[Review] Traveloka, Pengalaman Menggunakan Biro Perjalanan dalam Genggaman

Berkembangnya pengguna internet yang disertai dengan semakin baiknya jaringan internet di Indonesia, telah membawa dampak yang signifikan bagi kemudahan dalam merencanakan sebuah perjalanan. Dulu saat internet belum bisa dijangkau semua orang, cara termudah dalam melakukan perencanaan perjalanan adalah dengan menggunakan jasa biro perjalanan. Saat itu, merencanakan perjalanan tanpa dibantu biro perjalanan boleh dibilang adalah sesuatu yang sangat merepotkan.

Saat internet sudah semakin memasyarakat di Indonesia dalam 10 tahun terakhir, beberapa hotel dan maskapai penerbangan mulai menyediakan fasilitas pemesanan secara on-line. Sebagai konsumen, saya menjadi lebih mudah dalam melakukan pemesanan secara mandiri. Jumlah maskapai penerbangan dan hotel yang terus bertumbuh dan menyediakan fasilitas pemesanan secara online membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Semakin banyak pilihan, membuat konsumen diuntungkan, tetapi di sisi lain cukup merepotkan karena harus memeriksa situs hotel atau penerbangan satu per satu untuk mendapatkan harga terbaik.

Kesempatan ini yang kemudian ditangkap dengan baik oleh beberapa situs yang melakukan pencarian pemesanan kamar hotel atau tiket pesawat ke beberapa penyedia jasa secara sekaligus (meta-search), dan sekaligus memfasilitasi pemesanan dan pembayaran untuk produk dari penyedia jasa yang kita pilih. Salah satu penyedia jasa semacam ini yang banyak digunakan adalah Traveloka.com.

Berikut adalah pengalaman saya pribadi menggunakan Traveloka dalam melakukan pemesanan tiket pesawat / hotel:

1. Pencarian dan Pemesanan

Dengan menggunakan aplikasi Traveloka yang bisa diunduh gratis melalui Apple App Store atau Google Play Store, melakukan pencarian tiket pesawat bisa dilakukan dalam beberapa langkah mudah. Pilihan penerbangan yang tersedia cukup beragam, mulai dari maskapai Low Cost Carrier (LCC) atau penerbangan dengan biaya rendah, sampai dengan penerbangan yang Full Service.

Tiket pesawat:
Saya cukup memasukkan informasi bandara keberangkatan, bandara tujuan, tanggal, jumlah kursi, dan pilihan apakah 1 kali jalan atau tiket bolak-balik. Setelah memasukkan semua informasi, aplikasi Traveloka melakukan pencarian, kurang dari 5 menit biasanya hasil pencarian sudah tersedia untuk dipilih. Saya bisa melakukan sortir berdasarkan harga terendah, waktu keberangkatan, waktu kedatangan, atau durasi perjalanan. Selain itu, saya juga bisa melakukan filter terhadap hasil pencarian dengan parameter antara lain: dengan atau tanpa transit, waktu keberangkatan/kedatangan atau maskapai.

Berikut adalah screenshot saat saya melakukan pemesanan tiket pesawat untuk perjalanan dari Bandung ke Makassar

Proses pencarian
Proses pencarian
hasil pencarian traveloka
Hasil Pencarian Traveloka
Pengisian data detail penumpang
Pengisian data detail penumpang
proses konfirmasi pesanan traveloka
Proses konfirmasi pesanan Traveloka
pesanan terkonfirmasi
Pesanan terkonfirmasi

 

Hotel:
Untuk mencari hotel di kota tujuan saya cukup mengetikkan nama kota tujuan, memasukkan tanggal check-in dan jumlah malam, maka aplikasi Traveloka menampilkan hasil pencarian kurang dari satu menit. Saya bisa menggulung layar ke bawah untuk mencari hotel yang saya inginkan. Hasil pencarian bisa diurutkan berdasarkan popularitas atau berdasarkan harga. Sedangkan filter bisa berdasarkan bintang hotel atau range harga. Pilihan hotel dan kamar yang tersedia cukup beragam, mulai dari hotel kelas melati sampai hotel berbintang.

pemesanan hotel via traveloka
Pemesanan hotel via Traveloka

Fasilitas sortir dan filter ini sangat berguna dalam menyederhanakan hasil pencarian untuk membuat pilihan keputusan yang lebih fokus sesuai keinginan saya sebagai konsumen.

Setelah saya puas dengan hasil pencarian, langkah berikutnya adalah mengisi data tamu hotel. Karena saya sudah login dalam aplikasi tersebut, maka kita tidak perlu lagi mengisi data pemesan (nama/email dan nomor HP). Namun jika saya menggunakan aplikasi di gawai yang lain, saya tetap bisa melakukan pesanan tanpa login, selama alamat email untuk konfirmasi diisi sama, data pemesanan tersebut akan muncul di aplikasi Traveloka dimana saya melakukan login. Setelah semua data diisi, langkah berikutnya adalah mengonfirmasi pemesanan dan memilih metode pembayaran.

