Surat Terbuka Pinjaman Online Dana Instan di Tokopedia dengan Mitra QCash

Saya mencoba melakukan pinjaman online Dana Instan di Tokopedia di mana mitranya adalah Qcash sebesar Rp1.200.000 dengan tempo 14 hari dan bunga 14%. Di aplikasi Tokopedia jelas tertulis jumlah pinjaman, bunga dan dana yang akan diterima. Silahkan lihat gambar yang saya lampirkan. Pinjaman Rp 1.200.000, tenor 14 hari, bunga Rp 168.000 dan dana yang akan diterima hanya sebesar Rp 1.032.000. Artinya pihak Qcash telah memotong bunga di awal.

Nah, setelah masuk jatuh tempo saya berpikir kenapa dana yang harus saya bayarkan tetap Rp1.200.000 padahal bunganya sudah dipotong dimuka? Artinya kalau saya transfer Rp1.200.000 maka saya dikenakan bunga dua kali.

Lalu saya mencoba menanyakan hal ini ke cs nya Qcash melalui WA, tetapi tetap saja berujung kepada saya harus membayar sebesar Rp 1.200.000 di mana seharusnya saya hanya cukup membayar Rp1.032.000 karena bunga sudah dipotong di depan. Saya wa ke cs minta tolong untuk ditanyakan kepada pengambil keputusan tetapi chat wa saya enggak dibalas lagi.

Karena tidak ada tanggapan lebih lanjut dari CS nya, saya mencoba menuliskan keluhan saya di media konsumen ini supaya ada solusi dan juga berharap teman-teman lebih teliti sebelum melakukan pinjaman online. Apa yang tertulis di aplikasi Tokopedia yang bermitra dengan QCash tidak sesuai dengan kenyataan.

Semoga jikalau ada dari pihak QCash atau Tokopedia yang membaca ini bisa membantu saya menindaklanjuti permasalahan ini dan mencegah kerugian konsumen. Nilai tidak besar, tetapi bagi orang yang kesulitan keuangan, nilai Rp 168.000 itu sangat berarti.

Terima kasih.

Erwin Wijaya
0813333298**
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QCash:
[Total:53    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

26 komentar untuk “Surat Terbuka Pinjaman Online Dana Instan di Tokopedia dengan Mitra QCash

  • 9 Januari 2019 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Hello Mas Erwin, Saya juga customer Pinjol dari Tokopedia (QCash / Tas Cash)
    sepertinya cara berfikir Mas Erwin Salah, sebenarnya dengan membayar 1,2jt itu jelas kalau kita hanya dikenakan bunga 1x saja. Mas Terima 1.032.000 tapi balikin 1.200.000 menurut Saya itu adil kok. kalau Mas tetap bayar 1.032.000 itu sama saja si Pinjol tidak dapat bunga / untung.
    beda hal nya dengan Pinjol brengsek yg kita Pinjam 1jt trs terimanya 900rb tapi balikinnya 1,2jt. itu lebih parah Mas (dan banyak jg yg kaya gitu). no offense ya Mas. saya jg sama kaya Mas, korban Pinjol yg sedang terpuruk hidupnya. semoga kita diberi jalan keluar terbaik dan terbebas dari jeratan Pinjol. Salam

    • 10 Januari 2019 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Maaf Mas, coba mas telaah lebih lanjut. Saya Pinjam Rp 1.200.000, terus saya ditransfer hanya Rp 1.032.000 terjadi selisih Rp 168.000. Kita bicara yang ini dl yah. Nah menurut aplikasi 168.000 yang dipotong itu merupakan bunga yang dibayar dimuka. Ok yah.. Sampai disini jelas yah? Artinya bunganya sebesar 14% atau Rp 168.000 sudah dibayar belum bunganya? Tolong dibaca pelan2 yah. Kalau saya membaca seperti ini, artinya bunga sudah dibayar dimuka loh. Dengan catatan tidak ada admin dan keterlambatan seperti yang tertera di aplikasi.

