Penagihan Debt Collector Bank DBS Bertindak Kasar

Saya sebelumnya adalah nasabah Bank ANZ yang sekarang diambil alih bank DBS. Saya mempunyai tunggakan KTA yang belum dibayarkan karena saya mempunyai kesulitan ekonomi. Sebelumnya catatan pembayaran saya selalu bagus dan lancar.

Berikut adalah kronologisnya:

1. Pada tanggal 11 Maret 2019 jam 7 pagi datanglah Pak J** selaku kolektor pihak ketiga (PT Zuriel Boniaga Uli) beserta 4 temannya yang menagih. Bukannya menagih dengan baik-baik tapi malah marah-marah, berteriak kasar, membentak-bentak bahkan menendang pagar dan menggebrak mobil saya, sehingga membuat ketakutan istri dan anak saya (ada bukti rekaman cctv). Bahkan saat saya mengantar sekolah pun dikuntit, terus terang saya takut mereka mengancam keselamatan keluarga saya.

Pada pagi itu juga, saya ke Bank DBS menemui Bp Pu*** bag. collection untuk penyelesaian tunggakan dan saya meminta detil lampiran perincian tunggakan saya. Tetapi beliau mengatakan tidak ada. Akhirnya saya disuruh menghubungi call center DBS Jakarta (no laporan : 201903112106) dan mereka berjanji akan menghubungi kembali.

2. Dalam proses menunggu dihubungi pihak DBS Jakarta, pada tanggal 14 maret 2019, kembali Pak J** beserta 4 temannya membuat kericuhan di rumah saya. Mereka juga mendobrak pagar rumah saya. Saya pun kembali menemui Pak Pu*** DBS cab Pemuda untuk menanyakan perincian tunggakan yang belum saya terima tapi beliau tetap mengatakan tidak ada dan memberikan nominal yang harus saya bayar tanpa ada kejelasan darimana nominal tersebut. Dan setelahnya saya ditemui oleh pimpinan kolektor pihak ketiga yang malah menawarkan opsi cicilan dan ini dilakukan di dalam bank dan mengancam anak buahnya datang lagi ke rumah apabila tidak disepakati. Apakah pihak ketiga berwenang untuk hal ini?

Saya beritikad baik untuk menyelesaikan tunggakan saya dengan mencicil sesuai kemampuan saya tapi bagaimana bisa kalau tidak ada perincian tunggakan saya. Yang saya tanyakan bagaimana mungkin pihak DBS tidak memiliki riwayat tunggakan KTA saya dan tiba-tiba menagih? Saya bingung harus melaporkan kemana lagi untuk hal ini dan seakan-akan pihak DBS Surabaya (cab Pemuda) tidak mau tahu dalam hal ini.

Dari hasil pencarian saya, berikut adalah etika Debt Collector yang diatur oleh BI
(sumber : https://finance.detik.com/moneter/d-1817046/diancam-debt-collector-adukan-ke-bi) :

~ Debt collector tidak diperkenankan menagih dibawah jam 8 pagi
~ Debt collector dilarang menggunakan ancaman dan kekerasan, tekanan fisik maupun verbal

Saya mohon tanggapan dari Bank DBS dalam penyelesaian tunggakan KTA ini dan MENGHENTIKAN pengiriman pihak ketiga (debt collector) untuk meneror ke rumah. Karena saya bisa melaporkan semua pihak yang terkait ke pihak berwenang.

Terima kasih.

Rudy Yohanes
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Penagihan Bank DBS:
[Penilaian Rata-rata: 1.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Penagihan Debt Collector Bank DBS Bertindak Kasar

  • 15 Maret 2019 - (12:25 WIB)
    Lapor kan ke pihak berwajib itu sdh ke lewat batas ..ga usah takut bapak pny cctv..udah gitu kenapa BPK minta ke ringan ke pihak ke 3..? Harusnya bapak k bank DBS langung
    • 16 Maret 2019 - (12:19 WIB)
      Terima kasih Pak Minzir.. Pihak kepolisian bilang kalau ada yang di rugikan baru bisa di buat laporan. Seperti pemukulan atau perusakan.
  • 16 Maret 2019 - (11:34 WIB)
    Debt kolektor itu sungguh tidak berperikemanusiaan. Kalau dia mengancam keselamatan jiwa dan merusak material itu masuk tindak pidana. Gak ada sangkut pautnya dg utang.Bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Biar masuk penjara dan jadi pelajaran buat yg lainnya
  • 16 Maret 2019 - (11:51 WIB)
    Benar Pak Ibnu, saya sudah melakukan negosiasi dengan pihan bank DBS tetapi belum ada kesepakatan. Setelah selesai dengan pihank Bank DBS, tiba2 pimpinan DC PT ZBU menemuai saya dan memberikan opsi2 pilihan. Yang saya tanyakan apak hak DC seperti itu? Sedangkan Bank memberikan KTA tanpa melewati pihak ke 3 dan harusnya saya tidak ada hubungan dengan pihak ke 3. Mohon pihak Bank DBS memberi penjelasan. Apa itu juga termasuk dalam etika penagihan BI maupun OJK??? Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Bank DBS?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Penagihan Debt Collector Bank DBS Bertindak Kasar

Rudy Yohanes 2 menit
4