Surat Pembaca

Grab Indonesia Melakukan Putus Mitra dengan Tuduhan Menggunakan Aplikasi Tidak Resmi (Fake GPS/Tuyul)

Assalamualaikum Wr. Wb./Syalom Bapak Ibu. Perkenalkan, saya Johanes Roy asal Bandung. Pekerjaan saya sebagai mitra Grab Indonesia. Saya bergabung di mitra Grab Indonesia pada akhir bulan September 2023.

Selama saya bergabung sebagai mitra Grab Driver, saya menjalankan seluruh orderan yang masuk ke akun saya, mau jauh/dekat atau tunai/non tunai. Karena saya mengejar target supaya akun saya menjadi akun kelas jawara, meski pada akhirnya yang tercapai bukan jawara, melainkan menjadi akun ksatria di bawah jawara.

Klarifikasi terkait akun yang tiba-tiba mendapatkan sanksi melakukan/menggunakan aplikasi yang tidak resmi/Fake GPS/Tuyul.

Sejujurnya, saya tidak mengerti atas apa yang telah dituduhkan kepada saya, karena saya tidak mengerti dari segi:

  1. Pemakaian Fake GPS/Tuyul seperti apa, saya tidak tahu dan tidak mengerti.
  2. Cara memasang ke mana dan oleh siapa, saya juga tidak tahu.
  3. Saya tidak pernah mendengar hal tersebut baik dari sesama driver ataupun orang-orang sekitar.
  4. Bentuk aplikasinya seperti apa, saya tidak tahu.

Kalaupun saya mengerti dan tahu aplikasi tersebut, dan itu dilarang/kode etik, serta berakibat bisa membuat akun saya terkena putus mitra, saya tidak akan pernah menggunakannya dan tidak tertarik menggunakannya.

Ini buktinya hp saya yang tidak diotak-atik dan tidak ada aplikasi fake GPS:

Dari lubuk hati saya yang paling dalam, sejujurnya, saya tidak menggunakan aplikasi terlarang Fake GPS/Tuyul. Karena saya bergabung ke menjadi mitra Grab ingin menjadi driver yang jujur, dan saya hanya memiliki satu pekerjaan untuk menjalankan kehidupan sehari-hari dan keluarga. Oleh karena itu, saya bekerja sungguh-sungguh dan menjaga selalu kepercayaan Grab yang diberikan kepada saya.

Itu total semua saldo saya yang berada di aplikasi ,untung masih sempat saya screenshot, karena sekarang akunnya sudah tidak bisa dibuka:

Tolong jangan PM akun saya dengan alasan yang tidak saya lakukan sama sekali. Tolong, saya, Bapak Ibu, dan pihak terkait dari Grab Indonesia.

Semoga dengan klarifikasi/pernyataan ini, pihak Grab bisa mendengar dan bisa kembali membuka akun saya dengan apa pun itu syarat yang harus saya terima. Saya siap lahir batin demi kebenaran dan demi pekerjaan yang baik, jujur, dan sopan.

Terima kasih, Grab Indonesia.

Johanes Roy
Kota Bandung, Jawa Barat


Update (11 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: