Layanan After Sales iBox Sangat Buruk!

Pada tanggal 20 Juli 2023 sekitar pukul 21.05, saya membeli iPhone 11 di iBox Botani Bogor. Menurut info dari sales, kondisi HP aman dan gak ada kendala. Ok, saya percaya. Namun saat saya pulang dan di jalan cek HP, ternyata kamera belakang ada kendala layar warna ungu dan bergaris dari atas ke bawah. Alhasil HP gak saya gunakan sama sekali.

Besoknya saya bawa lagi ke toko, saya bilang tolong dibantu ditindaklanjuti, karena belum ada 1×24 jam. Pihak sales dan manajer tokonya bilangnya gak bisa kalau sudah berbeda hari. Padahal ini kan belum 1×24 jam! Seandainya tengah malam masih buka tokonya, pasti saya balik lagi hari itu juga. Namun tetap pihak toko menolak dan menyarankan dibawa ke service center.

Tanggal 22 Juli 2023, saya bawa ke service center iBox Kelapa Gading dan dibantu sama petugas bernama Adi (AASP). Dia bilang kalo belum 1×24 jam gini harusnya pihak toko bisa bantu follow up, cuma karena iBox Botaninya males ngurusin aja. Kan t**** ya, mempersulit customer kaya gitu? Saya pikir ya sudahlah, diproses di service center saja biar gak ribet.

Lanjut proses pengajuan service. Di nota service ada ketentuan estimasi hasil diagnosa 1-3 hari kerja, terus unit di-service di pusat di Singapura. Kalau sudah keluar diagnosa baru akan dilakukan pengadaan spare part. Saya setuju tuh awalnya dan respect sama petugasnya.

Pulang dari situ, sales iBox Bogor chat saya dan minta hasil summary diagnosa karena mau dibantu follow up (gak tau tujuan follow up-nya apa). Akhirnya saya chat petugas service center dan minta hasil diagnosa.

Tanggal 22 chat gak direspons. Tanggal 24 dikonfirmasi lagi dan dia respons nanti akan dicek dulu hasilnya. Tanggal 25, saya konfirmasi lagi, katanya akan dimintakan ke tim terkait. Tanggal 26, saya follow up lagi, tapi gak ada respons. Tanggal 27, saya ditelepon, katanya hasil diagnosa gak bisa dikasih, karena unit sudah diservis dan sudah dilakukan pengadaan spare part sejak tanggal 22 Juli 2023, menurut info dari teknisinya.

Shock dong saya, saya yang go**** karena gak ngerti, atau memang saya yang dig*****in sama mereka? Kan katanya service di Singapura, dan diproses saat hari kerja! Saya datang hari Sabtu tanggal 22 Juli, terus diservis hari itu juga?!

Saya jadi curiga itu HP gak diservis di pusat, tapi dibawa ke tukang service lemparan iBox di Jakarta ini mah. Padahal saya cuma minta hasil diagnosanya aja lho. Kenapa harus dipersulit dan ribet begini?

Sulistiawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Layanan After Sales iBox Sangat Buruk!

    • 31 Juli 2023 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Iya bener harus di cek teliti dan dipastiin kita bener2 yakin dan jelas kondisi aman baru keluar toko. Dan saran jng beli malam. Klo bisa pagi . Soalnya kalo belum 1*24 jam bisa langsung di proses di toko.

      • 10 Agustus 2023 - (08:10 WIB)
        Permalink

        Ketika saudari memutuskan mengeluarkan uang sekitar 9 juta Rupiah untuk membeli iPhone tipe jadul yaitu iPhone 11 keluaran 4 tahun lalu tepatnya tahun 2019 dengan layar masih IPS dengan dagu (bezel bawah) setebal dagunya Thanos disitu Anda sudah diduga sudah sangat keliru wkwkwwkkwkw sis sis ini sudah jamannya iPhone 14 series ngapain masih beli iPhone 11 dengan desain masih body cekung, sekarang iphone sudah body kotak semua desainnya, kamera boba iPhone 11 itu kecil sekali,di liat dari jauh aja keliatan itu cuman iPhone 11, sama iPhone 12 aja masih gedean kamera boba iPhone 12, padahal kamera boba iPhone 12 masih kalah gede sama kamera boba iPhone 13/14, minimal sekarang itu ambil iPhone 12 layar sudah OLED, bezel layar tipis macam iPhone 13/14 , sama hape Android harga 4 jutaan aja kalah itu layarnya iPhone 11, bezel layar hape Android 4 jutaan aja sudah lebih tipis dari bezel layar iPhone 11 yang TEBAL banget kaya alis anak ABG hihihihi

          • 10 Agustus 2023 - (09:25 WIB)
            Permalink

            Maksud saya hape model keluaran 4 tahun lalu masih di beli ketika ada trouble yaa sudah resiko, harga 9 juta storage cuman 128Gb, saya aja pake hape 256 Gb baru satu bulan sudah kemakan 140 Gb install genshin impact, PUBG, mobile legend, dll padahal saya gak ada simpan banyak foto dan video gak sampe 4 gb file foto dan video saya itu sudah makan 140Gb, genshin impact aja ukurannya sudah hampir 30Gb, jaman now hape 128Gb sudah kurang mumpuni buat saya pribadi

          • 10 Agustus 2023 - (09:37 WIB)
            Permalink

            @Sam
            Belajar menghormati pilihan orang lain.
            Buat channel aja di YT misalnya, berisi mengenai review tipe produk VS Budget.
            Topik yang dikeluhkan sekarang ini mengenai after sales dari brand iPhone.

