Penjual Tidak Jujur, Shopee Tutup Mata

Pada tanggal 3 Juli 2023, saya membeli Samsung Galaxy Z Fold second via Shopee dengan harga yang wajar. Dalam deskripsinya dinyatakan bahwa IMEI aman dan lifetime. Saya melakukan chat dengan penjual via Shopee dan dijamin bahwa IMEI aman. Namun sesudah digunakan selama  3 bulan, HP tersebut tidak bisa digunakan. Saat saya cek IMEI-nya ternyata tidak terdaftar.

Saya melakukan chat ke penjual dan dijanjikan akan diperbaiki serta diminta uang Rp200.000. Namun itu pun berlakunya hanya 2 bulan. Saya kecewa. Kemudian saya hubungi penjual kembali via chat Shopee, tetapi saya diblok. Saya menghubungi pengaduan Shopee. Namun pihak Shopee menyelesaikan komplain saya dengan sangat sederhana, bahwa pesanan sudah selesai dan masa garansi berakhir.

Permasalahannya adalah deskripsi yang mengandung unsur penipuan dengan menyatakan bahwa IMEI lifetime. Ada jebakan bahwa garansi IMEI 1 bulan. Saya beranggapan bahwa garansi artinya dijamin, tetapi selesai masa garansi tentu barang dapat digunakan dan diservis. Saat ini IMEI-nya tidak terdaftar dan pengertian garansi di sini disalahgunakan, seolah-olah penjual hanya bertanggung jawab selama 1 bulan dan selepas itu lepas tangan.

Esensi permasalahan adalah adanya unsur penipuan pada deskripsi, yang mana dinyatakan bahwa IMEI lifetime, sementara faktanya IMEI tidak didaftarkan. Terkesan Shopee melindungi penjual yang menggambarkan deskripsi mengandung unsur penipuan. Saya meminta Shopee menyelesaikan masalah ini. Saya tunggu niat baik Shopee. Terima kasih.

Patrianef
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Penjual Tidak Jujur, Shopee Tutup Mata

  • 19 Oktober 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Lagi-lagi karena tergiur harga murah.Hp ex inter itu banyak problemnya dr masalah IMEI hingga daleman yg udah dioprek2.Kalo mau IMEI aktif selamanya ya silakan bayar pajak bea cukai nya,nanti diregistrasi pihak sono.

    3
    2
    • 20 Oktober 2023 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Deskripsi produk adalah spesifikasi yang dipertanggung jawabkan oleh penjual dan mengikat penjual dan pembeli, jika penjual menjual tidak sesuai dengan deskripsi adalah penipuan dan itu adalah pidana. Garansi adalah penjaminan bahwa penjual akan menjamin jika terjadi cacat produksi. Garansi bukan berarti melegalkan penipuan jika jangka waktunya habis.
      Shoopee menyalah artikan bahwa jika garansi habis maka tanggung jawab penjual selesai. Hal ini jika mereka menjual sesuai spesifikasi, tetapi jika mereka menjual tidak sesuai maka artinya shoopee harus menindak penipuan ini

      13
        • 20 Oktober 2023 - (13:17 WIB)
          Permalink

          Sejak kapan saya membeli HP illegal. Kalau disebut HP illegal, shopee dong yang di salahkan. Apakah mungkin shopee menjual HP illegal.

          • 20 Oktober 2023 - (13:26 WIB)
            Permalink

            di deskripsi tertulis jelas “unit ex singapore”

            3
            2
          • 20 Oktober 2023 - (19:53 WIB)
            Permalink

            Saya turut prihatin atas kejadian yang Bapak alami. Seharusnya jangan di klik pesanan diterima terlebih dahulu Bapak sebelum mengecek kondisi smartphone mulai dari tentang handphone hingga cek IMEI. Saya juga ada pengalaman beli smartphone di SHOPEE HP nya tidak sesuai dengan deskripsi, di deskripsi tertera RAM besar setelah di cek di aplikasi device di playstore ternyata RAM nya cuma 1GB, HP cina. Dari situ saya ajukan pengembalian langsung tanpa follow up pihak seller di chat, meskipun pihak seller chat saya tanya kenapa barangnya dikembalikan dengan nada chat yang agak tinggi, tidak saya respon, karena mereka memang niat banget buat menipu pembeli yang kurang teliti dan waspada. Alhamdulillah nya selang beberapa hari pihak SHOPEE memberikan no resi pengembalian karena memang saya kasih bukti jelas dan akurat tentang handphone tersebut di kolom pengajuan pengembalian barang. Selama beberapa tahun ini saya masih nyaman belanja di SHOPEE. Karena SHOPEE kasih banyak voucher gratis ongkir. Dan selalu teliti dan jeli sebelum membeli terlebih barang elektronik.

