Kebocoran Data Pribadi Member Accor Plus Mercure Ancol

Saya member Accor Plus No. 30849094-658511**-4 (nomor lengkap ada pada redaksi) selama Oktober 2016 – Oktober 2017. Beberapa keuntungan menjadi member ini antara lain mendapatkan 2 free stay di Accor Hotel, voucher discount serta voucher birthday cake. Tanggal 6 Oktober 2017 saya booking Mercure Convention Centre Ancol untuk 13-14 Oktober 2017 melalui aplikasi Accor, semua berjalan lancar.

Kemudian tanggal 12 Oktober 2017 pukul 9 pagi saya dihubungi oleh seorang wanita dari No Hp 0812898819** yang mengaku staff Mercure Ancol, dia menginformasikan bahwa cake yang saya pesan tidak ada. Saya sampaikan bahwa saya tidak ada pesan cake. Staff tersebut mengkonfirmasi apakah saya ada reservasi di hotel ini untuk 13-14 Oktober? Saya jawab saya memang benar ada reservasi pada tanggal tersebut dan saya tegaskan bahwa saya tidak ada melakukan pemesanan cake. Kemudian staff menginformasikan bahwa birthday cake yang di pesan ini ditujukan untuk Patricia dengan data pemesan an Peggi dan no Hp 0813797803** dengan reservasi 13-14 Oktober, dimana data tersebut adalah benar data saya namun saya sama sekali tidak mengenal Patricia.

Sekitar pukul 9.15 di hari yang sama, saya menghubungi Call Center Accor di No Telp 021-25544200 ext.1 untuk menyampaikan informasi tersebut, namun staff terkait di bagian reservasi sehingga saya harus menghubungi Member Service di ext yang berbeda. Pukul 9.20 saya menghubungi kembali no Call Center Accor di ext 2 ke bagian Member Service kemudian menyampaikan informasi tersebut dan menanyakan kenapa bisa ada orang lain yang mengetahui data-data saya? Namun sangat sayang sekali staff tersebut hanya menjawab tidak tahu dan bahkan keras dengan mengatakan “bagaimana kami bisa tahu? Sampai akhirnya saya ngotot tapi staff tersebut malah meminta saya untuk menanyakan hal itu ke pihak hotel. Saya sampaikan kembali kepada staff tersebut, bahwa bahkan pihak hotel sendiri yang menanyakan kepada saya karena mereka tidak tau siapa yang mengaku saya tersebut. Saya minta untuk bicara ke atasan staff tersebut tapi dia tidak mau, kemudian saya diminta No Member lalu telpon saya di-hold tanpa diinformasikan apapun sampai telepon mati otomatis.

Pukul 9.32 saya menelpon kembali ke Call Center Accor berbicara dengan Member Service yang lain dan diinformasikan bahwa staff yang tadi handle saya sedang menghubungi pihak hotel, setelah itu saya disambungkan dengan staff tersebut. Staff itu menyampaikan bahwa pihak hotel tidak tahu siapa yang menghubungi namun benar jika ada orang yang telepon untuk pesan cake a.n. saya dan no hp saya. Jika saya ada pertanyaan maka saya harus menghubungi hotel dan berbicara dengan staff bernama Bunga di bagian lounge. Namun saya tidak mau, saya mau berbicara dengan atasannya untuk kejelasan kebocoran ini dan saya minta mereka untuk menghubungi saya hari ini juga tapi Staff itu hanya diam.

Pukul 12.09 saya menerima telepon dari no call center Accor, saya kira ini adalah follow up atas keluhan saya sebelumnya tapi ternyata yang menghubungi saya adalah Marketing yang mewarakan saya untuk memperpanjang member. Saya sampaikan bahwa saya tetap dengan keputusan saya seperti waktu itu untuk tidak perpanjang member dan saya menceritakan permasalahan yang sedang terjadi lalu saya minta bantuan Marketing itu permasalahan ini. Namun sama dengan Member Service, Marketing ini pun mengatakan tidak tahu dan menjanjikan akan memberikan alamat email yang bisa saya gunakan untuk menyampaikan keluhan tapi dia sama sekali tidak pernah memberikannya.

Sampai dengan pukul setengah 4 sore belum ada informasi akhirnya pukul 15.38 saya menghubungi kembali Call Center Accor dan berbicara dengan Shinta – Member Service, namun staff itu hanya mengatakan masih menunggu informasi dari pihak hotel. Kembali saya minta untuk berbicara dengan atasannya atau dia mencari informasi ke bagian lain yang mungkin lebih mengerti mengenai kebocoran system / data / dll, namun staff itu tidak mau dengan alasan sesuai prosedur yaitu hanya bertanya dengan pihak hotel. Lalu karena saya ngotot maka saya diminta untuk tidak menutup telepon karena saat itu juga dia akan menghubungi pihak hotel kembali, setelah selesai menghubungi pihak hotel tetap saja tidak ada kejelasan dan saya diminta menunggu sampai pukul 5 sore namun jika belum selesai pukul 5 maka pihak hotel akan tetap mencari info sampai pukul 11 malam atau besok pagi.

Akhirnya semua tanpa kejelasan dan tanpa solusi. Saya sangat merasa menyesal menjadi Member Accor Plus dan membuat reservasi di Hotel Mercure Ancol.

Saya sangat terganggu dan khawatir karena ada orang lain yang tau bahkan menggunakan nama, no Hp dan reservasi saya di hotel tersebut, padahal reservasi saya lakukan melalui aplikasi resmi milik Accor. Yang saya harapkan adalah JAMINAN dari pihak Accor atau Hotel Mercure Ancol bahwa tidak akan pernah ada yang menggunakan data saya tersebut untuk hal apapun tanpa sepengetahuan dan seizin saya.

Terima kasih.

Peggi Lestari
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Accor Plus:
 [Penilaian Rata-rata: 1.4]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Accor Plus?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kebocoran Data Pribadi Member Accor Plus Mercure Ancol

Peggi Lestari 3 menit
0