Ketidakwajaran Harga Paket Kuota Malam dan Bonus Kuota Tri

Kepada Yth. 3Care Indonesia,

Saya mengecek adanya ketidakwajaran mengenai harga Paket Tri di aplikasi BimaTri pada Selasa (29/08). Ketika saya hendak membeli paket kuota malam untuk bekerja shift malam, Paket Tri yang biasanya 50 GB untuk 7 hari itu seharga Rp10.000 sekarang menjadi seharga Rp100.000. Kenaikan sepuluh kali lipat yang fantastis untuk sebuah kuota malam saja (01.00-04.59).

Coba Tri memikirkan konsumen yang mungkin kurang jeli terhadap paket ini dan mengira ini paket 30 hari. Betapa sayangnya uang itu terbang kepada perusahaan.

Saya memahami bahwa harga tersebut adalah sebuah kekeliruan teknis, tetapi sungguh tidak wajar untuk sekelas perusahaan seperti Tri tidak bisa mengontrol harga dalam aplikasi.

Kendala tersebut tidak berhenti di situ. Dua hari lalu saya membeli paket internet Tri sebesar Rp70.000 untuk 45 GB 30 hari, dengan iming-iming bonus via SMS mendapatkan 3 GB kuota Youtube untuk 3 hari. Namun silih jam berganti SMS kian masuk dan bonus yang didapat hanya 500 MB untuk satu hari.

Cukup lucu bukan? Betapa tidak konsistennya pelayanan dari Tri.

Mungkin bagi perusahaan uang itu bukan seberapa, tetapi bagi konsumen ada hak yang dirampas. Semoga menjadi pembelajaran untuk Tri Indonesia agar semakin jeli dalam memberikan layanan internet kepada pelanggan. Terutama pelanggan yang sudah bertahun-tahun memakainya. Terima kasih.

Georgia Monica
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Ketidakwajaran Harga Paket Kuota Malam dan Bonus Kuota Tri

  • 31 Agustus 2023 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Admin media konsumen aneh. Mengenai tri dinaikkan. Mengenai laporan saya tentang telkomsel yang data saya habis tiba tiba sebesar 28 GB selama 10 hari dengan pemakaian biasa saja, Check shoope, toped, fb, dan WA, jarang tiktok dan youtube. Surat yang saya ajukan ke media konsumen tidak terbit. Wkkwkwkwkw kacau juga ternyata Admin media konsumen.

    1
    2
    • 31 Agustus 2023 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Mungkin bisa dibarengi dengan screenshot atau bukti pendukung lainnya Pak/Bu 🙏 kebetulan saya menuliskan artikel ini dengan menyiapkan screenshot juga. Lalu dibuat outline paragraf yang menonjolkan problematika yang dihadapi tanpa singkatan kata

    • 20 September 2023 - (12:21 WIB)
      Permalink

      Aslinya, naik 500%.

      Saya sendiri pengguna Tri sudah lama, naiknya kebangetan.

      Yg setia itu hanya sama pasangan, kalao sama operator, dimana dia murah, disitu kita berlabuh

  • 31 Agustus 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Naiknya bener-bener gak masuk akal.. Sy juga sangat kaget, kuota Home, biasanya 100GB/7 hari 85 rb, skrng jadi 205rb.

    Ini sih secara tidak langsung, nyuruh pelanggan pindah ke XL, secara cakupan sinyal XL skrng sudah membaik.

    • 31 Agustus 2023 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Setelah saya telusuri dengan CS, ternyata kenaikan tersebut bukan kekeliruan teknis (0 ketambahan dll), mereka bilangnya itu penyesuaian harga demi optimalisasi sinyal.

      Tapi ga wajar sekali naikin semua harga paket padahal sinyalnya semakin tidak stabil. Jujur saya rasakan perbedaannya begitu Tri bergabung dengan Indosat, selain pelayanannya pakai robot auto semua CS jadi seadanya aja menangani dan menanggapi. Sebenarnya saya sendiru ogah sampai menerbitkan di mediakonsumen kalau ga bener-bener lelah dan capek sama provider sendiri. Nomornya sudah terhubung banyak kerjaan soalnya, mau ganti nomor juga gabisa langsung ganti, dan ternyata saya ga sendirian merasakan kekecewaan dari Tri ini. Sementara saya bertahan saja buat kuota, mau pindah SIM 2 cari yang lebih profesional dan ga ‘gacha’ buat harga kuotanya.