        • 20 Oktober 2023 - (13:23 WIB)
          Permalink

          Platform shopee mestinya me jadi platform legal dan dilindungi hukum. Jika ada yang memuat deskripsi tidak sesuai artinya melakukan penipuan dqn ini adalah tindak pidana. Shopee harus menindak orang yang melakukan penipuan di platform nya. Bukan justru membiatkan.

          6
          1
          • 20 Oktober 2023 - (13:34 WIB)
            Permalink

            Tidak semua pembeli teliti melihat secara detail. Harusnya shopee yang menyaring. Sebagai pembeli, jika ada penjual berada di platform legal, maka itu adalah tanggung jawab penjual dan platform. Sama saja jika ada yang membeli ditoko fisik. Maka yangbertanggung jawab adalah toko fisik kecuali jika jual belinya tanpa lewat platform legal. Maka pembelinya melanggar undang undang

            3
            1
          • 20 Oktober 2023 - (13:46 WIB)
            Permalink

            “Tidak semua pembeli teliti melihat secara detail…”
            masuknya ke unsur kelalaian
            ———————-
            jual saja itu hp nya, mau bagaimanapun nggak bakalan selesai, kecuali punya banyak waktu untuk push seller / shopee ke ranah hukum.
            atau bisa juga pergi ke LN dulu yg deket, trus balik sekalian declare di BC bandara

            1
            6
    • 20 Oktober 2023 - (12:53 WIB)
      Permalink

      apapun bentuk HP seken setelah thn 2020 adalah Ilegal ..
      yg jd Pertanyaan , knp bisa HP seken masuk indonesia ex inter.
      Siapa yg memainkan peran ?

      klw soal Imei ReWrite itu adalah Tanggung jawab penjual.
      llw descripsi Life time , maka penjual wajib di tindak shope.

      krn Kejujuran ada di descripsi,

      • 20 Oktober 2023 - (13:09 WIB)
        Permalink

        Terima kasih, sependapat bahwa deskripsi harus dipenuhi oleh oe jual. Jika tidak sesuai deskripsi adalah penipuan. Garansi tidak menghapus kewajiban untuk memenuhi atau sesuai deskripsi selesai masa garansi. Garansi dimaksudkan adalah pembeli wajib mengganti atau memperbaiki jika terjadi cacat produksi atau cacat fungsi. Ketidak jujuran deskripsi, apalagi sudah dikonfirmasi via chat dan dipastikan life time adalah penipuan. Kenapa shopee tidak menindak penjual dan justru menyalahkan pembeli karena masa garansi lewat?

  • 19 Oktober 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    di lapak yang sekarang udah tidak ada kata2 imei bergaransi lifetime. sebenarnya kalo dicermati.ini hp ex inter bukan resmi sein. penjual hanya inject sim aktif untuk beberapa bulan. mungkin ada rekan lain yang bisa reply solusinya.

    yang jelas dengan screenshoot ts masih ada kata2 garansi lifetime ketika pembelian. secara tidak langsung jadi boomerang buat penjual, kalau shopee memang niat menengahi.

      • 21 Oktober 2023 - (07:06 WIB)
        Permalink

        Penjualnya memang blunder, karena menjual produk ex singapore disertai garansi imei lifetime berarti mereka melakukan tindakan penipuan, disebabkan imei hanya dapat digunakan beberapa bulan.

  • 19 Oktober 2023 - (09:36 WIB)
    Permalink

    seharusnya dicek dulu imei terdaftar apa gak, kl terdaftar baru terima konfirmasi pesanan. kalo tidak terdaftar, tolak, proses refund. Jangan percaya begitu saja dgn deskripsi, aplg setelah terima konfirmasi pesanan, uang otomatis sudah cair ke penjual. mau ngomel bagaimanapun shopee tak dapat membantu apa2. Turut prihatin. Next nya coba beli hanya di official store saja.

