Layanan AnterAja Next Day tapi Berasa Ekonomi dan Tokopedia Tidak Bertanggung Jawab

Saya melakukan pemesanan tanggal 7 Juni. Sebelumnya saya sudah chat dengan seller bahwa barang ready dan bisa dikirim hari yang sama. Saya menggunakan layanan Next Day AnterAja yang direkomendasikan oleh Tokopedia (jadi di sini posisi saya langsung menggunakan layanan Next Day dan Tokopedia langsung memilihkan kurir AnterAja).

Harapan saya, check out tanggal 7 maka tanggal 8 sudah sampai karena barang itu merupakan penunjang kerja saya. Ketika barang itu terlambat, sudah pasti reputasi saya jelek. Itulah mengapa saya menggunakan Next Day.

INV/20240607/MPL/3953258455 // 11000117507584

Saya cek pagi hari tracking tanggal 8, ternyata paket gagal pick up. Saya DM seller dan seller bilang kalau paketnya sudah dipick up tanggal 7 kemarin. Saya minta bukti pick up, tetapi tidak dikasih. Setelah itu, saya minta agar pesanan tersebut dibatalkan saja karena trackingnya saja gagal pick up, barang tidak siap.

Lalu saya minta bantuan CS Tokopedia untuk pembatalan tersebut, namun CS meminta saya untuk berdiskusi dengan seller.

Akhirnya saya minta seller untuk drop paketnya ke AnterAja. Intinya, pagi-pagi harus sudah di-kurir. Kalau siang masih belum didrop atau diambil kurir, saya minta pembatalan saja. Namun ternyata paket baru dikurir pada sore hari.

Ternyata tanggal 9 Juni, hari Minggu, AnterAja tidak beroperasional! Sedangkan jika saya cek pada aplikasi, estimasi tiba itu 8 – 9 Juni.

Untuk apa ada layanan Next Day kalau hari Minggu tidak ada pengiriman? Saya sebagai konsumen amat sangat dirugikan. Saya membayar ongkir lebih mahal, tapi layanan yang diberikan sama seperti ekonomi. Tokopedia tidak memberikan informasi pada halaman checkout jika AnterAja Next Day hari Minggu tidak beroperasional.

Contoh terlampir pada halaman checkout hanya ada estimasi tiba saja.

Akhirnya paket ini sampai pada hari Senin, tanggal 10 Juni, di pagi hari. Karena saya sedang berada di tempat bekerja, saya sampai meminta istri untuk ambil paketnya dan dikirim menggunakan Gojek.

Bayangkan berapa kerugian yang saya alami! Reputasi saya jadi jelek di mata klien saya, ongkos kirim yang saya keluarkan untuk layanan Next Day tapi malah dapat service ekonomi, dan saya harus mengeluarkan uang tambahan untuk mengantarkan paket ke tempat saya bekerja.

Mana tanggung jawab Tokopedia sebagai tempat saya berbelanja? Apa kompensasi yang bisa saya dapatkan atas kerugian yang telah saya alami?

Delly
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Layanan AnterAja Next Day tapi Berasa Ekonomi dan Tokopedia Tidak Bertanggung Jawab

  • 14 Juni 2024 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Sayangnya pengiriman Next Day sudah tidak ada bisa yang diandalkan. Apalagi kalau ke luar kota. Malah kebalik, Kurir Rekomendasi yang Bebas Ongkir sering datang hari berikutnya, kurang dari 24 jam. Kelihatan digencot oleh Tokopedia karena Kurir Rekomendasi sering dihujat di online. Ini perspektif dari penjual.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Layanan AnterAja Next Day tapi Berasa Ekonomi dan Tokopedia Tidak Bert…

oleh Delly dibaca dalam: 1 menit
1