Surat Pembaca

Penjual Tidak Jujur, Shopee Tutup Mata

Pada tanggal 3 Juli 2023, saya membeli Samsung Galaxy Z Fold second via Shopee dengan harga yang wajar. Dalam deskripsinya dinyatakan bahwa IMEI aman dan lifetime. Saya melakukan chat dengan penjual via Shopee dan dijamin bahwa IMEI aman. Namun sesudah digunakan selama  3 bulan, HP tersebut tidak bisa digunakan. Saat saya cek IMEI-nya ternyata tidak terdaftar.

Saya melakukan chat ke penjual dan dijanjikan akan diperbaiki serta diminta uang Rp200.000. Namun itu pun berlakunya hanya 2 bulan. Saya kecewa. Kemudian saya hubungi penjual kembali via chat Shopee, tetapi saya diblok. Saya menghubungi pengaduan Shopee. Namun pihak Shopee menyelesaikan komplain saya dengan sangat sederhana, bahwa pesanan sudah selesai dan masa garansi berakhir.

Permasalahannya adalah deskripsi yang mengandung unsur penipuan dengan menyatakan bahwa IMEI lifetime. Ada jebakan bahwa garansi IMEI 1 bulan. Saya beranggapan bahwa garansi artinya dijamin, tetapi selesai masa garansi tentu barang dapat digunakan dan diservis. Saat ini IMEI-nya tidak terdaftar dan pengertian garansi di sini disalahgunakan, seolah-olah penjual hanya bertanggung jawab selama 1 bulan dan selepas itu lepas tangan.

Esensi permasalahan adalah adanya unsur penipuan pada deskripsi, yang mana dinyatakan bahwa IMEI lifetime, sementara faktanya IMEI tidak didaftarkan. Terkesan Shopee melindungi penjual yang menggambarkan deskripsi mengandung unsur penipuan. Saya meminta Shopee menyelesaikan masalah ini. Saya tunggu niat baik Shopee. Terima kasih.

Patrianef
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lagi-lagi karena tergiur harga murah.Hp ex inter itu banyak problemnya dr masalah IMEI hingga daleman yg udah dioprek2.Kalo mau IMEI aktif selamanya ya silakan bayar pajak bea cukai nya,nanti diregistrasi pihak sono.

    • Deskripsi produk adalah spesifikasi yang dipertanggung jawabkan oleh penjual dan mengikat penjual dan pembeli, jika penjual menjual tidak sesuai dengan deskripsi adalah penipuan dan itu adalah pidana. Garansi adalah penjaminan bahwa penjual akan menjamin jika terjadi cacat produksi. Garansi bukan berarti melegalkan penipuan jika jangka waktunya habis.
      Shoopee menyalah artikan bahwa jika garansi habis maka tanggung jawab penjual selesai. Hal ini jika mereka menjual sesuai spesifikasi, tetapi jika mereka menjual tidak sesuai maka artinya shoopee harus menindak penipuan ini

        • Sejak kapan saya membeli HP illegal. Kalau disebut HP illegal, shopee dong yang di salahkan. Apakah mungkin shopee menjual HP illegal.

          • Saya turut prihatin atas kejadian yang Bapak alami. Seharusnya jangan di klik pesanan diterima terlebih dahulu Bapak sebelum mengecek kondisi smartphone mulai dari tentang handphone hingga cek IMEI. Saya juga ada pengalaman beli smartphone di SHOPEE HP nya tidak sesuai dengan deskripsi, di deskripsi tertera RAM besar setelah di cek di aplikasi device di playstore ternyata RAM nya cuma 1GB, HP cina. Dari situ saya ajukan pengembalian langsung tanpa follow up pihak seller di chat, meskipun pihak seller chat saya tanya kenapa barangnya dikembalikan dengan nada chat yang agak tinggi, tidak saya respon, karena mereka memang niat banget buat menipu pembeli yang kurang teliti dan waspada. Alhamdulillah nya selang beberapa hari pihak SHOPEE memberikan no resi pengembalian karena memang saya kasih bukti jelas dan akurat tentang handphone tersebut di kolom pengajuan pengembalian barang. Selama beberapa tahun ini saya masih nyaman belanja di SHOPEE. Karena SHOPEE kasih banyak voucher gratis ongkir. Dan selalu teliti dan jeli sebelum membeli terlebih barang elektronik.

        • Platform shopee mestinya me jadi platform legal dan dilindungi hukum. Jika ada yang memuat deskripsi tidak sesuai artinya melakukan penipuan dqn ini adalah tindak pidana. Shopee harus menindak orang yang melakukan penipuan di platform nya. Bukan justru membiatkan.

