalid mungkin sebelum klaim dilakukan, baik itu melalui email atau panggilan ke CS.

Fendy Gunawan
Kab. Jombang, Prov. Jawa Timur 61474


Update (7 Juni 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak AXA Financial Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Klaim AXA Financial Indonesia Ditolak dengan Alasan Masih Dalam Masa Tunggu

  • 6 Juni 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Telp CS memang kadang suka ngaco infonya…BPK punya rekaman pembicaraannya dg CS gak yg mengatakan sdh masuk hari ke 31, buat bukti aja klo sdh diinfo CSnya…
    Tapi Bpk sudah ambil keputusan bijak,dg menutup bbrp polisnya.

    • 7 Juni 2023 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Rekaman sih tidak ada, tapi di pihak AXA ada record nya..

      Masalahny CS tersebut kan sudah koordinasi & memastikan ke bagian klaim, makany dia tidak langsung menjawab.. Dan soreny baru CS tsb menelepon untuk menginformasikan bahwa 14Apr23 itu sudah masum hari ke31..

      Tapi ujung2nya mereka berkelit, dan disinilah sy melihat KETIDAKPROFESIONALAN, TIDAK BERTANGGUNG JAWABNYA asuransi sebesar AXA yg sudah merugikan customer, eh cm dibalas dg kata MAAF!!!

        • 7 Juni 2023 - (11:35 WIB)
          Permalink

          Sy orang pro asuransi.. Makany sy punya banyak polis dari Prudential, Manulife, Chubb(perpindahan dr SIGNA) dan AXA LIFE yg skr jd AXA FINANCIAL..

          dan sy udah merasakan manfaatny, krn sjak mama saya sakit cancer serviks yg habis total 480jt jg dicover asuransi, operasi kelenjar turbin d hidung sy habis 68jt jg dicover, pasang ring papa 180jt jg dicover..

          Makany sy tau & paham tentang asuransi ini..

          Cuma ketidak professional an & tidak bertanggung jawabny axa disinilah yg menjadi concern saya, ini baru cm klaim yg nda seberapa itu aja disepelekan & kl salah info mreka tetep tidak bertanggung jawab hny say sorry itu yg menjadi concern saya.. Apalagi ikut asuransi tidak 1-2th tp 7tahun dan kl 7th trlanjur bayar tp nanti berakhir klaim ditolak dg alasan PALING TIDAK MASUK AKAL seperti ini y ngapain..

          Info dari mereka, mereka yg salah, eh mereka jg yg memutuskan klaim ditolak, kan g masuk akal kan..

          Jd y udah goodbye dah sama nih insurance

          • 7 Juni 2023 - (13:00 WIB)
            Permalink

            Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas feedback yang baik ttg asuransi. Better untuk claim yg dipersulit oleh asuransi dijadikan cashless terlebih dahulu pak, jika ada selisih bisa COB (Coordinator of benerfit) ke asuransi lain seperti Prudential. Kebetulan saya direct sales dari pru. Jika butuh bantuan atau ingin buat polis baru dapat hubungi saya ya pak. Semoga masalah claimnya cepat teratasi ya pak.

          • 7 Juni 2023 - (13:03 WIB)
            Permalink

            Utk penulis, harus dikejar Pak, itu kalo menurut kalender tgl 14 April sudah masuk hari ke 31.

            Sy sekeluarga sadar asuransi kesehatan tp utk asuransi merk diatas kami hindari krn byk dengar kasus masalah di klaim

        • 7 Juni 2023 - (13:01 WIB)
          Permalink

          Beda konsep Pak, asuransi utk proteksi jadi kalo sakit uang yg kita kumpulkan selama hidup kita tidak habis utk biaya rumah sakit.

          Kalo nabung itu uang yg disisihkan utk masa depan kita, tp ya kalo ga ada asuransi kesehatan atau minimal Bpjs uang tabungan itu sekali sakit berat bisa habis malah sampe berhutang2 dan jual aset.

          Orang pasti akan sakit tapi berharap sakit yg biasa2 aja sampai akhir hayat dan tidak ada biaya besar. Makanya asuransi kesehatan/Bpjs sangat penting kita punya. Kalo ada uang beli asuransi swasta kalo mepet ya Bpjs.

