Rugi Membeli melalui BukaLapak, Barang via Grab Tidak Sampai, Kasus Ditutup Sepihak

Sebelumnya saya mohon maaf kepada pihak BukaLapak karena terpaksa harus melalui jalan surat terbuka atau surat pembaca di media konsumen ini, saya hanya berharap semoga bisa mendapat kejelasan hak saya sebagai konsumen atau jika itu tidak tercapai paling tidak kejadian ini bisa menjadi ibrah atau pertimbangan bagi pembaca lain.

Kronologinya: Saya belanja di media marketplace terkenal yaitu BukaLapak pada tanggal 4 Agustus 2018, 14:34 WIB dengan no transaksi 181032460227 dari pelapak Toko Amanah (di wilayah Jakarta Barat). Barang yang saya beli berupa paket madu nectaflor dan minyak zaitun dengan nominal 122.000 rupiah. Saya gunakan jasa pengiriman Grab Instan dengan biaya antar 38.000 rupiah. Saya gunakan pembayaran 132.000 rupiah melalui bukadompet dan 27.000 rupiah transfer virtual account (pembayaran sudah terverifikasi dengan baik dan cepat).

Pada pukul 15.53 wib penjual memproses dan memesan Grab, seperti biasa system BukaLapak melakukan pencarian driver, tanpa berselang lama pada jam yang sama yaitu pukul 15.53 didapat driver Grab-nya dan dialokasikan, Driver bernama Muhammad Sodiq dengan nomor hp 628389716xxxx (maaf untuk menjaga privasi orang saya hilangkan 4 angka terakhirnya) dengan no resi 533379926807143.

Driver melakukan pick up pada pukul 15.55 WIB, dan status berubah menjadi in_delivery pada pukul 15.58 WIB. Pada pukul 16.07 WIB (dalam waktu 9 menit) status berubah menjadi completed atau selesai (saya mulai merasa gak nyaman tapi masih berprasangka baik. Mungkin hp driver low batt dan dilakukan early complete di hp-nya.

Terdapat juga keanehan di sini yaitu jarak yang lumayan jauh koq bisa ditempuh hanya dalam hitungan 9 menit. Secara logika jika jalanan kosong dan tidak bertemu lampu lalu lintas, paling tidak memerlukan 12 sampai 15 menit dengan kecepatan tinggi untuk sepeda motor apalagi ini Jakarta dan sore hari yang kemungkinan jalan kosong saja nihil.

Saya menunggu dan menunggu hingga pukul 18.54 WIB belum datang dan saya telepon ke no driver gak aktif. Saya telepon lagi pukul 20.00 WIB juga gak aktif. Akhirnya saya coba klarifikasi ke kantor Grab pusat melalui telepon. Laporan saya diterima oleh CS bernama Intan, ketika saya tanya apakah driver tersebut mempunyai no hp lain tapi CS tersebut tidak mau memberikan no driver nya. CS tersebut hanya menerima laporan saya dan berjanji akan di-follow up secara status urgent dan dikabari ke saya secepatnya. Hingga surat ini saya buat tidak ada bantuan apapun dari pihak Grab.

Besoknya saya hubungi lagi melalui Whatsapp no Grab yang tertera pada system BukaLapak tapi ternyata no tersebut dimiliki oleh driver dengan nama lain dan menyatakan tidak tahu menahu.

Akhirnya saya putuskan untuk komplain barang tidak diterima dan berharap bantuan dari pihak BukaLapak, seperti biasa saya hanya mendapat respon kopian dari CS Nuarita BukaBantuan isinya: “kami telah bantu melakukan konfirmasi kepada pelapak. Apabila hingga waktu maksimal 2×24 jam tidak ada konfirmasi dari pelapak, maka transaksi akan kami proses sesuai dengan kebijakan Bukalapak.

Setelah saya tunggu 2 x 24 jam saya dapati komplain saya ditutup sepihak tanpa pemberitahuan dalam bentuk apapun kepada saya dan uang diteruskan ke pelapak.

Saya tidak mengerti keberadaan barang saya di mana? Apa benar telah dikirim oleh pelapak atau dikantongi oleh si driver atau dikirim tapi ke alamat yang salah (sampai-sampai saya sudah verifikasi ke tetangga kanan dan kiri tidak ada yang terima).

Saran untuk BukaLapak :

  1. CS Bukabantuan agar lebih komunikatif dan responsif terhadap keluhan-keluhan, jangan cuma bisanya copy paste tulisan saja kalau ada keluhan.
  2. Mohon semua komplain disampaikan hasil akhirnya kepada semua pihak terkait, jangan ujug-ujug ditutup saja.
  3. Proteksi pembeli / buyer protection diprioritaskan dan coba dicari solusi yang adil untuk semua.

Demikian surat ini saya unggah dengan sebenar-benarnya dan tanpa rekayasa apapun. Semoga apa yang diharapkan dari surat ini tercapai.

Terima kasih,

Rasyid
Jakarta

Terlampir adalah foto-foto screenshoot yang saya punya sebagai bukti atau bahan pertimbangan (mohon maaf jika ada alamat atau no hp yg saya tutup, semata untuk melindungi privasi seseorang).

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Rasyid

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Rugi Membeli melalui BukaLapak, Barang via Grab Tidak Sampai, Kasus Ditutup Sepihak

  • 8 Agustus 2018 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Hari ini tanggal 08 Agustus 2018, tepat jam 10.16 saya di telpon oleh pihak cs bukalapak, menjelaskan bahwa kemungkinan besar barang tersebut belum di pick up oleh driver grab dan memberikan solusi untuk saya yaitu pengembalian dana penuh tanpa potongan.
    Saya ucapkan terima kasih kepada pihak cs Bukalapak untuk bantuan dan informasinya, juga kepada pihak mediakonsumen.com yang telah menjadi mediator.
    Demikian dan Terima kasih.
    Rasyid

    Saran untuk yang ingin menggunakan jasa pengiriman grab, komunikasikan dengan pihak seller/pelapak/penjual untuk mencatat nama+no hp+no motor driver yg bersangkutan.

  • 4 Februari 2019 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Jasa pengiriman di Bukalapak via Grab memang tidak pernah sampai kirimnya. Kalau Gojek kadang sampai kadang ndak. Barang kadang ndak lengkap atau hilang sebagian (Gojek). Kalau Grab payah banget. Ndak pernah sampai. Akhirnya di cancel sistem ordernya. Padahal butuhnya hari ini.
    Bukan niat menjelek-jelekkan. Tapi ini pengalaman saya sebagai seller sekaligus buyer di bukalapak sejak awal berdiri bukalapak

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Rugi Membeli melalui BukaLapak, Barang via Grab Tidak Sampai, Kasus Di…

oleh Rasyid Rasyid dibaca dalam: 2 menit
4