2. Pembayaran

Setelah pemesanan dikonfirmasi oleh Traveloka dan diberikan kode pemesanan, saya bisa memilih metode pembayaran melalui: transfer (m-banking/i-banking), kartu kredit Visa, Klikpay dari Bank Mandiri, CIMB atau BCA atau melalui payment point Indomaret. Jumlah pembayaran diberikan angka unik oleh sistem, biasanya berupa pemotongan dengan istilah yang mereka sebut convenience fee.

pembayaran pesanan traveloka
Pembayaran pesanan Traveloka

Setelah melakukan pembayaran, saya klik tombol konfirmasi pembayaran dan kurang dari 10 menit pembayaran kita sudah terkonfirmasi oleh Traveloka.

Sayangnya, kemudahan pembayaran melalui metode transfer tidak bisa dilakukan setelah jam tertentu di malam hari. Maka saat saya malas memasukkan data kartu kredit, meski tengah malam saya harus mau beranjak keluar rumah mencari ATM / Indomaret. Bagi saya, hal ini cukup mengganggu dan mengurangi nilai dalam hal kemudahan pembayaran secara signifikan.

3. Konfirmasi

Setelah pembayaran dikonfirmasi oleh Traveloka, saya menerima notifikasi melalui email dan SMS beserta dengan kode bookingnya. Untuk penerbangan konfirmasi berupa nomor kode dari maskapai (PNR code).

konfirmasi traveloka via sms
Konfirmasi Traveloka via SMS

4. Harga

Harga di Traveloka cukup bersaing, bahkan bisa lebih murah daripada jika kita melakukan pemesanan langsung ke penyedia jasa (maskapai penerbangan/hotel), meski tidak signifikan. Tampaknya selain negosiasi maksimal dengan penyedia jasa, Traveloka juga bersedia mengurangi jumlah komisinya dan memberikan kepada konsumennya dalam bentuk harga yang lebih murah.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Traveloka

Traveloka
7.2
Nilai Total

Pilihan Penerbangan & Hotel

8/10

    Kemudahan Proses Pemesanan

    9/10

      Kemudahan Pembayaran

      6/10

        Kecepatan Konfirmasi

        9/10

          Harga

          6/10

            Kelebihan

            • Pilihan penerbangan dan hotel cukup beragam
            • Proses pemesanan mudah dan sederhana
            • Tersedia beberapa pilihan pembayaran
            • Kecepatan konfirmasi
            • Histori pemesanan tercatat dengan email yang sama

            Kekurangan

            • Pembayaran melalui transfer tidak tersedia malam hari

            Kesimpulan

            Secara umum, pengalaman memesan tiket pesawat dan hotel melalui Traveloka merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan. Semoga di masa mendatang pilihan pembayaran melalui transfer tersedia setiap saat.

            Bagikan pendapat anda!



            Bagaimana Reaksi Anda?
            • Suka
            • Senang
            • Sedih
            • Marah
            • Lucu
            • Kecewa

            Ulasan dan penilaian mengenai Traveloka di atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya dan bukan merupakan iklan (advertorial). Punya pendapat tentang Traveloka? Berikan ulasan dan penilaian berdasarkan pengalaman anda melalui form komentar di bawah ini.

            Tentang Penulis
            Dadang Syahid  

            Seorang konsumen dan peminat masalah konsumen. Memiliki harapan pemberdayaan konsumen khususnya dan warga negara Indonesia pada umumnya. Pernah menjadi praktisi pemasaran internasional di perusahaan swasta. Semua artikel dari akun ini adalah pengalaman, opini dan pandangan pribadi.

            4 komentar untuk “[Review] Traveloka, Pengalaman Menggunakan Biro Perjalanan dalam Genggaman

            • 29 November 2015 - (12:52 WIB)

              Pilihan Penerbangan & Hotel

              7

              Kemudahan Proses Pemesanan

              8

              Kemudahan Pembayaran

              7.1

              Kecepatan Konfirmasi

              7.5

              Harga

              7.6

              Salah satu kelebihan Traveloka menurut saya adalah harga yg ditampilkan sudah termasuk semuanya. Aplikasi online booking lain kadang2 menampilkan harga yg belum termasuk pajak, service charge atau surcharge pada saat pencarian.
            • 29 November 2015 - (13:47 WIB)
              Terima kasih info yang sangat berharga untuk memudahkan perencanaan perjalanan. Media Konsumen memang jadi jembatan komunikasi antara penyedia barang/jasa dengan pemakainya.
            • 21 April 2017 - (21:53 WIB)

              Pilihan Penerbangan & Hotel

              8.1

              Kemudahan Proses Pemesanan

              7.1

              Kemudahan Pembayaran

              6.4

              Kecepatan Konfirmasi

              6.8

              Harga

              6

              Sangat membantu
            • 22 September 2017 - (15:09 WIB)

              Pilihan Penerbangan & Hotel

              8.2

              Kemudahan Proses Pemesanan

              8.7

              Kemudahan Pembayaran

              8.8

              Kecepatan Konfirmasi

              8.6

              Harga

              6.7

              Traveloka sangat membantu saya yang “gaptek” tentang reservasi hotel & tiket pesawat.
              Sangat mempermudah saya selaku konsumen.
              Memberdayakan Konsumen,
              Memberdayakan Indonesia

             Apa Komentar Anda?

            Ada 4 komentar sampai saat ini..

            [Review] Traveloka, Pengalaman Menggunakan Biro Perjalanan dalam Gengg…

            Dadang Syahid 3 menit
            4