          Asuransi kesehatan besar manfaatnya, pengalaman dr keluarga besar udah miliaran biaya rumah sakit baik di dalam & luar negari yg dicover asuransi.

          Terakhir ortu pas ke malaysia tiba2 sakit dan masuk ruang intensif di RS disana, habis 450jt kalo di kurs utk sktr 20hari, thank God ada asuransi kalo tidak posisi di luar kan repot sedia uang sebesar itu dgn cepat. Jadi wajib punya asuransi kesehatan minimal Bpjs

      • 7 Juni 2023 - (21:39 WIB)
        Permalink

        Slamat pagi Pak Fendy 🙏😇 turut prihatin atas kejadian yg menimpa bapak dan kepercayaan akan pentingnya ber-asuransi. Sebagai sharing dan masukan: kedepannya pada saat mengambil proteksi boleh lgsg dengan tenaga pemasarnya company tersebut. Tidak disarankan melalui telemarketing maupun bancass sebagai pihak perantara. Karena memerlukan diskusi dan konsultasi antara ke 2 pihak, agar nasabah dapat memahami seutuhnya dan mengambil produk yg sesuai dengan kebutuhan nasabah. Seizin Tuhan menjadi pengalaman dan iktikad baik dari perusahaan untuk menyelesaikan case ini dengan sebagaimana mestinya🙏🙏

  • 7 Juni 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi semua

    Tolong dong Fast Respon nya dari pihak AXA di MK,kita tunggu aja nnti penjelasanya seperti gmn

    • 7 Juni 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Pembelajaran buat Axa, jangan sampai karena jumlah klaim yang sebenarnya tidak seberapa tapi harus kehilangan nasabah loyal.
      Orang yang sudah paham asuransi pasti tahu detailnya.

      • 7 Juni 2023 - (11:27 WIB)
        Permalink

        Lah makany, iya kalau sy tidak konfirmasi.. Ini sudah konfirmasi & pihak CS AXA sendiri jg menelepon & memastikan bahwa 14Apr23 udah masuk hari ke31, makany sy bayar itu biaya utk berkas klaim yg ternyata sia-sia..
        Padahal sejak awal sy juga sudah bilang gapapa kl emang blum bisa klaim kl emang masih masa tunggu, eh udh kasih info salah, tanggung jawabny cuma say sorry g ada itikad baik, minimal digantilah kerugian sy akibat salah ny yg harus kluar biaya 650k utk pengisian & legalisir berkas klaim..

    • 7 Juni 2023 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Puji Tuhan,

      Setelah sy posting keluhan sy ini, hari ini claim sy akhirny approval..
      Krn setelah di investigasi ulang, benar bahwa tgl 14Apr23 udh masuk hari ke-31, jadiny claim bisa di approve

  • 7 Juni 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Sdh banyak kasus ttg klaim asuransi yg di persulit berseliweran di MK, anda msh ttp gabung?
    Skrg anda mengalaminya dan ngadu jg dsni.

    • 7 Juni 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Axa, mana nih tanggapannya? Koq tidak profesional sekali ya.. nasabah sdh mananyakan informasinya utk memastikan koq dimentahkan begitu saja hrsnya axa punya rekordnya saat nasabah telp utk tanyakan hal tsb dan dijawab sdh msk hari ke 31.. dan apapun alasannya hrsnya axa byr claimnya krn sdh berucap sebelumnya klw sdh msk hari ke 31.. klw soal asuransi itu yg utama kepercayaan ya jd ucapan dan komitmennya hrs bisa dipercaya.. begitu rusak kepercayaan nasabah akan sulit utk memulihkannya.

      • 7 Juni 2023 - (11:27 WIB)
        Permalink

        Lah makany, iya kalau sy tidak konfirmasi.. Ini sudah konfirmasi & pihak CS AXA sendiri jg menelepon & memastikan bahwa 14Apr23 udah masuk hari ke31, makany sy bayar itu biaya utk berkas klaim yg ternyata sia-sia..
        Padahal sejak awal sy juga sudah bilang gapapa kl emang blum bisa klaim kl emang masih masa tunggu, eh udh kasih info salah, tanggung jawabny cuma say sorry g ada itikad baik, minimal digantilah kerugian sy akibat salah ny yg harus kluar biaya 650k utk pengisian & legalisir berkas klaim..