  • 31 Agustus 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    kenaikan ini sempat dibahas di grup2 facebook. mereka pd mengeluhkan tri sejak diambil alih oleh indosat, harga2 pd meroket. yg paling parah ya paketan ini. 50gb hanya utk jam malam selama hanya 7 hari tp dihargai sangat tinggi Rp 100.000, ga jelas memang tri ini

    • 31 Agustus 2023 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Iya Pak Herwin. Saya benar-benar kaget karena kerasa sekali njomplangnya. Seharusnya harga seperti ini dioptimalkan dan disesuaikan antara besar kuota, batasan, dan harinya, tapi kalau semua dipukul rata 100rb tiap paket, dan tidak ada konsumen yang berani bersuara dengan mengkritisi perusahaan, konsumen hanya sekadar ‘oke ganti provider’, nanti berimbas naik semuanya dan kenaikannya drastis menguras pemasukan.

  • 31 Agustus 2023 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Ya namanya juga udah dicaplok jadi biar pada pindah ke induknya Indosat
    Dulu tri dikenal dengan harga murah sekarang mah ya sama aja
    Malah lebih murah kuota 100 GB Indosat 125 ribu

  • 31 Agustus 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Namanya juga harga, itu kewenangan perusahaan, di tiap operator juga pasti tertulis “harga dapat berubah sewaktu-waktu”
    Itu paket yang kamu maksud 50gb 10k 7 hari awalnya dari paket begadang pas sahur ramadhan kemarin, itu pun kan baru dinaikkan sekarang, entah udah berapa bulan lamanya? Coba hitung sendiri dari bulan ramadhan.
    Nah, sekarang pilihanmu sebagai pengguna kan mudah, tinggal bertahan dengan operator yang sama, atau pindah ke operator lain.
    Saya kira hal begitu cukup simpel tanpa perlu dibawa ke media konsumen, karena itu namanya bukan perampasan, tapi pilihan.
    Perampasan itu kalo misalkan kamu punya saldo pulsa tri 100k terus tiba tiba hilang gitu aja, raib entah kemana, nah baru pantas disebut perampasan.
    Kalo ini kan pilihan, mau beli ok, gak mau beli juga gapapa. Tri juga ga memaksa kamu untuk beli kan? Saya kira hiperbola kalo disebut perampasan.
    Toh, saya sebagai user Telkomsel lebih diperlakukan kapitalis lagi, masa aktif aja harus beli. Tri masih “mendingan” lah dibanding operator plat merah yang saya pake ini.

    4
    3
    • 2 September 2023 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Hmmm… paket tri malam 50Gb sudah mulai zaman dulu mas e atau mbak e atau apapun gendermu … Bukan karena kemarin aja paket sahur . Say udah pakai paket tesesbut mulai 2015

      Yang diprotes orang2 karena kenaikan tersebut tidak wajar . Cuman pakai malam hari dan cuma 7 hari 100rb rupiah ? Paket tri terutama yang bilang promo dan discount itu biasanya emang kocak dari dulu , karena gimana bisa dibilang diskon kalo ada paket lain dengan fitur yang sama atau bahkan lebih bagus dengan harga yang lebih murah .

      BTW Kamu orangnya tri yaaa ?

    • 8 September 2023 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Pak, orang-orang tidak akan mempermasalahkan jika memang ada kenaikan harga tapi kenaikannya emang aneh. Maksudnya, saya paham kalau kenaikannya 100% tapi ini 500% loh dan kocaknya, harga paketnya sekarang hampir setara dengan paket 24 jam dengan kuota yang sama dan masa aktif yang lebih panjang. Mereka itu rela menaikan harga dengan resiko kehilangan pelanggan dan penjualan sedikit karena mereka menghasilkan lebih banyak duit dengan cara seperti ini. Maksudnya gimana? Gini aja, harga paket asalnya sekitar Rp. 20.000 tapi naik jadi Rp. 100.000, pelanggan pasti larinya ke paket malam yang lebih murah atau paket 24 jam yang harganya setara yang dijual oleh mereka.