      Nah, karena bunga pinjaman saya sdh dibayar dimuka, artinya saya tinggal mengembalikan pokoknya saja sebesar Rp 1.032.000 dong?? Karena saya sudah dipotong 168.000 didepan dari pinjam saya yang disetujui sebesar Rp 1.200.000.

      Coba deh Mas pelan2 dihitung dan dicerna bahasanya. Ini jangan sampai kita salah oersepsi dwngan diputar balikan faktanya.

      Pinjaman yang ditawarkan ini adalah jenis pinjaman dimana bunga dibayar dimuka setelah jumlah pengajuan kita disetujui loh.

      Silahkan mas dipelajari pelan2

      • 10 Januari 2019 - (10:20 WIB)
        Permalink

        ?
        biar pembaca lain yang berkomentar. semoga Mas Erwin tidak terjerat Pinjol, Saya Doakan. Amin

      • 24 Februari 2019 - (22:26 WIB)
        Permalink

        Bro, lu nyuru org baca pelan2.
        lah lu yg harus nya “belajar” baca pelan2.

        siapa yg bayar bunga lu??

    • 1 Agustus 2019 - (23:29 WIB)
      Permalink

      Gua ga mau bahas urusan bunga di bayar di muka ya.
      Pengalaman gua pinjem di qcash, sempet telat 2 hari. Gua lupa nominal nya.
      Setelah telat dua hari gua bayar hutang+bunga (belum termasuk denda harian ya).
      Tiap hari dc nya nge whatsapp gua suruh bayar denda harian.
      Setelah seminggu, kebetulan gua baru ada duit, gua tanya berapa denda yg harus saya bayar, TERNYATA GEDE BANGET.
      Gua tanya dah tuh dc, gmn perhitungan denda nya,
      Dia jawab 2% dari sisa pokok hutang.
      POKOK HUTANG (udah gua bayar).
      Pikir gua 2% dari yg telat 2 hari tadi kali.
      Gua itung 2% x 20rb x 7 hari = Rp 2800 ya.

      Gua kasih itungan2 itu, si dc banyak ngeles tetep nyuruh gua bayar yg gede tadi.
      Cara dia nagih,
      – Bentak-bentak
      – Ngehina
      – Dan sikap kurang ajar lainnya.

      Kalo nemu yg gini mending gausah di bayar, ngelanggar aturan ojk berarti mereka. Biar bangkrut aja sana.

  • 11 Januari 2019 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Bbunga bayar dimuka? Apakah mas sdh transper bunga duluan ke pihak pinjol wktu pertama pinjam?kalau belum berrti mas erwin yg salah.. Mas pinjam uang 1.200 terima 1.032. 000 krena pinjol ada bunganya bertti mas bayar 1.200

    • 13 Januari 2019 - (14:25 WIB)
      Permalink

      Saya mau tanya, kalau saya pinjam 1.200.000 dan disetujui pinjaman 1.200.000 tetapi yg saya terima cuma 1.032.000, lalu kemana 168.000 nya? Apakah ini bukn berarti bunganya sdh dibayar dimuka dipotong dari jumlah pinjaman yang disetujui sebesar 1.200.000??

      • 16 Januari 2019 - (14:48 WIB)
        Permalink

        Dear Mas Erwin,

        Saya mau tanya, kalau saya pinjam 1.200.000 dan disetujui pinjaman 1.200.000 tetapi yg saya terima cuma 1.032.000, lalu kemana 168.000 nya?
        Apakah ini bukn berarti bunganya sdh dibayar dimuka dipotong dari jumlah pinjaman yang disetujui sebesar 1.200.000??
        jawab: betul bunga dipotong diawal, sehingga mas erwin nantinya hanya membayar sejumlah pinjaman yg disetujui, yaitu 1.2 jt. kalau bunga tidak dipotong di awal, mas erwin terima 1.2 jt. berarti mas erwin harus membayar 1,2 jt+ bunga (contoh 168 rb) = 1.368.000