    14
    • 20 Oktober 2023 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Shopee membiarkan walaupun ada penjual tidak sesuai deskripsi. Menjual tidak sesuai deskripsi adalah penipuan. Penipuan adalah pidana

  • 19 Oktober 2023 - (09:55 WIB)
    Permalink

    barusan cek tokonya, emang spesialis barang refurbish sama hp limbah ini mah. biasanya toko yg begini memang asal tulis aja deskripsinya biar laku, kalo udah laku langsung lepas tangan. pengalaman beli iphone dulu. next time better cari dr pengguna langsung aja gan.

    • 20 Oktober 2023 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Reviewnya 4.7 hampir semuanya menyatakan aman. Sayangnya komentar dibuat di awal dan tidak bisa diperbaiki dibelakang hari. Kalau sesudah 3 bulan saya yakin semua review akan jelek.

  • 19 Oktober 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Banyak penjual di market place shopee yang menjual barang ke. Begitu di komplain malah memenangkan penjual dengan alasan kemasan sudah dibuka, Kalau kemasan gak dibuka mana tahu kita itu barang Kw atau bukan. Intinya kapok beli di market place shippee.

  • 19 Oktober 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Sebenernya dengan embel2 kata “IMEI aman” “garansi lifetime” itu harusnya udh curiga.
    Soalnya klo barangnya bener, pasti seller tulisnya “garansi sein” atau “ex garansi sein”

  • 19 Oktober 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Sepengetahuan saya sampai saat ini diketik, HP bekas IMEI tidak terdaftar tidak bisa diregistrasikan di BC. Entah kalau kedepannya gimana hanya regulator yang punya wewenang.

  • 19 Oktober 2023 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Pengen jd sultan malah jadi ketan. Buang2 duit 12jt kagak mikir dulu. Baca deskripsi aja sdh mencurigakan

    • 20 Oktober 2023 - (19:08 WIB)
      Permalink

      mana bisa salahkan sope karna garansi cuma saat uang masih ditahan sope kalo dah dilepas ke seller minta tanggung jwb ke seller mau blanja di MP mana pun sama aja, jgn mudah percaya garansi seller kecuali kita tau toko offline yg bisa didatangin langsung.

  • 20 Oktober 2023 - (08:22 WIB)
    Permalink

    pengalaman pribadi beli hp olshop setelah sy trima layarnya geser” sendiri, trus di return dpt ganti baru lg, tp setelah di pake tidak dpt signal, ternyata IMEI TDK terdaftar, terpaksa hrs kluar biaya lg, itupun TDK semua tukang service bisa tangani, jd intinya kl mw beli lg di olshop ngeri” sedap

    • 20 Oktober 2023 - (15:16 WIB)
      Permalink

      Sudah tau barang second, ngarep penjual jujur, sedangkan penipu saja yg jelas2 berkeliaran di shopee ngak di tindak tegas oleh shopee ini ngarep dari kata deskripsi, jadi orang smart dong pak, namanya hp second harus cek benar2. Siapa yg tau dia sudha bongkar 100x tapi di bilang aman, original? Sedangkan barang baru saja ada aja masalah apalagi barang second.

  • 20 Oktober 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Klo mau beli smartphone minimal otaknya juga smart dulu… Iya disini penjual salah, sopi sedikit salah… Tp paling parah ya anda sendiri… ANDA GK SMART sok2an mau pke smartphone

    • 20 Oktober 2023 - (14:00 WIB)
      Permalink

      Ya harus terima konsekuensinya jlas2 tertera ex SG plus IMEI garansi kalo saya pribadi mending ga usaha beli karna itu jelas2 ga bisa menjamin. Beli yg sah2 aja di official store biar ga rugi

  • 20 Oktober 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Sebelum membeli harusnya dipikirkan Mateng Mateng dulu
    Karena kebijakan IMEI juga sudah lama berjalan
    Terkait amanah atau tidak sellernya,
    Ada seller yg mau membesarkan tokonya
    Ada juga seller juga yg mau barangnya habis dengan cara apapun, karena mereka juga sudah mengeluarkan buat biaya masuk ke Indonesia (modal +ongkir), mau ga mau harus kejual supaya ga rugi

    Pihak shoppe juga tidak bisa disalahkan
    Mereka hanya marketplace dan akan lebih bertanggung jawab hanya pada seller produksinya langsung “seller mall” sesuai perjanjian dan kerjasamanya

