Akibat Pelayanan CS UOB 14008 yang Tidak Profesional, Menyebabkan Penutupan Kartu Kredit

Selamat siang.

Pada tanggal 17 September 2023, pukul 13.45 WIB, saya menelepon ke 14008 (telepon premium) CS UOB. Diterima oleh CS agen Ibnu.

Sebenarnya, saya ingin mengajukan kenaikan limit permanen kartu kredit UOB. Akan tetapi, akibat ketidakprofesionalan dari kerja agen Ibnu dalam memverifikasi data saya dan tidak dapat mengirim SMS OTP ke nomor HP saya yang terdaftar. Jadi, beliau mempersulit saya dengan meminta menelepon melalui HP yang terdaftar. Saya pun marah akibat ketidakprofesionalan dari CS agen Ibnu. Saya meminta berbicara dengan atasannya, diberikan alasan atasannya sibuk sehingga tidak bisa berbicara dengan saya. Akhirnya, saya pun marah dan meminta menutup kartu kredit tersebut secara permanen.

Sekali lagi, agen Ibnu bilang tidak bisa menutup kartu kredit ini dengan alasan belum terverifikasi, padahal dari pihak bank yang tidak bisa mengirimkan SMS OTP tersebut. Semua pembicaraan ini terekam dalam sistem UOB dan pembicaraan terputus hampir 15 menit.

Saya mencoba menelepon 14008 untuk yang kedua kalinya. Pada tanggal 17 September 2023 pukul 14.01 WIB, diterima oleh CS agen perempuan yang namanya saya lupa. Akhirnya, saya mengajukan komplain atas kejadian sebelumnya dan meminta menutup kartu kredit UOB saya. Data saya diverifikasi melalui SMS OTP dan berhasil.

CS agen perempuan tersebut hanya meminta maaf atas ketidaknyamanan saya dan sudah membuat laporan penutupan kartu kredit saya yang akan diproses dalam waktu 3 hari ke depan. Saya akan ditelepon oleh tim dari UOB.

Pertama, saya kecewa dengan layanan verifikasi data melalui SMS OTP. Jika gagal, nasabah yang dirugikan, akibat menelepon telepon premium ini (menghabiskan pulsa dari nasabah), yang beruntung dari pihak bank UOB karena mendapat keuntungan/profit dari telepon premium ini.

Kedua, untuk menutup kartu kredit, sangat sulit sekali, padahal tidak ada hutang, bahkan masih ada kredit Rp23.500,- karena saya membayar lebih dari tagihan yang tercetak.

Sebastianus Daniel Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Akibat Pelayanan CS UOB 14008 yang Tidak Profesional, Menyebabkan Penutupan Kartu Kredit”

No. 23/CEA/0146 Jakarta, 20 September 2023 Kepada Yth., Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Sebastianus Daniel...
Baca Selengkapnya

41 komentar untuk “Akibat Pelayanan CS UOB 14008 yang Tidak Profesional, Menyebabkan Penutupan Kartu Kredit

  • 18 September 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Verifikasi melalui SMS ataupun telepon dari nomor terdaftar sudah menjadi SOP bank UOB. Kalau CSnya melewati verifikasi itu berarti dia melanggar SOP.

    Mohon jangan egois dan lebih mengerti SOP perbankan.00

    10
    2
    • 19 September 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Saya ngerti harus diverifikasi sms OTP, jika ga masuk, rugi nasabah dong, buktinya telp ke Dua, dgn cs yg beda, bisa masuk tuh, sms OTP nya.
      SMS OTP ini sangat penting, untuk verifikasi no HP yg terdaftar di system.
      Saya bukan menyuruh melewati verifikasi sms OTP, baca dong laporan saya…hehehe

      1
      1
  • 18 September 2023 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Nasabah stress nuduh bank dpt keuntungan dr tlp customer services hahaha
    Terus mao aturan sendiri yg bikin bank sendiri..

    3
    2
    • 19 September 2023 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Anda ga Tau, berarti…coba cari Tau deh, telp premium itu pihak pemilik mendapatkan komisinya, dapat berapa? Itu tergantung nego nego dengan pihak Telkom.

      1
      1
    • 18 September 2023 - (23:38 WIB)
      Permalink

      Saudara Firman ini Hansip Media Konsumen ya para Netizen, jadi jangan heran apabila saudara Firman selalu ada di setiap postingan..

      Salam Kenal Pak Firman… Sehat-sehat selalu & Merdeka.

  • 19 September 2023 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Punya kartu kredit tp gtw malu dia yg ngutang dia yg marah2 ga ikutin SOP.
    jadi lah nasabah yang smart jgn asal komplain posting sosmed

    • 19 September 2023 - (12:55 WIB)
      Permalink

      Hahaha, siapa yg ga ikutin SOP, silahkan baca dulu, complain saya…..hehehe

  • 19 September 2023 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Mungkin baru pakai kartu kredit ya? Masalah teknis sepele aja emosi. Itu sudah jadi SOP Customer service, jangan menuduh tanpa dasar kecuali anda sudah pernah kerja sebagai CS bank.
    Pengiriman SMS OTP gagal bukan hanya dari sisi bank, tapi juga bisa dari sisi operator seluler sendiri yg bermasalah.
    Sehingga cs menyarankan anda alternatif menelepon dari nomor terdaftar di sistem bank, itu sudah jadi parameter keamanan dr bank.

    Dan ga hanya UOB yang menggunakan verifikasi dengan SMS OTP kok , bank lain juga misal Citibank dan CIMB.
    Kalau tidak suka dengan proses verifikasi yg sdh jadi standar keamanan mereka, menutup kartu kredit sudah pilihan tepat itu.
    Daripada UOB dipersulit oleh nasabah seperti ini, memang lebih baik ditutup saja fasilitas kartunya.

    3
    2
    • 19 September 2023 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Sudah Dari tahun 1991 punya credit card….mungkin anda blm lahir….hihihi

  • 19 September 2023 - (03:32 WIB)
    Permalink

    Saya setuju tutup permanen saja CC-nya. Nasabah begini benefitnya nggak segede ngambeknya.

    4
    1
    • 19 September 2023 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Iy, Karna cuma dikasih limit 10 jt, itu saja sdh saya complain…hihihi.

      • 19 September 2023 - (13:47 WIB)
        Permalink

        Malahan saya dapat tambahan limit 10 juta ga saya ambil … UOB emang begitu pakai otp kek pencet pin dulu lah tapi emang bagus sih agar lebih aman ..

        • 19 September 2023 - (14:13 WIB)
          Permalink

          Saya cuma dikasih 10 jt, ini baru mau naikkan limit, eh cs nya ga profesional, jadi close aja deh. Biar pihak management tau.

  • 19 September 2023 - (05:01 WIB)
    Permalink

    OTP tidak masuk ternyata karna nomor hp yang terdaftar tidak ada pulsa, malu maluin aja

    3
    2
    • 19 September 2023 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Hihihi, baca dulu mas, baru comment….ga ada pulsa, kok telp ke Dua, bisa masuk sms OTP….lucu, sok comment tapi ga baca….inilah netizen yg sangat tidak bijak, alias bego….

  • 19 September 2023 - (05:44 WIB)
    Permalink

    otp termasuk salah satu metode paling aman untuk mengecek apakah anda memang pemegang kartu sebenarnya, kecuali sim anda telah berpindah ke oknum lain. sudah ada beberapa kejadian cc terbobol karena data pribadi gampang sekali berpindah tangan, ketika si oknum verif langsung hanya via telp ke call center berdasar data pribadi tersebut.

    btw kalau niatnya naikin limit tetap. sepertinya bank satu ini agak sulit. ntah yang lain, saya sendiri sudah 9 tahun megang.limit terbontot dibanding kartu lain tanpa pernah naik otomatis padahal lancar dan selalu transaksi, malahan tahun ini turun otomatis ntah kenapa. mungkin mau ambil c*ti. limit di satu itu jomplang abis. jadi penyesuaian.

    malah lebih bagus ditutup dulu. baru pakai data cc ref seperti B*A, sapa tau bakal dapat lebih tinggi dibanding limit yang rencananya diajukan tetap.

    1
    1
    • 19 September 2023 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Setuju sekali mas….limit cuma dikasih 10 jt…buat beli iphone aja, ga cukup…biasa mau cicil 0%

    • 19 September 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Enak pakai bca, telp cs nya bisa gunakan aplikasi bca lagi.

