Proses Refund di Akulaku

Saya melakukan transaksi pada tanggal 01/12/2017  untuk pembayaran Multi Finance PT Wahana Ottomitra Multiartha. Pembayaran saya lakukan dari internet banking Klik BCA dengan nominal DP Rp 624.000. Nomor pemesanan: 15120095896169334972, waktu pemesanan: 01/12/2017 12:38, waktu pembatalan: 01/12/2017 12:46. Nomor referensi: FB2B13BO-F5AA-A04F-B0DE-F62EBADD476A.

Status dibatalkan dari sistem tetapi saat saya cek rekening saldo saya berkurang sesuai nominal DP tersebut. Saya lakukan konfirmasi dengan customer service (CS) Akulaku atas nama Nabila dan saya diinformasikan untuk proses refund hanya dilakukan dari aplikasi Akulaku sedangkan tampilan menu refund dalam aplikasi tidak ada.

Saya coba telepon lagi dengan CS atas nama Mala diinfokan sama seperti sebelumnya. Saya coba tanya alamat kantor yang valid karena saya mau pengaduan langsung jawaban CS; “Untuk perihal alamat tidak bisa diinformasikan.” Saya coba kirim email 2 kali tidak ada respon.

Sudah menjadi hak konsumen ketika tidak dapat solusi jalan keluar dari CS maka pengaduan bisa langsung datang ke kantor. Kenapa terkesan disembunyikan dan saya lihat beberapa keluhan dari artikel terkesan Akulaku tidak kooperatif dengan pelanggan. Dan semua nomor telepon yang ada di semua artikel tidak ada yang diangkat.

Saya hanya ingin bertanya dimana tanggung jawab dari Akulaku? Besar harapan saya melalui surat pembaca di mediakonsumen.com agar bisa menjembatani permasalahan saya dengan Akulaku. Saya hanya ingin DP saya dikembalikan. Apabila tidak ada tanggapan atau konfirmasi terkait surat saya ini maka saya akan perkarakan lebih jauh kepada Akulaku.

Berikut saya lampirkan bukti transaksinya


Terima kasih, semoga bisa jadi bahan pertimbangan untuk kelanjutan keberadaan pihak Akulaku ini.

Abdul Aziz
0838050034**
Ciputat – Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:132    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

20 komentar untuk “Proses Refund di Akulaku

  • 10 Desember 2017 - (09:35 WIB)
    Permalink

    saya juga habis transfer DP sekitar 450rb ke akulaku untuk pembelian xiomi, namun ternyata dibatalkan di apllikasinya dan tidak ada untuk me refunde dana kembali, sudah di informasikan ke semua akun CS nya tidak di respon sama sekali. ini sudah seperti penipuan saya sudah mennunggu 3 hari.

    saran saya kita yang merasa dirugikan tanpa ada itikad baik dari akulaku bisa melaporakannya bersama. bukan masalah nominalnya tapi sebagai badan usaha seperti ini tentunya pelayannya sangat buruk dan ternyata banyak juga kasusnya bukan 1 atau 2 saja

    Terimakasih

    • 1 Juni 2018 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Akhirnya gimana gan uang d nya balik lagi apa hangus apa barang yg d psen sudah ada apa gimana huhu

    • 29 Mei 2019 - (12:52 WIB)
      Permalink

      coba kalo kita yg telat seperti itu, pasti semua kontak ditelpon dengan cacian. yuk buat petisi untuk bubarkan akulaku!

  • 1 Juni 2018 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Ihh sama aku tadi bayar DP udah masuk rekening akulaku tiba tiba 3menit kemudian ada status d batalkan tp DP udah masuk. aku udah email nunggu balasan semogaaa ada jalan terbaik huhuhuhu

  • 7 Juni 2018 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Ini kelanjutannya gimana ya? Uang refund kembaliin atau engga? Prosesnya berapa lama? Soalnya saya juga sama kejadiannya. Ada yg bisa jawab?