    • 7 Juni 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Kl yg di MK itu lebih kpada nasabah2 yg complain trhadap nilai tunai nya, yg mreka kena agen abal2 yg selalu meninfokan bahwa ikut asuransi=investasi, pdhl asuransi itu berbeda jauhhh banget dg investasi..

  • 7 Juni 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    itu cuma alasan asuransinya aja. padahal nasabah sudah berhati2 & memperhitungkan segala kemungkinan, tp masih ditolak krn pihak asuransi plintat plintut dalam memberikan jawaban. hari ini berkata A, besok B, lusa C, dan seterusnya. Omongan berubah2 seperti ini, aplg bidang jasa, orang ga akan percaya lagi utk memakainya. inget inget. kita tandai namanya: Asuransi AXA. Blacklisted!

    • 7 Juni 2023 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Lah makany, iya kalau sy tidak konfirmasi.. Ini sudah konfirmasi & pihak CS AXA sendiri jg menelepon & memastikan bahwa 14Apr23 udah masuk hari ke31, makany sy bayar itu biaya utk berkas klaim yg ternyata sia-sia..
      Padahal sejak awal sy juga sudah bilang gapapa kl emang blum bisa klaim kl emang masih masa tunggu, eh udh kasih info salah, tanggung jawabny cuma say sorry g ada itikad baik, minimal digantilah kerugian sy akibat salah ny yg harus kluar biaya 650k utk pengisian & legalisir berkas klaim..

      Yup, dan langsung udh sy tutup itu 4polis.. Pdahl sebelum jd AXA FINANCIAL INDONESIA, sy adalah nasabah AXA LIFE sejak 2016, g tau kog skr axa jd sperti ini.. Tidak bertanggung jawab sama sekali

  • 7 Juni 2023 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin Pak atas masalah ini.
    Memang permasalahan kalau dari telemarketing adalah tidak ada agen yang bisa kita konsultasikan langsung ya Pak.

    Padahal Bapak sudah sangat paham esensi dari asuransi, sayang harus menutup 4 polis yang sudah berjalan cukup lama.

    Kebetulan saya business partner dan financial planner di Allianz.
    Ketika nasabah saya mau mengajukan klaim, adalah kewajiban saya untuk membantu dan memberikan informasi pengurusannya.
    Saya sangat terbuka jika Bapak ingin pendapat objektif terhadap asuransi maupun financial planning.
    Bapak bisa menghubungi saya via e-mail: novel****tella@gmail.com

    Semoga Bapak dan keluarga tidak mengalami permasalahan yang sama di masa depan.🙏

    • 7 Juni 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      4polis itu baru buka tgl 15Mar23, sbagai pengganti polis di Axa life yg 2026 nanti expired..

      Ya puji Tuhan, ini complaint sy disapprove setelah pihak Axa menginvestigasi ulang terkait klaim sy ini..

      • 7 Juni 2023 - (23:51 WIB)
        Permalink

        Oh puji Tuhan sekali Pak akhirnya bisa selesai dengan baik.
        Salam sejahtera semoga Bapak dan keluarga sehat selalu ke depannya ya Pak🙏

  • 7 Juni 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Pada sore hari ini, Rabu tgl 7Juni 2023, saya menerima telepon dari pihak AXA FINANCIAL INDONESIA bernama Bpk. Lukman, dimana beliau menginformasikan terkait klaim saya yg sebelumnya ditolak dengan alasan masih dalam masa tunggu, setelah di ricek & dianalisis ulang oleh tim klaim AXA, ternyata seharusnya klaim saya disetujui dikarenakan tgl 14Apr23 trhitung sjak polis terbit 15Mar23 itu benar sudah masuk hari ke-31 sehingga claim an istri saya Evelyn Yuanita dinyatakan APPROVE..

