Surat Pembaca

Isi e-Money di Shopee Seperti Buang Uang Percuma

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan wadah konsumen Indonesia untuk mengadukan keluh kesah sebagai konsumen. Perkenalkan, saya adalah seorang pedagang kecil-kecilan, sekaligus pelanggan setia Shopee. Untuk pelayanan Shopee sebelumnya selalu memuaskan, walaupun ada kecewa, tapi masih bisa saya anggap biasa saja.

Pada tanggal 4 Agustus 2023, ada driver yang mampir ke warung saya untuk top up saldo e-money. Sebagai pedagang kecil, tentu saya antusias melakukan top up e-money Mandiri milik driver tersebut dari aplikasi Shopee, pembayaran transaksi menggunakan Virtual Account BRI.

Kemudian langsung saya lakukan pembayaran sesuai dengan arahan aplikasi Shopee dan pembayaran berhasil. Namun saldo e-money tidak bertambah, sedangkan driver tersebut sedang terburu buru karena akan masuk ke pintu tol dan memerlukan sekali saldo e-money tersebut.

Langsung saya konfirmasi ke CS Shopee bahwa saldonya belum masuk. Kemudian akan dibuatkan laporan dan diestimasikan selesai 1 hari kerja. Sedangkan kondisi e-money tersebut adalah milik driver, dan saldo yang berkurang adalah milik saya sebagai pedagang kecil. Dengan kondisi seperti ini, tentu membuat saya memilih agar transaksi dibatalkan saja. Akhirnya driver tersebut dengan rasa kecewa pergi dan mencari solusi lainnya. Sedangkan saya sudah kehilangan saldo saya.

Sejak awal komplain saya sudah jelaskan masalahnya untuk meminta cancel dan refund saldo saya. Kemudian dari CS Shopee katanya akan diteruskan ke timnya.

Pada tanggal 7 Agustus 2023, saya dihubungi oleh pihak Shopee dan diinfokan bahwa Shopee tidak menerima pembayaran yang saya lakukan. Saya diarahkan konfirmasi ke pihak bank dan meminta rekening koran. Awalnya saya infokan, bahwa saya akan konfirmasi ke pihak bank, dengan catatan laporan saya jangan ditutup. Namun CS Shopee menginfokan “Laporannya ditutup dahulu pak. Nanti kalau dari bank sudah dinyatakan berhasil, bisa menghubungi Shopee kembali”.

Akhirnya saya datang ke bank untuk meminta rekening korannya, dan ternyata benar transaksi tersebut dinyatakan berhasil dari pihak bank. Sekuriti pihak bank pun ikut berkomentar bahwa memang banyak pelanggan Shopee yang mengalami kendala yang sama seperti saya, tapi saldonya tidak kembali. Terkait informasi tersebut, saya tidak mengetahui valid atau tidaknya, yang jelas saya mengalaminya sendiri dan mungkin salah satu yang maksud oleh sekuriti bank tersebut.

Pada tanggal 11 Agustus 2023, akhirnya saya konfirmasi lagi ke pihak Shopee untuk membuka laporan sebelumnya dan melampirkan rekening korannya. Sore harinya pada tanggal yang sama, Shopee menghubungi kembali untuk konfirmasi kendala yang saya alami dan estimasi tetap 1 hari kerja kembali.

Namun pada tanggal 14 Agustus 2023, saya mendapatkan jawaban laporan dari aplikasi Shopee, bahwa pengajuan top up e-money kamu berhasil dan tidak bisa dilakukan pengembalian dana. Sungguh miris, saya sebagai pedagang kecil yang mengharapkan keuntungan tidak sampai 5 ribu rupiah, malah harus kehilangan saldo lebih dari 100.000 rupiah.

Untuk pihak Shopee, berikut saya infokan untuk nomor laporan pertama saya pada tanggal 4 Agustus 2023:
1687346130141524027

Salam hormat,

Zakiyudin
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Maaf Pak Bu, Emoney Tuh Bukan E Wallet Yang Langsung Top Up Langsung Ke Isi, Harus Di Update Dulu Saldonya Di Mesin ATM, Atau HP Yang Udah Ada Fitur NFC, Percuma Bapak / Ibu Koar Koar Di Media Konsumen Yang Salah Dan Gaptek Itu Anda! E-Money Tuh Saldonya Di Update Dulu Bukan Di Tungguin

    • Jangankan di Shopee di mandiri Aja harus di update,dân Bila kita tidak tàu pasti dianggap v masuk dân top up lagi di indomaret ,dân uangnya juga g Akan di balikin ke rekening kita tetapi ttp masuk di emoney atau etol

    • Saya juga pernah mengalami hal yang sama sayabeli saldo tcash lewat sope , saat sedang flasale, sampe sekarang belum masuk saldonya padahal udah update berkali2 lewat hp yg ada nfc nya tetap tidak bisa masuk saldonya , dan saldo tetap tergantung komplain sana sini tidak ada solusi, mending kalau mau top up lewat aplikasi bank saja , apa lagi buat jualan sangat beresiko saldo gk masuk dan akhirnya rugi sendiri

  • enak dong driver nya dapet salso gratis , kalo top up emoney minimal hp harus ada nfc nya , biar bisa dilihat itu saldo masuk atau engga , jadi orang ga bisa nipu kita

  • Biasanya saldo e-money gak masuk itu antara pending atau ngegantung di server bank.Banyak pengguna Transjakarta yg ngalamin hal ini kalo topup di mesin halte,tapi saldo bakal masuk setelah nunggu H+1 atau topup lagi agar saldo sebelumnya nyangkut di topup sekarang.Kalo kasus anda ya mau gak mau nunggu etikat baik dr driver tersebut,semoga dapat rejeki lain yg gak diduga ya...

  • Dear Media Konsumen,
    Terimakasih sudah memfasilitasi keluhan pelanggan.

    Dear Rekan Rekan Pembaca,
    Terimakasih sudah memberikan komentar nya, Saat ini Team Shopee sudah menyelesaikan kendala saya.

    Dear Team Shopee,
    Terimakasih telah memberikan Solusi dan menyelesaikan kendala yang saya alami

    • Syukur lah sudah diselesaikan.
      Jadi benar ya apa kata si securiti di bank, kalau shoppee ada banyak kendala. Dan biasalah, sudah viral di sini baru bergerak. Oh ya ini juga MK langsung posting di twitter lho.

      • Hal serupa pernah saya alami dan memang tidak ada solusi/pertanggung jawaban apapun dari Sh0p33, sekali pun sudah saya lampirkan bukti cetak e-mony melalui ATM dan bukti transaksi, mereka hny suruh update cek saldo trus sekali pun ber-mggu" saldo tdk masuk 😂
        Akhirnya saya sedekahkan aja drpd berurusan dgn org bebal.
        Alhasil bye" forever and ever, saya pastikan aplikasi ini tdk akan pernah ada lg diseisi rmh saya 🤣

      • Yg komen macem2,udah pernah belum ngalamin?
        Emg bener sii,, topup di sopi kaya buang duit.
        Saya topup brizzi saldo dipotong, tapi brizzi gak bertambah
        Ke cs shopee,malah begitu doang
        Yaelah
        Nyesel aampe keubun2

  • Ngalamin juga 2x, ngisi kaga masuk... malem isi, cek pagi masih belum masuk juga. Sudah cek pakai aplikasi yg berbeda masih ga masuk. Sampe cek ke indomaret ga masuk juga. Sudah minta pengembalian malah dibilang transaksi sudah selesai jadi tak bisa padahal masih diproses statusnya. Di app sebelah minta cancel malah langsung diproses utk pengembalian. Parah emang ini malas banget cek.

  • Terimakasih telah berbagi pengalaman... Saya juga pelaku usaha kecil-kecilan semacam BRILINK, sering kali transfer antar Bank antar Rekening, terkadang juga e-wallet (DANA, Shopeepay , Gopay, link aja, dll),
    tapi saya belum pernah top up E-money.
    Terimakasih, setidaknya kasus anda ada Hikmahnya.

  • kalau sudah di top up harus di upgrade saldo di atm mandiri biar engga menggantung saldo nya, saya pernah seperti itu. bahkan sampai 1 bulan baru saya upgrade dan saldo tetap ada. kecuali pakai fitur nfc saldo langsung masuk.