Ongkos Pengembalian Barang Shopee Xpress Instant Dibebankan kepada Driver

Selamat malam. Salam sehat. Terima kasih telah membaca.

Saya driver Shopee Food dengan wilayah mitra Kota Medan dan sekitarnya. Kendala terjadi pada saat saya mendapatkan orderan SPX Instant (Marketplace) dengan nomor pesanan 2003242909890048543 (screenshot penerima terlampir).

Jarak titik pengambilan barang untuk mengantar ke penerima adalah 12 km, dan ongkos kirim sebesar 24.800 rupiah. Saya lakukan pengambilan dan mengantar.

Setelah sampai di lokasi Masjid Al Amin (penerima memberikan titik ini), karena pengirim hanya menuliskan alamat hanya Masjid Al Amin saja, maka saya menanyai orang yang kebetulan ada di dalam masjid. Namun mereka tidak mengenal Saifani Agilla. Dan saya menggedor satu persatu rumah warga, namun tidak ada yang kenal.

Saya lakukan hampir 5 menit. Akhirnya saya telpon, namun 3 kali ditelpon tidak diangkat. Saya WA, WA checklist 1, dan saya konfirmasi ke CS Shopee tentang kendala.

CS Shopee mengatakan untuk pengembalian barang dan konfirmasi kepada penjual. Saya konfirmasi ke penjual, dan penjual setuju pengembalian barang. Saat chat dengan CS Shopee, saya tanya untuk biaya ongkos kirim pengembalian barang. Dan CS Shopee setuju dengan adanya ongkos pengembalian barang.

Setelah itu, saya melakukan perjalanan untuk pengembalian barang dengan jarak 12 km lagi. Sesampainya di tempat, saya konfirmasi paket telah dikembalikan. Namun ongkos kirim pengembalian paket tidak ada. Ternyata ditipu oleh CS Shopee.

Total perjalanan saya 24 km dengan yang masih saya terima 24.800 rupiah. Di sini sangat dirugikan adalah driver. Jika Shopee melakukan promo gratis ongkir atau ongkir ditanggung pembeli, jika adanya orderan fiktif paket instant tersebut, masa driver yang menanggung? Sedangkan gratis ongkir pengembalian paket memakai expedisi saja, Shopee mengganti.

Shopee sebenarnya sangat membuat kerja yang tidak berimbang dengan hasil. Misal harga ongkir food Shopee Food di Kota Medan sangat murah 4 km pertama 6.400 rupiah. Dalam peraturan Menteri Perhubungan.

Tarif ojol zona I (Sumatra, Bali, dan Jawa selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)

  • Biaya jasa batas bawah : Rp 2.000 per km
  • Biaya jasa batas atas : Rp 2.500 per km
  • Biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa per 4 km pertama antara Rp 8.000 sampai Rp 10.000

Nah Shopee melanggar aturan tersebut untuk wilayah Kota Medan dan sekitar (Sumatera).

Seharusnya driver Shopee Food unjuk rasa terkait ongkos kirim food yang dipotong keras oleh pihak Shopee.

Jakob Situmeang
Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Ongkos Pengembalian Barang Shopee Xpress Instant Dibebankan kepada Driver

    • 12 April 2024 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Kalau gojek lebih mahal biaya ongkos kirimnya. Jadi kalau returan sudah termasuk harga mahal itu. Argo 12km di gojek bisa kena harga 37 ribu/34 ribu bersih ke driver. Itu tidak masalah kalaupun tidak ada ongkir returan. Karena sudah dikombinasi dengan ongkir yang mahal. Beda cerita dengan Sameday ya. Kalau ongkir sameday, hitungannya kadang diluar nalar.

      • 12 April 2024 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Mana ada di gojek jarak 12km dapet argo 34-37 ribu bersih.
        Argo ojol itu rata rata 2000 / km, paling gede 2200-2300 / km.
        Kalo dapet 34-37 ribu per 12km itu udah kena 2800-3000 / km.
        Gak ada yang kayak gitu, saya juga driver soalnya, biasa main di jakarta.
        Dan masalah retur, emang gak pernah ada namanya penggantian ongkos, makanya kalau saya ngakalinnya nyari order searah dari aplikasi lain buat anter barang returan itu.
        Lagian saran aja buat ente, sebelum ente klik pickup, lebih baik ente telpon / WA dulu ke penerima, kalo gak bisa dihubungi mah mending cancel diawal, apalagi si penerima cuma nulis alamat masjid gitu doang, kalau saya si cancel, bodo amat soal kena suspen

        • 12 April 2024 - (15:17 WIB)
          Permalink

          Lah. Kalau express dibedakan dengan bawa Penumpang bang. Emang gitu kok, Express lebih mahal daripada Sameday. Emang gitu sih kata driver ojol.

          Wkwkwk Mending kejadian gini bang. Biar Shopee itu paham

        • 12 April 2024 - (16:04 WIB)
          Permalink

          Express itu seingat saya, informasinya memakai ukuran paket. Jadi ukuran paket dan berat masuk ke dalam harga antar. Bilanglah 30 ribu untuk 12km di Gojek dan Grab. Udah mantap itu beda 6 ribu. Hitung 6 ribu untuk pengembalian paket.

  • 11 April 2024 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Maaf bang, saya jg driver shopeefood wilayah jabodetabek.
    Bbrp kali jg terpaksa harus retur baik itu food, instant maupun sameday dan memang kita cuma dapat 1 ongkir aja setelah barang diterima balik oleh penjual.
    Kalo dibilang rugi ya memang rugi tapi memang sudah seperti itu ketentuannya baik shopee, gojek, grab, dll.

    • 12 April 2024 - (08:32 WIB)
      Permalink

      Gini bang. Shopee food argonya tidak manusiawi. Kalau Gojek dan Food untuk Express argo 12km udah harga bersih ke driver sangat besar bisa sekitar 37ribu/34ribu. Nah itu harga besar sudah masuk biaya pengembalian barang.

      Nah kalau shopee food, Malahan lebih tidak manusiawi bang.

      • 12 April 2024 - (08:33 WIB)
        Permalink

        Ralat: Kalau untuk Gojek dan Grab*

        Kalau Gojek dan Grab untuk Express argo 12km udah harga bersih ke driver sangat besar bisa sekitar 37ribu/34ribu. Nah itu harga besar sudah masuk biaya pengembalian barang.

        Nah kalau shopee food, Malahan lebih tidak manusiawi bang.

  • 15 April 2024 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Bang keluhan elo kagak akan didengar mereka. Sia2.
    Pilihannya terima atau berhenti, udah itu aja peraturan perusahaan kompeni gak ada nego2an, terima atau berhenti, pilih aja sendiri yg mana.

    1
    1

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Ongkos Pengembalian Barang Shopee Xpress Instant Dibebankan kepada Dri…

oleh Jack dibaca dalam: 1 menit
12