    Disini saya mengapresiasi cepatnya follow up dari pihak AXA FINANCIAL INDONESIA dan tanggung jawab mereka memperbaiki kesalahan yg sebelumnya
    Dan karena ny, pada surat ini saya menyatakan case saya sebelumnya sudah case close ya, dan saya juga memutuskan untuk mereaktivasi ke-4 polis saya di AXA, sbagai komitmen juga saya sbagai klien yg emang pro asuransi demi melindungi keluarga dari risiko hidup yg entah kapan akan menimpa.

    Sebagai penutup, disini juga membuktikan bahwa AXA FINANCIAL INDONESIA memberikan komitmen & tanggung jawab trhadap claim dari klien, selama memang benar trjadi kesalahan dr pihak AXA, pihak AXA bisa menunjukkan itikad baikny dengan memperbaiki kesalahan tersebut alias bisa negotiable selama pengecekkan ulang memang benar terjadi kesalahan pd pihak analis AXA & kita jg memberikan bukti valid bahwa kita benar..

    Sekali lagi terima kasih kepada AXA FINANCIAL INDONESIA untuk menyelesaikan masalah saya ini. Dan juga terima kasih kepada para pembaca setia mediakonsumen yg udah support mya di kasus saya ini pd kolom komentar..

    Ttd
    Fendy Gunawan

      • 7 Juni 2023 - (16:43 WIB)
        Permalink

        5Juni23 lalu sudah sy tutup..
        Namun karena follow up dari AXA dan mereka benar menyadari ada kesalahan info waktu sy konfirmasi claim & setelah diricek ulang tim claim AXA, dan komplain sy benar adany bahwa tgl 14Apr23 itu sudah masuk hari ke-31 sesuai jg info dr CS mereka sebelumny yg tgl 18Apr23 sehingga claim sy disetujui..
        Dan karena itikad baik & tanggung jawab AXA ini, maka saya memutuskab mereaktivasi lagi polis saya..

  • 7 Juni 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    15 maret polis aktif
    Masa tunggu 30 hari yaitu tanggal 14 april itu genap 30hari… Jadi klo anda sakit pas tgl 14 checkin ya ga bisa karena masih masa tunggu… Lain cerita kalau anda bilang ke bagian admin agar diinfio checkinnya jam 00.00 tanggal 15 april nya. Ini akan bisa diklaim
    Kejadiannya persis kayak anak kakak saya. Kebetulan saya agent allianz… Cara akalinnya begitu 🙂
    jadi axa memang tidak salah menolak klaim dengan alasan sedang masa tunggu.

    Semoga terbantu ya.

    • 7 Juni 2023 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Makany smua trgantung policy masing2 insurance sih, makany itu sebelum claim kan sy konfirmasi lagi..
      Krn kl di Prudential tgl terbit itu sudah terhitung aktif 1hari, jd kl sjak 15april udh dihitung hari ke1 maka tgl 14April itu hari ke 31..

      Namun krn sy nda mau berandai2, sy pastikan ke AXA dan biar mereka yg menjawab apakah masih 30 atau 31..
      Dan mereka memberitahu by call bahwa 14Apr23 masuk hari ke31, makany sy urus claimnya..
      Coba waktu itu diinfo masih 30hr y sy nda claim krn urus berkas klaim ada biayany 650k td, jd kl udh tau diawal nda bisa claim y ngapain kluar biaya kan..

  • 7 Juni 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    O ia tambahan saja pak
    Klo di allianz ada yg namanya admedika. Jdi kl urusan klaim bisa atau nga, kita tinggal telpon kesana, baik agent maupun client. Karena kalau telpon customer support percuma, jawabannya ngambang dan ga jelas. Krn mereka cmn customer support.

    Kalau di axa saya kurang tau deh nomor admedikanya berapa, mungkin d sni kalau ada yg jdi agent axa bisa menginfokan ke beliau?

    • 7 Juni 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Iy, itu reasuransi kl Admedika itu, kl di AXA itu pakai Fullerton..

