Surat Pembaca

Aktivasi Nomor Baru XL, Borong Semua Kendala

Saya merupakan pelanggan XL Axiata, dengan nomor: 0878****3233. Sebelumnya saya sudah cukup lama menggunakan layanan dari provider ini. Kemudian karena satu kebutuhan, saya memutuskan untuk membeli nomor XL baru. Mulanya, saya tidak ada masalah selama menggunakan layanan XL di nomor lama saya. Masalah mulai muncul saat membeli nomor baru dan coba melakukan registrasi nomor.

Saya melakukan pembelian nomor pada tanggal 3 Desember 2023 dan langsung melakukan aktivasi via SMS. Namun tidak ada balasan. Saya juga sempat coba aktivasi via web, tetapi hasilnya tetap sama. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya nomor saya baru berhasil teregistrasi pada tanggal 4 Desember 2023.

Namun masalah tidak berhenti di situ saja. Saat saya coba untuk login ke aplikasi MyXL, saya mengalami 2 kendala sekaligus. Pertama karena aplikasi sering memunculkan respons error saat diakses dan kedua tidak menerima SMS OTP untuk login aplikasi MyXL.

Saya sudah coba uninstall, reinstall dan update aplikasi MyXL ke versi terbaru. Namun tetap saja saat saya coba buka aplikasi MyXL sering kali muncul respons “Sedang Terjadi Kesalahan”. Perlu waktu lama sampai akhirnya saya bisa coba untuk akses MyXL dan login. Namun ujung-ujungnya saya tetap tidak bisa login MyXL dengan nomor baru saya, karena saya tidak terima SMS OTP nya.

Beberapa kali saya sudah coba pindahkan SIM card ke device lain, coba di area lain, dan saya pastikan kotak pesan saya memiliki cukup ruang untuk menerima SMS OTP. Namun sampai dengan tanggal 20 Desember 2023, saya masih belum bisa menggunakan nomor baru saya. Karena nomor tersebut tidak bisa menerima SMS OTP, sehingga tidak dapat tersambung ke MyXL.

Saya juga sudah coba beberapa kali menghubungi customer service XL via live chat. Namun responsnya sangat lambat, dan bahkan percakapan “diakhiri: sebelum saya sempat menyampaikan detail keluhan saya kepada CS. Jujur saya cukup kecewa dengan pelayanan XL kepada para pelanggan setianya. Hendak melakukan pengaduan ke customer service saja sulit. Jadi bagaimana agar keluhan saya bisa sampai ke Pihak XL?

Harapan saya dengan mengirimkan surat pembaca kepada tim Media Konsumen, nantinya keluhan saya dapat didengar oleh XL. Saya juga sangat berharap XL dapat memperbaiki dan meningkatkan layanannya. Terima kasih.

Aris Indro S.
Kebumen, Jawa Tengah


Update (5 Januari 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Aktivasi Nomor Baru XL, Borong Semua Kendala”

Jakarta, 2 Maret 2024 Ref.CM/CU/E/011/1223/WH Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Aris Indro S...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Nomor barunya sudah dicoba untuk panggilan dan terima telepon serta kirim dan terima SMS? Kalau ada yang gagal, aktivasi kartu dengan KK dan NIK belum 100% berhasil. Pastikan kartunya juga belum kadaluarsa (tertera di bungkus kartu perdana). Untuk memastikan, bawa saja ke gerai XL untuk aktivasi penuh dan segala macam ujicoba agar hati tenang.

  • per kk dibatasi 3 kartu , kalo mau 4 datang ke gerai xl ,.coba aktifasi kartu dengan ktp kk yg lain..
    mungkin nomernya 2 tapi nomer yg dulu udh ga ke pake masih tercatat jadi nomer yg dulu harus di unreg atau di nonaktifkan dari pendataan dukcapil

  • Memang benar om saya juga meminta untuk menggantikan nik yang sudah terdaftar di nomor saya tidak di respon oleh CS karena, nomor XL yang saya gunakan ini, pemberian dari sales XL yang sebelumnya sudah diregistrasikan oleh sales XL tersebut.