      1
      1
      • 19 September 2023 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Cs uob emng rada kurang ko,, soalnya sya pernah komplain gk nyambung yg d tanya apa pnyelesaian apa.. Hrs tutup complain lg nyari cs yg lain baru nymbung…mnta hapus iuran tahunan jga ska ngasih diskon 50% aja… Sya selalu mnta tutup permanen kl gk d kasih gratis… Toh d tutup jga gk rugi limit kcil playanan buruk… Sbnernya yg jlek cs bukan bank nya, cs kurang d training kynya…

  • 19 September 2023 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk abis dibully, masalah ginian aja masuk mk, judul nya ngambek ke cs kartu kredit, lagian mending tutup aja, enggak rugi kok, malah lebih tenang hidup tanpa kartu kredit

    • 19 September 2023 - (13:02 WIB)
      Permalink

      Siap mas bro….kenapa saya complain di MK, biar management bisa menata kembali SOP Dari cs cs nya. Contohlah cs bca, itu terbaik menurut saya. Cs Telkom 147 pun sudah baik, sekarang.
      Cs UOB parah menurut penilaian saya.

      1
      1
  • 19 September 2023 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Hmmm saya juga ada rencana mau nutup permanen uob ahh, saya punya beberapa kartu kredit, hanya UOB yg apabila kita pengajuan penghapusan iuran tahunan harus ada syarat transaksi ini itu, padahal saya baru 2 bulan lunas cicilan pencairan dana kartu kredit, itu pun di bujuk² parah minta tolong biar mau pencairan, ehh giliran timbul biaya tahunan, kesannya ga mau tau, hadehhh…. GW TUTUP UOB gw dahh

    • 19 September 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      buat penghapusan annual fee itu memang ketentuan tiap bank beda” , kalo memang merasa ga sanggup ngikuti S&K ya udah tutup aja , kadang ada bank yang gampang dan ada pula yang susah untuk penghapusan annual fee “cmiiw

    • 19 September 2023 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Bisa gratis kalo ikut program yg ada di bank. Semua bank hampir semua seperti itu. Terus maunya gratis tanpa syarat? Hellooooo lo nabung aja, Duit lo yg lo taro di bank tp dipotong admin 15rb – 20rb per bln. Ini lo udh di kasih limit. Di kasih gratis iuran tahunan. Hny ngikutin program aja lo ga mau. Parahhhhh

    • 19 September 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Dikatain apa bos? Ini semua pembicaraan direcord…

  • 19 September 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    JAMET koar koar pula, sudah bagus dikasih aman data” kita biar ga bisa dibobol orang lain dengan cara verifikasi yang harus menggunakan nomor yang terdaftar , ini malah marah” wkwk
    orang mah tinggal telepon ulang pake nomor yang terdaftar bukan malah egois dan ngambek buat nutup kartu kredit wkwk 😜

    1
    1
    • 19 September 2023 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Hihihi, bisa Kali kirim kembali sms OTP, jika yg pertama Kali gagal. Sistemnya Masih ga professional, ditambah cs nya pun lagi pms…buktinya telp ke 2, bisa tuh dikirim sms OTP, baca dong pak….baru comment.

  • 19 September 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Otp ga masuk krn pulsa ga ada. Mau buka rekening aja. Oleh CS pasti di Tanya ada pulsa atau tdk? Kalo kita jwb tdk mohon di isi dulu minimal 10rb. Krn kami akan kirim OTP. Pd hal itu udh ketemu face to face sama CS. Apa lg lewat telp.

  • 19 September 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Baca dulu post yg teliti, baru comment….dasar pekcun….

    • 19 September 2023 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Jika ga ada pulsa, kok telp yg ke Dua, bisa masuk sms OTP….dasar….xxx

        • 19 September 2023 - (20:49 WIB)
          Permalink

          Bukan ngarep uob bangkrut, cuma pembelajaran buat management uob, khususnya csnya.
          Itu saja saya nyumbang 23.500 rupiah buat uob…. Hihihi

  • 20 September 2023 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Sudah 2 x ditelp dari UOB. Perlu diverifikasi terus untuk menutup kartu kredit, dirayu rayu, sayang, kenapa ditutup permanen, banyak benefitnya. Saya bilang akibat tidak profesional dari cs, menyebabkan ditutup permanen dan limit juga pelit, alias 10 jt doang, buat beli iphone ga cukup.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank UOB Indonesia?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Akibat Pelayanan CS UOB 14008 yang Tidak Profesional, Menyebabkan Penu…

oleh Sebastianus Daniel Wijaya dibaca dalam: 1 menit
41