Finance Charge Kartu Kredit Maybank Semena-mena

Halo, pembaca! Izinkan saya menuliskan keluh kesah saya kepada Maybank Indonesia. Saya ingin mengeluhkan atas finance charge yang dikenakan oleh Maybank dengan semena-mena. Mari kita mulai ceritanya.

Kejadian ini bermula pada tanggal 13 Juli 2023, saat saya mengubah transaksi saya menjadi cicilan 3 bulan, dengan cara menelepon customer service. Customer service (CS) tersebut mengatakan bahwa cicilan akan diproses selama 5 hari kerja. Khawatir karena akan mendekati tanggal cetak, maka saya mengkonfirmasi kepada CS “Apakah bisa diproses? Bagaimana bila nanti tertagih full di e-statement?”. CS meyakinkan saya bahwa tidak masalah, saya hanya perlu membayarkan sesuai dengan nominal cicilan yang dia sebutkan.

Kemudian pada tanggal 16 Juli 2023, terjadilah hal yang saya khawatirkan. Nominal tagihan tertagih secara full, alias belum terubah menjadi cicilan. Saya kembali menelepon CS, waktu itu CS kembali meyakinkan bahwa saya hanya perlu membayar sesuai nominal cicilan dan tidak akan dikenakan bunga/finance charge. Saya melaksanakan sesuai instruksi CS.

Betapa terkejutnya saya pada hari ini, Rabu 16 Agustus 2023, saat menerima e-statement dengan nominal finance charge yang fantastis sebesar Rp530.214. Saya kembali menelepon CS di hari yang sama pada jam 22.46. CS yang menerima telepon saya adalah Mario, saya menjelaskan secara detail kronologi dari A-Z, tetapi Mario sungguh bersikap sangat kasar dan mengatakan bahwa “Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, nominal finance charge yang ditagihkan persentasenya adalah 1,75% dari total tagihan yaitu senilai Rp34.787.119.”

Nominal yang diubah menjadi cicilan totalnya adalah Rp21.935.467. Berarti seharusnya nominal yang harus saya bayar di bulan Agustus adalah Rp12.851.652. Saya membayarkan tagihan saya pada bulan Agustus sebesar Rp9.700.000, yang seharusnya bunga yang ditagihkan adalah 1,75% dari Rp3.151.652.

Berkali-kali saya menjelaskan hal tersebut kepada Mario, tetapi beliau sungguh tidak memberikan solusi sebagai CS. Mario justru terus bersikap angkuh dengan nada membentak.

Padahal saya sudah menjelaskan bahwa itu bukan kesalahan saya. Mario yang berdiri mewakili pihak Maybank tidak mau mengakui, dia terus ngotot dengan argumennya. Jelas ini kesalahan informasi yang diberikan Maybank. Ketika saya meminta koreksi bunga, Mario justru mengatakan “Silakan Ibu bayar terlebih dahulu, nanti telepon lagi.” Pihak Maybank telah melakukan penyesatan pada nasabah kartu kredit. Saya sangat kecewa. Saya masih menunggu itikad baik dari Maybank. Saya meminta finance charge tersebut dikoreksi.

Semoga para pembaca tidak ada yang mengalami hal yang saya alami saat ini. Dalam surat ini saya lampirkan bukti email perubahan cicilan serta e-statement saya, agar tidak ada keraguan bahwa saya mengarang cerita ini.

Finance charge
Berikut adalah bukti e-statement yang saya terima

Terima kasih.

Inda Nila Lestari
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Finance Charge Kartu Kredit Maybank Semena-mena”

Dengan hormat, Menanggapi pengaduan yang disampaikan oleh Ibu Inda Nila Lestari melalui Mediakonsumen.com pada tanggal 17 Agustus 2023 berjudul “Finance...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Finance Charge Kartu Kredit Maybank Semena-mena

  • 17 Agustus 2023 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Setahu saya, tagihan yang di-split tidak merubah jumlah bunga total tagihan. Kecuali kalau ada program cicilan 0% kalau di split menjadi angsuran. Itupun harus diajukan ke bank setelah transaksi.

    • 18 Agustus 2023 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Apapun Masalah anda , anda sendirilah yg akan berjuang menghadapi situasi seperti ini, di MK kami sepakat membentuk sebuah solusi yg tepat sasaran untuk penyelesaian permasalahan Anda. Apa itu Jual Aset Anda dan Silahkan ajukan Penutupan, hal ini lebih menyelamatkan anda dan keluarga dikemudian hari, serta pola permasalahan ini berhenti tidak berulang-ulang, lebih baik dan sangat baik untuk PAHIT – PAHITAN SEKARANG SAAT INI JUGA dari Pada keesokan hari Terbelit – Belit yang berujung pada masa sulit .

  • 17 Agustus 2023 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari kronologi mepetnya permintaan ubah cicilan dr tanggal cetak tagihan, coba pahami dulu tentang sistem kartu kredit.

    Sy pegang belasan kartu kredit dari berbagai bank, dan kesemuanya pakai sistem yg sama: Jika pembayaran tidak full / bayar hanya minimum payment / di bawah minimum payment, maka bunga (finance charge) yang dihitung dari total keseluruhan tagihan di tanggal cetak, bukan dihitung dari sisa tagihan yg belum dibayarkan.

