Smart Car, Teknologi Canggih di Mobil Pintar

Oleh Rudi Hartono

Smart technology memang selalu menarik untuk diperbincangkan karena perkembangannya selalu sukses membuat siapapun terpukau. Contohnya seperti telepon yang dahulu hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, kini mulai dapat digunakan lebih hanya dari sekedar berkomunikasi. Hal ini pun terjadi pada mobil. Mobil pintar atau smart car kini dilengkapi dengan banyak teknologi canggih yang pasti akan membuat anda geleng-geleng kepala. Seperti apakah teknologi pintar yang sedang dikembangkan pada mobil pintar?

1. Dapat Berbicara
Fitur ini tersedia pada smart car atau mobil pintar yang dikeluarkan oleh Google dimana mobil pintar tersebut dapat berkomunikasi dengan para pejalan kaki yang ada di sekitarnya. Smart teknologi ini bahkan didesain untuk merasakan kehadiran orang lain di sekitarnya sehingga dapat mengambil langkah selanjutnya yang tepat. Misalnya dengan memberikan peringatan pada pejalan kaki dari speaker yang ada di luar mobil. Terdapat pula fitur emergency brake yang akan membuat mobil berhenti mendadak jika terjadi sesuatu yang melampaui batas. Tujuannya adalah untuk menghindari kecelakaan, terutama dengan para pejalan kaki.

2. Self-Driving Car
Smart car kini dilengkapi pula dengan smart teknologi berupa fitur self driving atau mobil yang dapat menyetir sendiri dan ini merupakan teknologi yang pasti diinginkan dan ditunggu oleh banyak orang. Ada beberapa perusahaan otomotif dan perusahaan teknologi yang selalu berlomba lomba untuk mengembangkan teknologi mobil pintar tersebut. Adanya fitur ini akan membantu fitur yang ada pada sebuah mobil menjadi lebih canggih, lebih aman dan juga tentunya lebih modern dengan segudang teknologi canggih didalamnya.

3. Informasi Lampu Lalu Lintas
Smart car atau mobil pintar biasanya dilengkapi dengan fitur informasi dan identifikasi rambu lalu lintas dan situasi lalu lintas yang dapat memberikan informasi akurat mengenai lalu lintas. Ini artinya, mobil pintar akan mengumpulkan banyak data mengenai situasi jalanan dan kemudian data ini akan dijadikan acuan dalam fungsinya sebagai navigator. Apabila sang pengendara mungkin kehilangan konsentrasi, maka smart teknologi berupa traffic light information ini akan akan memberikan peringatan atau dapat berhenti mendadak jika mobil telah berada tepat di garis lalu lintas.

4. Mendapatkan dan Mencari Lokasi Parkir dengan Otomatis
Smart teknologi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi dari Jerman yakni Bosch. Mereka membuat sebuah infrastruktur intelijen yang akan dibenamkan di lokasi parkir atau tempat parkir dan juga diletakkan pada vehicle control unit yang ada pada sebuah mobil. Teknologi tersebut dibuat untuk mewujudkan adanya sistem parkir secara otomatis. Sistem ini menggunakan basis komunitas. Dilengkapi pula dengan sensor ultrasound yang ditanamkan pada vehicle control unit yang mana sensor ini akan berkomunikasi dengan sistem yang ada pada tempat parkir. Kemudian, smart teknologi akan memungkinkan mobil untuk mendeteksi lokasi di mana tempat parkir kosong tersedia. Sistem yang ada dan digunakan kemudian akan mengukur dengan pasti mengenai jarak yang tersedia yang cukup untuk memarkirkan mobil. Teknologi ini tentu akan sangat membantu terutama bagi mereka yang baru mulai belajar menyetir mobil atau bagi mereka yang tidak mahir dalam memarkirkan mobil.

Teknologi pintar yang diletakkan pada mobil pintar atau yang disebut juga dengan nama smart car memang sangat membantu dan dapat memberikan kenyamanan serta keamanan lebih; bukan hanya untuk pengendara dan penumpang mobil, namun juga untuk orang lain yang ada di sekitar mobil atau pengguna jalan yang lain. Diharapkan teknologi seperti ini dapat terus berkembang dan membawa inovasi yang semakin baik di masa depan.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 4.5]
Tentang Penulis
Rudi Hartono  

Marketing konvensional yang mempelajari perkembangan teknologi informatika & komputer

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Smart Car, Teknologi Canggih di Mobil Pintar

Rudi Hartono 2 menit
0