Niat Berinvestasi di BCA, Ternyata Asuransi AIA

Saya mau ikut investasi di BCA, karena BCA adalah bank yang dapat dipercaya. Tetapi setelah saya bayar, ternyata sebenarnya itu adalah Asuransi AIA. Setelah saya tanya ke Bank BCA, ternyata Bank BCA lepas tangan karena Bank BCA hanya menyewakan counter di dalam Bank BCA. Padahal sebenarnya Bank BCA kerjasama dalam hal ini, karena Bank BCA mendebetkan uang dari rekening saya ke Asuransi AIA.

Saya bingung, kalau saya berhenti nanti itu buat alasan uang saya tidak bisa kembali. Tetapi jika saya teruskan akan semakin banyak saya “tertipu” karena saya ikut yang 7 tahun, dan ini sudah tahun ke-5. Apakah ada solusi buat saya? Adakah yang mengalami nasib seperti saya? Tindakan apa yang sebaiknya kita lakukan ya?

Terima kasih.

Sesilia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Asuransi AIA:
[Penilaian Rata-rata: 3.1]
Tanggapan AIA atas Surat Pembaca Ibu Sesilia

Sehubungan dengan masukan Ibu Sesilia, yang ditayangkan di Mediakonsumen.com dengan judul “Niat Berinvestasi di BCA, Ternyata Asuransi AIA”, bersama ini...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Niat Berinvestasi di BCA, Ternyata Asuransi AIA

  • 5 Februari 2018 - (09:02 WIB)
    Waktu pertama kali ikut, gak dijelaskan kalo itu asuransi yah Mbak? Bukannya harus tanda tangan polis dsb? 🤔
    • 7 Februari 2018 - (17:01 WIB)
      gak di jelaskan bahwa itu asuransi hanya bilang ini tabungan investasi tapi klo saya meninggal akan di berikan uang lagi kalau dijelaskan dari awal itu asuransi mah gak bakalan ikut ,hari ini saya di telp pihak AIA baru di jelaskan semuanya ,sekarang sih udah tau mau gmana lagi mau setop uang gak bisa diambil tetapi klo diteruskan uangnya jadi sedikit bingung gak mau tetapi sudah terlanjur nau gmana lagi dr pada uang hilang semua
  • 6 Februari 2018 - (13:26 WIB)
    Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
    Bank BCA suadah baca ini atau belum yah? Miris baca artikelnya, konsumen sdh kebank bca nya tapi bca “lepas tangan” ????
    Ehmmmmm…. saya rasa ini adalah muslihat dari sales AIA Bank BCAnya.

    #viral

  • 7 Februari 2018 - (17:07 WIB)
    iya gak di jelaskan secara detail supaya orang mau ikut karena di sangkanya investasi di bank BCA saya selama ini bingung ingin komplai ke mana sekarang ada media konsumen jd saya bisa komplain dan hari ini saya ditelp pihak AIA dan dijelaskan semuanya dan saya menayakan uang saya hanya ada 60 % nya saja dari yg saya setorkan mau gmana lagi harus tetap saya selesaikan klo tidak uang tidak bisa diambil sebelum 7 th tetapi setidaknya pihak AIA menanggapi keluhan saya karena adanya Media konsumen trima kasih
  • 7 Februari 2018 - (17:41 WIB)
    mantapppp yah media konsumen, alhamdulillah mba sesilia ada jln solusinya,… saya aja selalu ngeluh disini ditanggapi oleh pelaku usahanya. top deh pokoknya mediakonsumen.
    • 7 Februari 2018 - (18:16 WIB)
      jalan solusi sih gk ada tinggal ikutin prosedur aja sampai selesai biar uang bisa diambil padahal nabung buat masa tua apalagi sekarang sudah gak kerja sejak kecelakaan
      trima kasih atas perhatiannya
  • 26 Maret 2018 - (19:58 WIB)
    selamat malam mba sesilia ,saya tertarik utk diskusi dgn maba sesilia terkait hubungan BCA dgn AIA ,1.asuransi adalah investasi +kesehatan+proteksi jiwa ,dimana sistem nabungnya berbeda dgn deposit dll pada umumnya , kalo saya jelasin mungkin akan panjang sekali,
    btw saya tertarik dgn tulisan mba yg bilang sudah gak kerja karna kecelakaan, mba sesilia tau gak atau dpt info gak dari staff AIA ,kalo nasabah kecelakaan hingga gak bisa kerja,ada manfaat financial yg akan diterima oleh nasabah? terima kasih 🙂
  • 29 Maret 2018 - (19:07 WIB)
    orang AIA gak kasih info apa apa tentang itu ,tetapi saya pernah dengar harusnya mah udah gak bayar premi lagi ya tetapi ini asuransinya jiwa bisa gak ya ,tq
  • 16 Mei 2018 - (23:11 WIB)
    saya baru saja mengalami di bank bca cabang ahmad yani samarinda, jadi awalmulanya saya mau buka tabungan berjangka, namun teller langsung menawarkan “tabungan berjangka panjang” dengan bunga yg lebih menggiurkan, dan teller selalu menekankan kalau ini adalah tabungan berjangka panjang, bukan unit link or asuransi aia. benar benar teller nya tidak menjelaskan secara rinci malah terkesan menyembunyikan klo itu adalah produk asuransi jiwa. saya baru sadar ketika melakukan pembayaran awal pertama dimana tujuan nya adalaj AIA. seketika itu saya langsung minta dibatalkan dan dikembalikan dana saya. duhh pengalaman aja ya tellernya hebat bgt menutup nutupi klo yg ditaarkan itu asuransi. jadi saya marah marah sampai pimpinan cabangnya turun tangan. saya benar benar merasa tdk nyaman dan seakan akan dijebak, niat baij membuat tabungan berjangka malah ditipu tipu buat buka asuransi…. bzzz
  • 21 Juni 2018 - (22:22 WIB)
    dear cecilia,