      Namun tetap qta kontakny ke AXA ny bukan ke perusahaan reasuransi nya, jd dlm hal ini tetap qta kontakny ke AXA selaku yg menerbitkan polis

  • 7 Juni 2023 - (18:19 WIB)
    Permalink

    O ia masukan aja nih sebagai agent, saya pun selalu bilang ke nasabah saya, asuransi kesehatan itu cukup 1 saja. Ngapain banyak2 buang uang dan memperkaya agent2… Alasan double klaim segala macam juga ga seberapa ketimbang premi yg d bayarkan seumur hidup… Jadi asuransi kesehatan cukup 1 saja. Kalau asuransi jiwa mau punya 2 3 4 5 6 selama mampu bayar, itu lebih baik ketimbang punya 2-3 asuransi kesehatan. Ga berguna.

    Utamakan punya asuransi kesehatan dan bpjs… Kalau ada rejeki, tambahkan asuransi jiwa utk proteksi penghasilan dan warisan.

    Semoga terbantu pak

    • 7 Juni 2023 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Tergantung sih..
      Sy asuransi utama Prudential, sdangkan manulife chubb & axa itu itu asuransi tambahan..
      – manulife krn bisa double claim (jd meski biaya berobat udh dicover Prudential sesuai tagihan, itu masih bisa claim lagi & diganti sesuai limit saya)
      – chubb & axa ini santunan harian, dan sy ambil krn ada claim/nda claim itu setelah polis berakhir ada pengembalian premi..

      Dan lumayan utk istri sy sakit ini sy ditukari asuransi dr Prudential, Chubb & Axa total 18.6jt dari santunan harianny pdhl tagihan 39jt udh dicover full sama Prudential..

      Makany sy pro asuransi, krn asuransi itu bener2 bermanfaat ktika risiko tiba2 datang..

  • 7 Juni 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Masa tunggu 1 bulan?
    Saya ikut axa thn 2011 sudah jalan 2 bulan 27 hr, dan asuransi saya cuma 1 itu y axa.
    Tp pada waktu claim ditolak dg alasan asuransi saya bln ada 3 bulan atau masih kurang 3 hari. What? Saya kira begitu bayar langsung dicover ternyata nunggu 3 bulan?
    Saya akhirnya tdk jadi claim tp saya minta putus asuransi dan lagi2 dipersulit, parah axa.
    Claim dipersulit tp mau putus juga dipersulit seakan kita diperas tok.
    Makanya sekarang tdk pernah mau ikut asuransi apapun kecuali BPJS wkwkwkwk… 😁😁😁

    • 7 Juni 2023 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Kl sy sih emang paham asuransi, mengingat sjak 2014 trpaksa harus mempelajari polis asuransi mama sy, krn bhub dg claim kanker serviks beliau.

      Makany krn hal itu, sy jd paham bhw ada masa tunggu 30hr, masa tunggu 12bulan utk penyakit tertentu, itu sy mengerti sekali..

      Makany ketika mau klaim d kasus istri saya, itu kan amat sangat riskan kl menentukan berdasarkan policy asuransi lain dimana kl di Prudential sjak tgl terbit polis itu udh dihitung hari ke 1,oleh krn itu sy nda mau berandai2 sy memastikan ke AXA nya aoakah masuk 30 atau 31..

      Dan dr pihak AXA menginfokab masuk ke31, makany sy urus berkas claim ke RS MAYAPADA yg berbayar 650k..

      Makany sy begitu shock & kecewa ktika tau d tolak dg alasan masih dlm masa tunggu 30hr,pdhl jelas2 dr telp cs axa yg menginfokan udah masuk hari ke31..

      Tp untungny axa mau menginvestigasi ulang, & ternyata bener 14Apr23 udah hari ke31 krn sjak polis terbit itu udh aktif jd bisa dihitung hari ke1..
      Krn bgitu polis terbit logikany kl qta klaim kecelakaan aja, ituloh bisa dpakai.. Bukan nunggu 1x24jam sjak tgl polis terbit☺️

    • 7 Juni 2023 - (19:01 WIB)
      Permalink

      Nah itu sy nda berani komentar..
      Krn kasus yg di MK bervariasi🙏..

      Cm y smoga ug terbaik saja yg nanti kluar putusan dr MK

 Apa Komentar Anda mengenai AXA Financial Indonesia?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Klaim AXA Financial Indonesia Ditolak dengan Alasan Masih Dalam Masa T…

oleh FENDY dibaca dalam: 3 menit
35