  • 5 Juli 2018 - (07:42 WIB)
    Permalink

    saya juga bru mengalaminya gan, saya beli tiket pesawat di akulaku sudah saya tranfer 2juta lebih tiba2 status langsg di batalkan, memang ada tulisan refund dan sudah saya lakukan refund tapi sampe skrg blm ada kejelasan kapan uang itu akan dii kembalikan. semoga pihak akulaku ada itikat baik dengan permaslahn ini

  • 5 Juli 2018 - (10:23 WIB)
    Permalink

    sama banget aku ngambi magic com dan setrika DP 250 rbu, udah di tf via ind*m*r*t eh tiba2 dibatalkan sepihak, nelp CS jawabannya tidak memuaskan dan baru ada kata2 refund sekitar 3 bulan berlalu dan di tf kembali uang saya 1 bulan kemudian. giliran tagihan telat sehari ditelp kemana2

  • 15 September 2018 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Sama persis seperti yang saya alami sekarang. saya sudsh mentransfer dp senilai 404 ribu tp dibatalkan secara sepihak oleh akulaku .mereka beralasan dibatalkan oleh sistem .tlp ke cs harus menunggu 3 sampai 10 hari lamanya tp saat saya ingin isi nomor rek tidak ada menu untuk refund …lalu bagaimana kelanjutanya ..saya sangat kecewa padahal selama ini saya tidak pernah ada tunggakan apa2 di akulaku .

  • 19 November 2018 - (18:39 WIB)
    Permalink

    saya juga baru memgalami pembelian sesuatu yang telah dibayar lewat mobile banking, tetapi tiba2 dibatalkan oleh pihak akulaku. katanya si di refund tp gak ada tuh..

  • 22 Mei 2019 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga udah DP, lalu udah muncul sedang di refund, tapi di suruh menunggu 14 hari kerja. Saya takutnya udah nunggu tapi ga kembali uangnya.

  • 6 Juni 2019 - (08:58 WIB)
    Permalink

    kejadian yang sama membuat saya ke situs ini,
    setelah saya gali informasi ke cs akulaku
    proses refund tidak bisa dilakukan di aplikasi untuk versi saat ini, versi refund otomatis akan hadir di versi yang akan datang.

    step untuk permohonan dana refund ke bank:
    email dengan format :

    Subjek : [nama lengkap] [no hp yg terdaftar di akulaku]

    isi email :
    data bank
    Nama bank
    No bank
    Nama pemilik bank
    kirim ke cs.refund@akulaku.com

  • 20 Juli 2019 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal serupa, mohon informasinya kelanjutannya apakah ada solusi masalah seperti ini?

  • 27 Oktober 2019 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Saya 3jt100 beli leptop, leptopnya gabisa dipake,,, barang sudah dikembalikan,,, dana belum kembali,,, buat laporan sudah sampe 6kali pihak cs yang buat,,, mending jangan pada bayar tagihan… Biarin aja sampe datang ke rumah… Nanti kita lanjut sama polisi… Biar tau rasa…

  • 2 November 2020 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Kejadian sm seperti saya, udah dp 736rb setelah bbrp menit dibatalkan otomatis dan keterangannya di refund ke rekening saya, tp sampai sekarang uang tsb blm masuk ke rekening saya. Sy jg baru tahu ternyata banyak jg yg kejadiannya sm seperti saya. Sungguh mengecewakan

  • 26 Desember 2020 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga udah masuk dp 400 ribu tv led pesan tanggal 13 desember 2020 sampe sekarang belum ada respon mana tagihan sudah mendekati gimana solusinya ya….

  • 23 Januari 2021 - (11:55 WIB)
    Permalink

    saya mengeluhkan membeli hp senilai 2.299.000 di shopee, pembayaran dengan akulaku, saya disuruh bayar dp 593.000 untuk bayar DP dan uang dari rekening saya sudah terpotong.

    namun setelah saya buka di shopee pesanan saya dibtalkan oleh sistem dan saya cek di akulaku nya pembayaran berhasil namun statusnya di REfund,,

    maksutnya itu bagaimana , setelah saya Cek saldo saya belum kembali ke rekening saya.

    saya chat email gak ada jawabn saya chat WA malah kyak orang bego ngomong sama sistem..

    mohon bisa dibantu dari pihak akulaku atau shopee terkait kendala ini..
    saya sangat sedih sekali

  • 2 Maret 2021 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Saya baru melakukan pembelian barang di akulaku dengan sistem kredit limit.. tapi dri seler minta penambahan biaya pengiriman setelah saya chat utk membatalan barang.. dengan cepat barang saya dikirim dan tidak bisa di batalkan… Mohon solusinya utk pengembalian dananya..

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Proses Refund di Akulaku

oleh abdul aziz dibaca dalam: 1 min
20