      Supaya bisa paham saya beri contoh lainnya; Agus dan Budi jualan gorengan. Biaya untuk buat gorengan itu totalnya Rp. 900 karena keduanya ingin untung maka si Agus jual gorengan itu seharga Rp.1000/biji sedangkan si budi jual gorengan itu seharga Rp.1500/biji. Si Agus perlu jual 200 biji agar dapat untung Rp. 20.000 sedangkan si Budi cuman butuh kurang lebih 40-an biji untuk menyamai pendapatan si Agus. Lalu kenapa pelanggan mau beli gorengan dari si Budi yang jelas harganya lebih tinggi? Si Agus pasti punya banyak pelanggan karena dia lebih murah tapi dia juga butuh waktu lebih, buat melayani pesanan dan juga menggoreng gorengan. Para pelanggannya punya dua pilihan…1. ngantri dan nungguin buat beli gorengan si Agus atau 2. bayar Rp.1500 ke si Budi Dan langsung dapat gorengan karena antriannya lengang, si budi cuman butuh 40 orang yang gak sabar nunggu antrian buat menyamai pendapatan si Agus.

  • 31 Agustus 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Sebentar, kewenangan perusahaan? Saya menggaris bawahi bahwa paket ini dapat menjadi sasaran empuk pelanggan yang tidak jeli dalam membeli paket, apalagi dengan tampilan aplikasinya sekarang yang sangat memusingkan. Saya kira maksud saya jelas untuk ditangkap, perkara itu mau hiperbola atau tidak, saya menyuarakan ketidakpuasan saya pada tempatnya? Atau itu dilarang ya? Mohon maaf apabila dengan saya mengkritisi hal ini ternyata salah lapak. Wah, baru kali ini saya melihat sesama konsumen yang menyudutkan konsumen lain dalam bersuara. Saya gak butuh kata ‘masih mending ini… daripada provider ini..’ saya tidak membandingkannya dengan provider manapun dalam artikel yang saya tulis, karena etika bisnis adalah memberikan pelayanan konsumen yang bertanggung jawab dan terpercaya. Sekarang kalau dari segi harga naik, oke boleh naik, tapi masuk akal harga segitu untuk paket malam 7 hari? Tidak, makanya saya bersuara di sini. Kenapa? CS dan yang lainnya tidak ada kuasa untuk hal ini, ini masukan saya kepada pihak Tri dan Indosat. Tidak boleh?

    4
    2
    • 31 Agustus 2023 - (18:13 WIB)
      Permalink

      Emang bener kata akun kapal diatas itu..

      Pasal E nomor 3 di syarat dan ketentuan Tri bertuliskan: Tarif dan biaya Layanan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan tarif IOH yang diinformasikan melalui Situs. Perubahan yang dimaksud dapat dilakukan oleh IOH dengan cara mengubah/mengakhiri/menambahkan bagian manapun dari Layanan atau struktur tarif/biaya Layanan setiap saat berdasarkan kebijakan IOH dan/atau apabila ditentukan dan telah disetujui oleh pemerintah.

      Jadi, pilihan anda sebagai konsumen tinggal take it or leave it. Simpel.
      IOH = Indosat Ooredoo Hutchinson
      Masalah konsumen yang bisa kena jebakan itu murni kelalaian user, selama info di aplikasi 50GB 100k 7 hari, dan diterima sesuai berarti bukan salah IOH.

      Lagipula konteks artikel anda ini bukan mempertanyakan soal konsumen bisa kena jebakan atau tidak. Tapi minta tarif harga paketnya dibuat murah seperti kemarin. Itu intinya.
      FYI saya juga pengguna Tri.
      Harga 10k kemarin itu harga promo, dari awal harga normalnya emang 100k.
      Yang namanya harga promo ya bisa dicabut sewaktu waktu.
      Dari sebelum promo jadi 10k, paket 50GB 7 hari itu emang harga normalnya 100k.
      Jadi pihak Tri cuma membalikkan harga seperti semula.
      Kenapa bisa turun saat itu jadi 10k? Karena ada bulan ramadhan, paket begadang buat sahur, makanya dibuat promo begitu.
      Anda yang jadi user Tri seharusnya cari tau juga gimana awalnya paket itu bisa berubah jadi harga 10k.