          • 10 Agustus 2023 - (09:21 WIB)
            Permalink

            Maksud saya beli hape model 4 tahun lalu dengan biaya sampe 9 juta storage cuman 128gb ini benar 2 mau ngakak saya, kalo unit rusak bagian dari resiko

          • 10 Agustus 2023 - (09:34 WIB)
            Permalink

            @Sam
            Belajar menghormati pilihan orang lain.
            Buat channel aja di YT misalnya, berisi mengenai review tipe produk VS Budget.
            Topik yang dikeluhkan sekarang ini mengenai after sales dari brand iPhone.

        • 10 Agustus 2023 - (19:24 WIB)
          Permalink

          Masalahnya apa ya? Mau beli iphone berapapun itu hak kita… Pasti anda oknum yg terlibat masalah ini? Duit duit gw, gw ga minta sama anda.. Kerja yg bener aja ya cong jng aneh2…

          • 10 Agustus 2023 - (22:07 WIB)
            Permalink

            iPhone 11 iPhone model tua cong wajar kalo rusak wkwkwkwkwk masa iPhone model keluaran 4 tahun lalu mau merasa bakal sama kaya iPhone jaman now hihihihihi Logika oh Logika

          • 10 Agustus 2023 - (22:09 WIB)
            Permalink

            Oknum apaan cong jangan berlebihan lah, emang ente ngurus apa sampe bertemu oknum, jauhlah sama urusan oknum yang beginian, ibaratnya ente beli mobil kekuaran lama terus oli mesinnya rembes terus nyalahkan kamu yaa gak nyambung cong namanya mobil tua wajar oli bisa rembes, begitu juga barang elektronik namanya aja model tua wajar ada masalah hihihihihi

  • 31 Juli 2023 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Padahal beli di toko fisik tapi kenapa abai tidak langsung dibuka dan di cek setelah pembayaran di konfirmasi? Itu sudah bagian aturan umum, bahkan sebelum dibayar untuk produk yang non-eksklusif. Pengecualian untuk produk tertentu seperti pakaian dalam, k**d*m, dst. TS jangan terlalu permisif kalau menyangkut hak pribadi bernilai tinggi.

    • 4 Agustus 2023 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Ibox kenapa sii sering bngt maslah komplen kalau aku beli di online aja tapi digimap. Nah anehnya kalau di LN hp bergaris atau ada kendala di iphone langsung di ganti unit baru di apple store nya, bukan di bongkar2 kaya gitu. Pelayanan konsumen di luar negri emang top sih nya… g kaya di kita. Trus aku pernah ada kendala samsung Zflip 4 si layar lipat bergaris putih di tengah. Nah sama si service samsung ny di kasih minum suruh nunggu 1 jam hp di service di samsung centre ny langsung. Dan free lagi unit ny seperti baru. Ga nunggu diagnosa2 gitu ga bayar karena masih garansi….semoga iphone nya awet mas!

      • 10 Agustus 2023 - (08:56 WIB)
        Permalink

        Menarik juga pengalaman anda di Samsung, apalagi pake dikasi minum plus hanya 1 jam kelar ya 😊
        Semoga pengalaman ini dirasakan juga oleh customer samsung lainnya yang akhir2 ini lumayan banyak keluhan yang tayang di MK terutama masalah layar dan sepertinya tidak dapat minum dan happy ending….. semoga

    • 10 Agustus 2023 - (09:48 WIB)
      Permalink

      After sales seperti tidak diinginkan seharusnya tidak mengalami jika unit tidak rusak, kemungkinan unit tidak rusak dengan meminimalisir kan dengan membeli product tipe baru macam iPhone 13/14 minimal sekali iPhone 12 walaupun sudah hitungan jadul juga iPhone 12 karena keluaran 3 tahun lalu, di dunia smartphone yang berkembang pesat teknologi nya beda 1 tahun atau satu serie aja sudah signifikan

  • 31 Juli 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Saya setuju, mungkin saya terlalu mudah percaya sama salesnya. Karena waktu saya beli udah mepet waktunya dan saya mau cari makan. Jadi after payment dan liat kondisi barang saya minta tolong ke salesnya agar di cek semuanya. Pas saya selesai makan dan ambil barang sales info sudah aman semuanya dan dipastikan tidak ada kendala. 🥺🥺

  • 2 Agustus 2023 - (01:08 WIB)
    Permalink

    @Muhammad,
    Kalau resmi, bukan hanya ibox saja yang bisa handle. Bisa ke QCD Indonesia, MitraCare.
    Masalahnya TS itu beli belum 24 jam. Harusnya pihak ibox bisa replace unitnya, karena ibox kan stockist ritel posisinya.

    @Sulistiawan
    Kalau belum ada respon dari pihak ibox, laporkan saja langsung ke prinsipal (apple care) melalui nomor 0800-1027-753 (sebaiknya tlp dari telepon rumah/kantor karena itu sambungan toll-free), nanti mereka bantu eskalasi. Beri tahu kronologinya, nanti kalau mereka minta bukti pembelian, kasih saja. Nanti mereka informasikan email buat kirim bukti transaksinya. Kalau barang resmi sesuai dengan region-nya, pasti cepet eskalasinya. Tapi kalau barang non-TKDN (non-resmi), jangan harap bisa cepet. Dicuekin!

 Apa Komentar Anda mengenai iBox?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Layanan After Sales iBox Sangat Buruk!

oleh sulistiawan dibaca dalam: 2 menit
19