Surat Pembaca

Akun DANA Ditangguhkan Setelah Permintaan Pergantian Nomor

Beberapa minggu lalu, adik saya mengirim uang ke DANA orang tua saya (a.n. Irpan Kustiawan). Namun ternyata nomornya hilang, sedangkan HP yang dipakai untuk login DANA telah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Karena untuk mengurus kartu SIM cukup jauh harus ke kota (sedangkan saya di kabupaten), akhirnya saya mengirim email ke DANA pada tanggal 6 Februari 2024, dan mendapat nomor laporan: #35915877.

Pada hari yang sama, DANA membalas email saya yang meminta data-data seperti nomor baru, tanggal lahir, video selfie, dll. Saya membalas dengan mengirim data tersebut beberapa menit kemudian, lalu dibalas lagi pada tanggal 7 Februari untuk menunggu 2-3 hari.

Pada tanggal 12 Februari saya menanyakan soal perkembangannya, dan dibalas pada hari yang sama kalau mereka meminta data transaksi 14 hari terakhir (merchant, nominal, dll). Saya membalas dengan mengatakan bahwa tidak ada aktifitas transaksi apapun ke merchant, karena sudah sebulan DANA tidak bisa dibuka.

Mereka mengatakan bahwa pergantian nomor berhasil dan saya akan menerima link pergantian nomor akan dikirim melalui SMS ke nomor baru.

Namun saya tidak mendapatkan SMS apa pun, sampai tanggal 19 Februari 2024, saya tanyakan lagi. Mereka meminta data transaksi 14 hari terakhir lagi, lalu saya mengirimnya lagi.

Lalu keesokan harinya dibalas lagi oleh DANA, mereka meminta data 14 hari terakhir lagi, saya kirim lagi. Mereka mengatakan data saya tidak sesuai dengan akun DANA orang tua saya, padahal sebelumnya sudah berhasil. Kemudian mereka mengirim email yang sama lagi.

Setelah beberapa kali bertanya soal transaksi 14 hari terakhir, akhirnya saya mendapatkan SMS untuk mengganti nomor DANA saya. Ketika saya mencoba login akun DANA dengan nomor baru, alangkah terkejutnya saya bahwa akun tersebut ditangguhkan.

Pada tanggal 21 Februari 2024, saya bertanya melalui tiket yang sama, bahwa pergantian nomor sudah berhasil tapi akun DANA saya malah ditangguhkan. Mereka mengatakan bahwa laporan saya sedang ditindaklanjuti.

Saya bertanya lagi apakah ada perkembangan soal laporan saya, pada tanggal 23 Februari 2024, dengan menggunakan template yang sama. Pihak DANA mengatakan bahwa laporan saya sedang ditindaklanjuti. Namun sampai tanggal 28 Februari 2024, tidak ada kejelasan tentang laporan saya.

Lalu saya mendapatkan pesan melalui Twitter bahwa laporan saya ditutup, dengan alasan saya tidak mengirim data-data yang dibutuhkan. Padahal DANA melalui emailnya hanya bilang laporan saya sedang ditindaklanjuti, tidak ada meminta data apa pun lagi. Saya pun membuat tiket baru dan mendapatkan tiket #36596316, dengan keluhan akun saya ditangguhkan setelah permintaan pergantian nomor.

Namun sampai sekarang tidak ada balasan, hanya robot yang membalas dengan mengatakan bahwa saya harus mengirim laporan melalui aplikasi. Saya bahkan tidak bisa mengakses akun DANA saya, bagaimana saya bisa membuat laporan melalui aplikasi?

Saya merasa DANA sering mengulur waktu untuk menyelesaikan masalah. Terbukti dengan laporan saya pertama butuh waktu 3 minggu untuk menyelesaikannya, dengan pertanyaan yang terus diulang-ulang. Saya harap dengan adanya surat ini, DANA dapat menyelesaikan masalah ini dengan cepat. Terima kasih.

Rahma Setiawan
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jauh ngurusnya itu saya kira ada di kabupaten pulau kalimantan, sulawesi atau papua, ternyata di kab. Bogor. :D

    • Iya mas, saya juga kerja jadi nggak mungkin ke kota pas hari kerja.

      Terima kasih udah mampir :D

  • Ngapain kirim kiriman uang pakai dana, pakai rekening lebih aman dan terjamin, kalau ada kendala cabangnya ada dimana mana

  • Sya paling males dan ogah kalo ada teman atau siapapun minta tf ke dana ujungnya bermasalah dengan akunnya selalu direpotkan juga , kalo ada yg minta tf atau top up biasanya tak suruh ke alfa atau indomaret