Kecewa dengan Pelayanan Pembelian Tiket Ferizy ASDP

Saya adalah penumpang yang hendak menyeberang menggunakan armada kapal feri, dari pelabuhan Bakauheni menuju Merak Banten, pada tanggal 07 Januari 2024. Seperti biasanya untuk tiket saya beli secara online mandiri menggunakan aplikasi Ferizy. Yang mana saat saya memesan secara online pada pukul 12.35, tiket yang tersedia untuk jenis pelayanan eksekutif/express, hanya tersedia untuk pukul 23.45.

Kemudian seperti biasanya saya pun membeli tiket tersebut. Pengalaman saya sebelumnya, saya bisa membeli tiket untuk jam terlama dan check-in di pelabuhan lebih awal, karena memang saya beli tiket saat sudah dekat dengan pelabuhan (rumah saya dekat dengan pelabuhan Bakauheni). Namun alangkah kecewanya saya, saat ingin scan kode booking saya, diinfokan hanya bisa check-in paling cepat sekitar pukul 17.00.

Sementara saya mengendarai motor dengan membawa anak saya yang masih balita. Harapan saya sebelumnya, dapat tiba di pelabuhan Merak sebelum sore hari, dikarenakan saya masih harus berkendara sekitar 6-8 jam lagi dari pelabuhan Merak dan cukup berisiko bagi keamanan kami.

Saya coba berkoordinasi dengan petugas keamanan di kantor ASDP Bakauheni. Saya mendapat rekomendasi dari mereka untuk beli lagi tiket reguler di agen terdekat, agar bisa naik kapal yang langsung berangkat (supaya saya bisa tiba di Merak lebih cepat). Petugas menyarankan untuk tiket yang sudah saya beli, bisa diajukan pembatalan/refund.

Saat membaca aturan pembatalan/refund, betapa makin kecewanya saya, karena tiket yang sudah dibeli akan dipotong sekitar 75%. Menurut saya ini sama saja dengan mengambil uang saya, dengan alasan sudah Terms & Conditions.

Saya mohon kepada pihak ASDP, agar sistem pembelian tiketnya dipermudah. Karena high seasons sudah berakhir dan kondisi kapan juga sudah mulai normal, tanpa ada kepadatan berarti. Kami yang membeli tiket online secara mandiri hanya diberikan kuota jadwal malam, sementara untuk pembelian melalui agen/calo di sekitar pelabuhan bisa dilakukan secara go-show. Seperti sudah dimonopoli.

Saya berharap untuk pembelian tiket online mandiri untuk H+0 dipermudah, karena kami yang tinggal di sekitar pelabuhan memang sudah biasa untuk melakukan pembelian tiket secara go-show tanpa harus booking H-1 atau jauh-jauh hari.

Saya berharap dana pembelian tiket saya bisa di-refund full oleh pihak ASDP dan tidak dipotong 25% + 75%. Menurut saya itu terkesan pemaksaan, karena bukan faktor kelalaian, melainkan sistem dari ASDP yang kurang informatif.

Frenky Dores
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Pembelian Tiket Ferizy ASDP

  • 10 Januari 2024 - (13:40 WIB)
    Permalink

    1. Pengguna Jasa wajib melakukan proses Check In di pelabuhan paling cepat 2 (dua) jam sebelum jadwal masuk pelabuhan yang tertera di E-Tiket
    2. Biaya Pembatalan tiket yang dikenakan adalah biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket atau paling sedikit Rp 25.000,- dan biaya pembatalan sebesar 50% dari total harga tiket setelah dikenai biaya administrasi
    3. Perubahan jadwal tiket dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket atau paling sedikit Rp 25.000,- dan biaya perubahan jadwal sebesar 25% dari total harga tiket setelah dikenai biaya administrasi

  • 10 Januari 2024 - (14:25 WIB)
    Permalink

    yg saya sayangkan proses pembelian tiket online ga perlu di pooling lagi lah ke jam paling malam yg tersedia di aplikasi Ferizy. karna high season sudah berakhir dan loading kapal juga cukup lengang untuk kendaraan kecil seperti sepeda motor dan pejalan kaki. sementara beli dari calo/agen yg berjualan tiket di sekitaran pelabuhan dan pastinya harganya lebih mahal malah bisa langsung on the spot. sehingga sangat merugikan menurut saya. diciptakan sistem pembelian online scr mandiri namun tiket dgn jadwal penyebrangan yg terdekat bisa di akses melalui calo. mending balik lagi bikin loket resmi di pelabuhan kalau seperti itu

 Apa Komentar Anda mengenai PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP)?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Pembelian Tiket Ferizy ASDP

oleh Frenky Dores dibaca dalam: 1 menit
2