      4
      2
  • 31 Agustus 2023 - (22:00 WIB)
    Permalink

    tarif promo TRI bervariasi tiap kartu berbeda ada yg murah bgt 30Rb 60GB, 50Rb 40GB, 99Rb 90GB semakin sering beli semakin mahal harganya, kalo lagi mahal ganti aja kartu lain yg menurut Anda lbh murah atau gak pasang wifi skalian

  • 31 Agustus 2023 - (23:42 WIB)
    Permalink

    menurut saya Pribadi kalau bisa kenaikan harga tiap pilihan paket data tri harusnya dinaikkan dengan wajar serta produk paket data yang benar benar diperlukan dan dibutuhkan seperti 5gb 1 hari 5.000Rp dan 50 gb 7 hari 10.000 Rp dan lain sebagainya masih ada atau masih dijual oleh pihak provider, dan apabila harganya naikpun saya tidak keberatan meskipun menyusahkan, karena kalau harga naikpun kalau sinyal koneksi kadang kadang hilang dengan sendirinya maka ujung ujungnya provider trii dan im3 akan ditinggalkan penggunanya yang akan menjadi senjata makan tuan bagi pihak perusahaan itu sendiri , dan intinya percuma merger perusahaan kalau layanan dan harga malah makin buruk.

  • 1 September 2023 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Saya dlu jga user operator ini bertahun-tahun, tp setelah ada yg lebih murah kenapa harus bertahan, sesimpel itu aja sih.
    Sampai operator plat merah pun juga rajin nawari sms yg cukup murah yaitu 14gb seharga 30k tetep gk saya beli kok. Karena nomor paketan saya masih lebih murah.
    Semakin anda setia sama operator maka semakin naik harganya biasanya sebagian besar operator gtu sih

  • 2 September 2023 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Sêingatku, dulu…. Kalau ingin kuota ini harus tukar point 10 poin baru dapat membeli dengan harga 10k, tapi itu sebelum puasa. Tapi ingat saya harganya 50K. Tapi setelah tukar poin seterusnya dapat bêli, jadi nggk tiap beli terus tukar poin, tukar poinnya cuma sekali.
    Memang sih…. Kuota ini nggk terlalu penting buatku, karena saya selalu pakai AON, saya beli kuota ini cuma untuk memperbarui 2 game genshin impact sama apk² tiap bulan. Karena sekali memperbarui 1 game aja biasanya sampai 15GB.
    Kalau 3 nggak jual lagi cari yg lebih muråh aja.
    Memang saya sempat berargumen dengan CSnya, bilangnya udåh kebijaksanaan operator, trus mau gimana lågi…..

  • 3 September 2023 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Follow up untuk artikel ini, pihak Tri telah memberikan apresiasi beserta penjelasan mengenai kendala bonus YouTube serta harga paket malam yang berkaitan. Keluhan dan saran sudah tersampaikan dan ditanggapi dengan baik. Terimakasih pula mediakonsumen telah menjadi wadah untuk saya memberikan saran dan keluhan tersebut🙏

  • 3 September 2023 - (18:25 WIB)
    Permalink

    wah gilaa untung sebuah kuota malem 100k 50gb ? mending sekalian beli indosat anjirt , 100k dapet 100gb mana 24 jam pula haha

  • 5 September 2023 - (04:59 WIB)
    Permalink

    Asli… seminggu terakhir ini pada outrage di forum² lain & twitter tri.. sebagai tukang download kalong jd bingung skrg mau lari kmn nyari kuota murah gede harga 10 ribuan, saya aja kalo udh habis kuota reguler bulan ini mau unreg aja dah… kepalang kesel sm tri. 💩🙅🏻‍♂️

  • 24 September 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Betul sekarang harga kuota home juga naiknya 100% semenjak merger sama Indosat, padahal mah gak usah merger tri udh bagus, skrg harga naik semua, bisa2 pindah ke tetangga juga ini, ayo siapa yang mau kayak. Tri selanjutnya biar kita pengguna pindah semua dari tri, udah gak masuk akal kenaikannya

    • 19 Maret 2024 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Tri yang sekarang gak seperti yang dahulu 2013 S/d 2023. Padahal udah setia dengan tri tapi mulai di 2024 harganya mahal2 gak karuan. Untuk sekarang alternative pake Axis karena ada kuota unlimited 24 jam diharga kurang dari 5rb. Terpaksa yg tri tergantikan. Pket yg regulernya pun sering promo seperti pket Bronet. Lebih murah dari tri.

  • 25 September 2023 - (09:33 WIB)
    Permalink

    udahlah ga usah berharap coba ganti provider lain aja klo ada kuota malam di lain yang mantep coba share disini

 Apa Komentar Anda mengenai Tri Indonesia?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Ketidakwajaran Harga Paket Kuota Malam dan Bonus Kuota Tri

oleh Georgia Monica dibaca dalam: 1 menit
25