    Jadi dalam hal ini, CS Maybank Mario sudah benar memberi infonya. Bunga 1,75% dihitung dari total tagihan ibu yg 34,7 juta itu.

    Sebagai contoh:
    Total tagihan 1.000.000
    Ibu bayar cuma 800.000
    Sisa tagihan 200.000

    Maka bulan depan akan kena finance charge yang perhitungan bunganya (1,75%) dari total tagihan 1.000.000 itu, bukan dari sisa tagihan 200.000 nya.

    10
    • 18 Agustus 2023 - (07:57 WIB)
      Permalink

      Benarr ente gan, sisa pembayaran kurang Rp 1 pun, bungannye tetep diitung Full tagihan penggunaan tercetak..

    • 18 Agustus 2023 - (08:00 WIB)
      Permalink

      Kayaknya bapak/ibu tidak membaca dengan jelas. Masalahnya CS sebelumnya sudah memberikan info bahwa tidak akan dikenakan finance charge. Saya tidak tahu berapa nominal yang harus dibayarkan, sehingga saya bertanya pada cs sebelumnya. Dia menginfokan bahwa bayar cicilannya saja. Jadi yang saya permasalahkan kenapa beda cs beda informasi

      • 18 Agustus 2023 - (08:14 WIB)
        Permalink

        Kalau ada perbedaan informasi dari CS yg menyebabkan kerugian nasabah, bisa diajukan untuk penghapusan kok untuk finance charge selama nasabah ada di koridor yang benar. Toh percakapan kalian direkam.

        Yang saya fokuskan di komentar saya sebelumnya kan kesalahan pemahaman ibu tentang finance charge 1,75% dari sisa tagihan. Saya kutip apa yang ibu tulis sendiri di suratnya sbg berikut:
        “ Saya membayarkan tagihan saya pada bulan Agustus sebesar Rp 9.700.000 yang seharusnya bunga yang ditagihkan adalah 1.75% dari Rp 3.151.652. “

        • 18 Agustus 2023 - (08:20 WIB)
          Permalink

          Noted pak,
          Terimakasih atas informasinya. Terimakasih atas langkah solutif dari bapak.

    • 18 Agustus 2023 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Jadi dari awal CS mario emang udh bener ngasih infonye dan memang TSnye yg tidak mengerti sistem bunga Kartu kredit dari awal,..dan tetep kekeh dengan argumentnye sendiri.. 😅

      • 18 Agustus 2023 - (08:06 WIB)
        Permalink

        Karena 2 cs sebelumnya yang saya telpon sudah mengatakan dengan jelas bahwa tidak akan mengenakan finance charge. Bukan saya yg kekeh dengan argumen saya.

        • 18 Agustus 2023 - (08:10 WIB)
          Permalink

          Klo bgtu coba ditelpon lagi, minta untuk di Hapuskan untuk biaya dendanye, klo untuk kasus yg sama tapi beda bank contohnye BRI bisa, mau diubah kecicilan tp mepet dengan tanggal cetak.. 😁👍

    • 18 Agustus 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Yang mana informasi solutif inilah yang seharusnya diberikan oleh cs mario. Setidaknya saya merasa “oh oke, berarti ada jalan keluar yang masih bisa ditempuh”

      Terimakasih banyak pak

  • 17 Agustus 2023 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Permasalahan ibu hampir sama dengan yang saya alami total tagihan sekitar 23 jt an dan pada saat membayar tagihan saya salah masukin nominal dan ternyata yg saya bayarkan kurang sekitar 87rb kemudian saya hubungi cs terkait bunga yg dikenakan sesuai yg diinfokan cs yaitu 1,75 % dari total tagihan bukan dr sisa tagihan. ini merupakan tagihan dr bank BRI menurut saya semua bank sama saja sistemnya.

    • 18 Agustus 2023 - (08:03 WIB)
      Permalink

      Yang saya permasalahkan tiap cs memberikan informasi yang berbeda sehingga berujung dengan Finance Charge seperti yang saya katakan di atas

      • 19 Agustus 2023 - (14:31 WIB)
        Permalink

        menurut saya semua bank sama….ibu sj yg salah yang salah tangkap jika yg hrs dibayar 12 jutaan…cm dibayar 9 jt an…bunganya dihitung dari tagihan 13 jtan..bkn dari selisih tagihan yg blm dibayar..semua bank sama

        • 19 Agustus 2023 - (14:35 WIB)
          Permalink

          Haha masalahnya sudah clear pak, seperti yang saya jelaskan di atas. 2 kali saya menghubungi CS dan CS sudah mengeluarkan statement bahwa tidak akan mengenakan finance charge tetapi nyatanya malah mengenakan Finance charge. Kalau memang secara perhitungan saya salah, tapi pihak cs maybank jg salah dalam memberikan informasi. Dan masalah ini sudah saya closed karena pihak maybank sudah menghubungi saya dengan itikad baik. Terimakasih

  • 18 Agustus 2023 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Media Konsumen yang sudah memberikan wadah bagi kami untuk berkeluh kesah. Untuk case ini sudah closed. Pihak maybank sudah menghubungi saya, terimakasih untuk Berto (CS) yang sudah sangat membantu.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Maybank?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Finance Charge Kartu Kredit Maybank Semena-mena

oleh Nyla Lestary dibaca dalam: 2 menit
17