          • Tidak semua pembeli teliti melihat secara detail. Harusnya shopee yang menyaring. Sebagai pembeli, jika ada penjual berada di platform legal, maka itu adalah tanggung jawab penjual dan platform. Sama saja jika ada yang membeli ditoko fisik. Maka yangbertanggung jawab adalah toko fisik kecuali jika jual belinya tanpa lewat platform legal. Maka pembelinya melanggar undang undang

          • "Tidak semua pembeli teliti melihat secara detail..."
            masuknya ke unsur kelalaian
            ----------------------
            jual saja itu hp nya, mau bagaimanapun nggak bakalan selesai, kecuali punya banyak waktu untuk push seller / shopee ke ranah hukum.
            atau bisa juga pergi ke LN dulu yg deket, trus balik sekalian declare di BC bandara

    • apapun bentuk HP seken setelah thn 2020 adalah Ilegal ..
      yg jd Pertanyaan , knp bisa HP seken masuk indonesia ex inter.
      Siapa yg memainkan peran ?

      klw soal Imei ReWrite itu adalah Tanggung jawab penjual.
      llw descripsi Life time , maka penjual wajib di tindak shope.

      krn Kejujuran ada di descripsi,

      • Terima kasih, sependapat bahwa deskripsi harus dipenuhi oleh oe jual. Jika tidak sesuai deskripsi adalah penipuan. Garansi tidak menghapus kewajiban untuk memenuhi atau sesuai deskripsi selesai masa garansi. Garansi dimaksudkan adalah pembeli wajib mengganti atau memperbaiki jika terjadi cacat produksi atau cacat fungsi. Ketidak jujuran deskripsi, apalagi sudah dikonfirmasi via chat dan dipastikan life time adalah penipuan. Kenapa shopee tidak menindak penjual dan justru menyalahkan pembeli karena masa garansi lewat?

  • di lapak yang sekarang udah tidak ada kata2 imei bergaransi lifetime. sebenarnya kalo dicermati.ini hp ex inter bukan resmi sein. penjual hanya inject sim aktif untuk beberapa bulan. mungkin ada rekan lain yang bisa reply solusinya.

    yang jelas dengan screenshoot ts masih ada kata2 garansi lifetime ketika pembelian. secara tidak langsung jadi boomerang buat penjual, kalau shopee memang niat menengahi.

      • Penjualnya memang blunder, karena menjual produk ex singapore disertai garansi imei lifetime berarti mereka melakukan tindakan penipuan, disebabkan imei hanya dapat digunakan beberapa bulan.

  • seharusnya dicek dulu imei terdaftar apa gak, kl terdaftar baru terima konfirmasi pesanan. kalo tidak terdaftar, tolak, proses refund. Jangan percaya begitu saja dgn deskripsi, aplg setelah terima konfirmasi pesanan, uang otomatis sudah cair ke penjual. mau ngomel bagaimanapun shopee tak dapat membantu apa2. Turut prihatin. Next nya coba beli hanya di official store saja.

    • Shopee membiarkan walaupun ada penjual tidak sesuai deskripsi. Menjual tidak sesuai deskripsi adalah penipuan. Penipuan adalah pidana

  • barusan cek tokonya, emang spesialis barang refurbish sama hp limbah ini mah. biasanya toko yg begini memang asal tulis aja deskripsinya biar laku, kalo udah laku langsung lepas tangan. pengalaman beli iphone dulu. next time better cari dr pengguna langsung aja gan.

  • Jgn2 sengaja tertipu..soalny liat review ny uda banyak komplain tentang imei tapi msh berani beli..

    • Reviewnya 4.7 hampir semuanya menyatakan aman. Sayangnya komentar dibuat di awal dan tidak bisa diperbaiki dibelakang hari. Kalau sesudah 3 bulan saya yakin semua review akan jelek.

  • Banyak penjual di market place shopee yang menjual barang ke. Begitu di komplain malah memenangkan penjual dengan alasan kemasan sudah dibuka, Kalau kemasan gak dibuka mana tahu kita itu barang Kw atau bukan. Intinya kapok beli di market place shippee.

  • Sebenernya dengan embel2 kata "IMEI aman" "garansi lifetime" itu harusnya udh curiga.
    Soalnya klo barangnya bener, pasti seller tulisnya "garansi sein" atau "ex garansi sein"

  • Sepengetahuan saya sampai saat ini diketik, HP bekas IMEI tidak terdaftar tidak bisa diregistrasikan di BC. Entah kalau kedepannya gimana hanya regulator yang punya wewenang.