Kecewa dengan Sistem Penutupan Polis Asuransi BNI Life yang Berbelit-belit

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah menjembatani saya dalam menyampaikan keluh kesah dan permasalahan kami.

Perkenalkan, nama saya Arsita Mayasari. Pada bulan September 2021, saya dan suami ikut asuransi BNI Life untuk KPR. Polis atas nama suami (Misbakhul Adim), dengan nomor polis: 9210193555 dan nomor handphone terdaftar: 0856070***44. Dana asuransi di-autodebit dari rekening KPR setiap tahun pada bulan September.

Tahun 2023 kami merasa keberatan, tidak sanggup bayar dan ingin menutup polis asuransi. Kebetulan handphone dan nomor yang terdaftar tersebut hilang. Selama ini kami hanya pakai 1 handphone (nomor saya) dan saya yang pegang.

Pada tanggal 19 Juni 2023, saya melakukan penutupan polis melalui agen BNI Life Jombang via WhatsApp, dan menyertakan foto KTP serta foto buku tabungan asli. Tanggal 19 Juli 2023, agen BNI Life yang bersangkutan sudah konfirmasi bahwa penutupan polis asuransi suami sudah disetujui dan penutupan sudah berhasil. Namun saat saya minta bukti penutupan polis, katanya tidak ada.

Namun kemudian pada tanggal 9 Oktober 2023, rekening suami tetap didebit 300 ribu rupiah. Saya baru tahu pada tanggal 8 November 2023, saat cek mutasi. Kami keberatan, karena pada bulan Juli 2023 sudah konfirmasi masalah penutupan polis. Kami keberatan, karena uang tersebut untuk setoran KPR kami yang di-autodebit secara sistem dari rekening KPR.

Tanggal 1 Februari 2024, saya datang ke kantor BNI cabang Sidoarjo, untuk menutup polis, dengan membawa buku polis asli, fotokopi KTP suami dan mengisi formulir penutupan. Saya menceritakan kronologinya, tapi katanya harus mencantumkan nomor handphone suami. Sementara posisi saya dan suami hanya mampu 1 handphone. Kami akhirnya mendaftarkan penutupan polis beserta dokumen pendukung dan juga menyerahkan formulir pengkinian data yang sudah kami isi lengkap.

Tanggal 13 Februari 2024, kami diminta mengirim form specimen. Kami sudah sering bertanya pada agen BNI Life cabang Sidoarjo tempat kami menutup polis perihal update data kami. Namun sampai saat surat ini dibuat, belum ada tanggapan dari pihak BNI Life terkait urusan kami.

Mohon pengertiannya dan jangan dipersulit. Mohon untuk tanggapannya, Terima kasih.

Arsita Mayasari
Mojokerto, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa dengan Sistem Penutupan Polis Asuransi BNI Life yang Berbelit-belit”

Yth. Ibu. Arsita Mayasari, Sehubungan dengan pemberitaan Ibu di mediakonsumen.com pada tanggal 19 April 2024, dapat kami sampaikan bahwa BNI...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Kecewa dengan Sistem Penutupan Polis Asuransi BNI Life yang Berbelit-belit

  • 19 April 2024 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Wktu bikin polis, asuransi cukup terima kata “ya” dr calon nasabah kemudian bs seenkanya ambil dana dr rekening nasabah. Ketika penutupan kudu dokumen macem2 trs isi formulir segala wkwkw

    Entah siapa pejabat yg buat sistim begini jd legal wkwkwk

    • 19 April 2024 - (23:38 WIB)
      Permalink

      Iya saya juga heran kenapa pemerintah mengijinkan asuransi jiwa yang menjual produknya dengan metode personal selling.
      Cara personal itu membuka peluang besar untuk memanfaatkan kelemahan, kekurangjelian, ketidakcermatan calon nasabah atau konsumen. Misalnya, Disclaimer bahwa Bank BNI tidak bertanggung jawab atas BNI life serta BNI Life tidak masuk LPS sengaja ditulis/dicetak kecil. Padahal space kertas ilustrasi nya masih luas. Jelas ada maksud agar tidak terbaca.
      Kata ‘ASURANSI” itu juga mengecoh.

      Apakah pemerintah/Adakah pejabat yang diuntungkan dengan cara² atau sistem yang ribet dan banyak syarat serta perilaku agen pemasar asuransi yang maksa² ??

      Saya sudah ajukan penutupan asuransi BNI steady life. Di kantor sudah difoto (sambil pegang KTP), masih nunggu telpon dari pusat, katanya untuk konfirmasi. Saya curiga bisa jadi gak cuma konfirmasi tapi juga akan dipengaruhi atau dirayu. Intinya untuk ngulur waktu.
      Kecurigaan saya muncul karena awalnya dulu agen pemasar nya maksa² (setelah check standar praktik dan kode etik tenaga penawar asuransi jiwa dari AAJI 2012, ternyata berbeda jauh)

  • 19 April 2024 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Saran buat TS….Klo gitu nagih sama Bu N.. saja yang ngabarin via WhatsApp kalau pengajuan penutupan polisnya sdh di ACC, klo sdh ACC harusnya sdh tidak tertagih lagi preminya…

  • 19 April 2024 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Wah ndak bener itu org BNI Life, biasanya ada selembar kertas yg menyatakan bahwa polis ditutup. Gak bener ini

  • 19 April 2024 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Yth Ibu Arsita Mayasari,

    Dapat kami sampaikan bahwa BNI Life telah menghubungi Bapak Misbakhul Adim selaku Pemegang Polis 9210193555 pada tanggal 19 April 2024 ke nomor yang terdaftar akan tetapi belum tersambung.

    Untuk penanganan keluhan, kami harapkan Ibu dapat menginformasikan nomor telepon yang dapat dihubungi dan alamat email dari Bapak Misbakhul Adim pada saluran komunikasi resmi BNI Life melalui Contact Center 1-500-045 atau email care@bni-life.co.id untuk kami tindaklanjuti.

    Kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada para nasabah dengan segala kemudahannya.

    Terima kasih

    PT BNI Life Insurance

    • 22 April 2024 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Sudah kami informasikan melalui email. Kami informasikan nomor telepon yang dapat dihubungi. Karena nomor yang lama sudah tidak aktif, handphone hilang. Tolong dibantu, terimakasih

  • 22 April 2024 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Terimakasih banyak untuk semua teman-teman yang sudah berkomentar, untuk saat ini 22 April 2024 saya sedang berkomunikasi dengan humas BNI Life (email care@bni-life.co.id). Semoga segera terselesaikan. Akan saya update disini jika masalah sudah terselesaikan. Terima kasih pihak BNI yang mau berkoordinasi.

  • 29 April 2024 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Setelah beberapa kali telfon dan juga surat menyurat melalui email, akhirnya pagi ini tanggal 29 april 2024. Pihak BNI Life menelpon saya dan mengkonfirmasi bahwa penutupan polis asuransi suami sudah berhasil. Namun untuk saat ini tetap saya tunggu pernyataan penutupan polis secara tertulis yang akan dikirim email dan dikirim ke rumah (hal ini sudah disampaikan oleh pihak BNI Life pada saat telfon dan janji nya akan dikirim max 2 hari kedepan).
    Saya ucapkan terima kasih banyak pada media konsumen yang sangat membantu, teman-teman online yang bersedia komentar, dan juga pihak BNI Life yang dengan cepat menanggapi keluhan kami. Kedepannya semoga bisa lebih baik lagi. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Sistem Penutupan Polis Asuransi BNI Life yang Berbelit-b…

oleh Arsita dibaca dalam: 1 menit
11