        Logikanya seperti ini
        1. Mas erwin pinjamkan uang ke saya 600 rb. dengan bunga 20% = 100 rb.
        2. Bunga dipotong didepan 100 rb. Mas erwin kasih uang ke saya jadinya 500 rb.
        3. Berarti saya terima uang dari mas erwin 500 rb ya.
        4. Saat jatuh tempo, kalau saya cuma bayar 500 rb. berarti jumlah yg saya terima sama jumlah yg saya bayar sama yaitu 500rb. berarti saya ga pake bunga.makanya yg 100 rb diawal potongan bunga harus dibayar.
        5. kalau mas erwin kasih semua uangnya 600 rb diawal. berarti jumlah yg harus sy bayar diakhir adalah 600 rb + bunga 20% = 720 rb

        kalau ga paham juga, saya nyerah .
        Intinya . STOP Pinjaman RIba, supaya ga pusing ngitung bunga

        • 15 Februari 2019 - (15:35 WIB)
          Permalink

          penjelasan 7 project ini udah jelas banget, saya setuju nih. Karena kalo dipikir pikir mana ada sekarang pinjol yang gak ada biaya bunga, kecuali pinjem ke sodara sendiri mas baru gak bakal dikenain bunga. Mas Erwin ini mungkin gak direspons lagi sama pihak cs nya karena gak paham paham kali mas udah dijelasin tentang bunga yg 168 itu hehehe.

          Bener kata 7 project “Kalo gak paham juga saya NYERAH” wkwkwkwk dan Intinya . STOP Pinjaman Riba, supaya ga pusing ngitung bunga, simple banget hidup tu jangan dibuat susah ya mas 7 project.

  • 21 Februari 2019 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Mau tanya ini cara pembayaran qcash gmna y kok kode virtualnya cuma BNI aja..
    Mohon bantuannya

  • 22 Februari 2019 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
    Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

    Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

    Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

    WA 0819-7709-0818 ( Enda )

    Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

    Salam KoFin
    KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
    JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
    Jakarta Selatan

  • 1 Maret 2019 - (14:31 WIB)
    Permalink

    wkwkwk.. pinjem 1 jt.. dipotong 100rb diterima 900rb
    pas balikin pengennya cuman 900rb.. lha bunganya? kalo balikin 900rb g ada bunga dong,
    yg diterima 900rb balikin 900rb… kok gua ngakak yak..

  • 3 Mei 2019 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Saya ada pinjaman Rp1.200.000
    Yang ditransfer. Rp1.080.000
    Dan saya harus mengembalikannya sebesar Rp1.401.600
    Bunga Qcash terlalu besar..

    • 6 Mei 2019 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Sama saya jg seperti itu…pinjem 1.200.000 yg masuk 1.080.000 trus kita balikinnya 1.401.600

  • 31 Mei 2019 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Bwahahahahahahahahahaha…gw beneran ngakakakakakakk..geli bgt bacanya, ini joke yg paling lucu yg pernah gw temuin sepanjang hidup gw,, astaghfirullahal Adziim..ya Allah, sabar ya maa Erwin, semoga suatu hari mas Erwin bisa memahami kalau hidup ini memang sulit dan bisa mengerti penghitungan bunganya..Aameen

  • 16 Juli 2019 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Jangan diketawain orang lgi susah ,pengetahuan soal pinjol kurang akhirnya terjerumus…banyak pinjol berikan tawaran yg menggiurkan tanpa mereka sebutkan detail tentang produknya dan tau tau tagihan meledak. Artinya banyak pinjol bikin org susah tambah sengsara

 Apa Komentar Anda mengenai QCash?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka Pinjaman Online Dana Instan di Tokopedia dengan Mitra QC…

oleh Erwin999999 dibaca dalam: 1 min
26