    sebetulnya bank BNI pun juga sama melakukannya dan itu terjadi kepada ibu saya, saya memilih jalur hukum supaya ke depannya tidak ada konsumen yang merasa dirugikan dengan adanya asuransi di dalam bank.

  • 13 Juli 2018 - (10:14 WIB)
    pengalaman yang sangat mengecewakan, niat hati mau investasi di BCA buat tabungan anak tapi malah di alihkan ke asuransi AIA,
    awal nya saat ngobrol sama CS nya saya di iming-iming ini dana selama 7 tahun bisa jauh lebih tinggi dari bunga bank reguler, dengan alasan dana akan di investasikan untuk saham dengan resiko yang sangat kecil. karena percaya sama BCA tanpa membaca saya di minta ttd di TAB,
    kemudian dana terpotong 3jt sesuai tanggal perjanjian, selang beberapa hari pihak bank telpon lagi untuk kebenaran data, saat itu saya menyanggah kalo dana yang sudah terpotong untuk asuransi karena saat perjanjian awal ini bukan asuransi,
    berniat untuk membatalkan tapi tidak bisa, karena dana yang bisa di ambil cuman 19.500,
    kaaaaapppooooooook pake produk bank yang kayak gini
  • 15 November 2018 - (10:28 WIB)
    Salam kenal mbak sesilia dan teman2 yang terjebak oleh AIA. saya juga baru menyadari terjebak AIA sekitar tanggal 12 september 2018 lalu ketika menelpon ke customer carenya. Menjebak calon nasabah dengan cara dan modus yang sama persis. Saya buka tabungan berjangka di BCA yang ternyata adalah asuransi AIA sekitar bulan agustus tahun 2015. saya stop saldo di BCA saya supaya tidak terdebet sejak bulan oktober kemarin dan saya sedang mencari masukan dari teman-teman terkait hal ini apakah teman-teman disini banyak yang akhirnya menutup rekening AIAnya atau tetap lanjut. Saya ada rencana untuk melaporkan hal ini ke Pengaduan Konsumen OJK. Terimakasih sharingnya
  • 15 November 2018 - (10:37 WIB)
    Kalau saya akhirnya tutup ambil uangnya yg sudah saya setor dipotong ini potong itu sehingga sisa 40 % yg saya sudah setor 14jtx5 =70 isi form dan dpt uang hanya 41an ditransfer ke rek langsung aetelah brapa hari
  • 15 November 2018 - (14:57 WIB)
    Terimakasih Mbak Sesil, atas sharingnya. Saya sudah tekad bulat juga besok akan menutup rekeningnya dan mengadukan hal ini ke OJK Pengaduan Konsumen sehingga tidak ada lagi masyarakat yang datang ke Bank mencari tabungan rencana/berjangka malah dijerumuskan ke asuransi dengan memanfaatkan keawaman masyarakat dalam berinvestasi
  • 15 November 2018 - (15:10 WIB)
    Sekedar saran saja. Saya dari dahulu mencoba mempelajari dan menemukan bukti bahwa memang perusahaan asuransi ini kebanyakan mengambil kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak dana dari investasi berkedok asuransi atau tabungan.

    Intinya saya sarankan kalo pihak Bank menawarkan produk yang jelas-jelas bukan dijual oleh pihak bank itu sendiri (Dalam artian kerjasama dengan pihak ketiga) saya sarankan untuk tidak mengambil tawaran tersebut. Tabungan yang jelas-jelas terproteksi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hanyalah Tabungan konvensional dan Deposito (Non Berjangka atau Berjangka). Sisanya? Sisanya itu punya resiko sendiri-sendiri dan kita sebagai nasabah yang harus banyak mempelajari resiko-resiko tersebut (Asuransi, Reksadana, Saham, Obligasi, UnitLink dsb).

    Kalau mau saran aja, jangan mudah teriming-imingi janji manis telemarketing atau pihak bank dengan sebuah produk yang dijanjikan memberikan manfaat besar. Asuransi cukup beli asuransi murni saja tanpa perlu ada embel-embel tabungan atau investasi didalamnya

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Niat Berinvestasi di BCA, Ternyata Asuransi AIA

Sesilia Siawhua <1 menit
15