    Contoh
    Seller vape untuk android dilarang
    Shopee udh berusaha meminimalisir hal ini
    Tapi banyak seller yg nakal masih berjualan dengan mengubah gambar dan deskripsinya
    Pembelinya pun ga sedikit (masih banyak)

    Saran saya yg sudah kebeli dijadikan pengalaman dan pembelajaran saja
    Plus minus hp ex int memang seperti itu
    Jika spesifikasi hpnya bagus kenapa tidak dijadikan hp kedua saja (wifi only)

  • 21 Oktober 2023 - (02:29 WIB)
    Permalink

    Penyakit smartphone Samsung, byk korban dari smartphone Samsung, ada kasus IMEI, ada kasus yg jual status kredit, begitu dibeli ga ada 1 bulan ga bisa dipakai lagi, harus bayar tunggakan dan cicilannya . Saran saya kalo beli hp bekas jgn iPhone dan Samsung, byk masalah.

  • 21 Oktober 2023 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Ayo pak saya dukung Bapak lapor lewat polisi harus jalur hukum ini Mah. LAKUKAN CEPAAAT!!!!!!
    KUDU!!!!!

  • 21 Oktober 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Kenapa ga cari di marketplace fb aja, banyak kok yg jualan bagus2 dan resmi entah itu pedagang atau perorangan, trus ajakin rekber melalui oren/ijo. Selesai. Saran saja

  • 21 Oktober 2023 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Banyak penjual yang menginformasikan garansi 3 bulan atau bahkan lifetime. Tetapi jika di pesanan sudah terselesaikan mereka tidak akan menanggapi. Berlaku di semua e-commerce

  • 21 Oktober 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Oh bang beno, dri dlu emang penjual hp ex luar kok. Orngnya ada di grup hp all sony xperia. Bisa dicari sosmednya disitu

  • 21 Oktober 2023 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat hal ini, Apresiasi saya kepada Media Konsumen sehingga masalah kami ditanggapi.
    Shopee sudah menanggapi surat ini, walaupun awalnya shopee menutup kasus karena garansi lewat. Tetapi dengan penjelasan kami bahwa ada penyesatan data dideskripsi dimana Imei aman dan life time dan ternyata bahwa imei tidak terdaftar maka shopee membuka kembali kasus ini.
    Shopee sudah memberikan solusi lewat online dispute resolution dan mempertemukan kami di chatting yang sudah diblokir penjual dan akhirnya dibuka lagi.
    Kami dan penjual sepakat menyelesaikan masalah ini dengan cara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak. Kami sebagai pembeli menginginkan HP yang tidak bermasalah dan tidak terganggu masalah Imei Penjual sepakat bahwa akan mengurus Imeinya sehingga selama pemakaian kami maka Imeinya tidak akan bermasalah, sesuai deskripsi. Kami selaku pembeli berharap ke depannya penjual di media online dapat jujur dengan deskripsi jualannya.
    Sebagian besar pembelian barang barang yang kami lakukan bahkan sampai TV besar 80 inch ,semua HP kami bahkan perabotan rumah , kami beli melalui media online dan selama ini tidak ada masalah.
    Baru kali ini kami bermasalah dan kami berharap ke depannya shopee juga jangan lepas tangan dengan menyatakan produk sudah lewat masa garansi. Aturan jaminan garansi tidak berlaku selepas masa garansi lewat hanya benar sepanjang produk sesuai deskripsi. Jika produk tidak sesuai deskripsi, maka masalahnya berbeda.
    Hal ini juga menjadi pembelajaran bagi kami agar lebih hati hati ke depannya.
    Kami meminta penjual menepati janjinya
    Terima kasih juga kepada Shopee.
    Mungkin akan lebih baik jika Shopee membuka media chattingan dispute online resolution yang di moderatori langsung oleh admin shopee sehingga resolusi masalah dan kejadian sebenarnya dipahami oleh shopee.
    Terima kasih kepada pembaca yang mengomentari kasus ini. Kami membaca semua komentar anda dan kami jadikan pembelajaran kedepannya.
    Semoga Media Konsumen semakin dipercaya oleh Konsumen sebagai salah satu tempat pengaduan
    Case closed

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Penjual Tidak Jujur, Shopee Tutup Mata

oleh Patrianef dibaca dalam: 1 menit
43