Proses Pembatalan Pesanan Bukalapak

Salam semua,

Buat admin Bukalapak yang saya hormati, mungkin kerisauan yang saya alami sama seperti yang dialami pelanggan Bukalapak yang setia. Kemarin saya melakukan transaksi dengan nomor 191952815379. Namun karena ada alasan tertentu, saya melakukan pembatalan pesanan. Kekhawatiran saya muncul ketika membaca banyaknya keluhan masalah tentang proses pembatalan pesanan yang mengalami banyak kendala. Salah satunya yang saya alami “PELAPAK TIDAK MERESPON MENGENAI PEMBATALAN PESANAN/MENGABAIKANNYA SAJA”.

Dalam kasus ini saya sudah chat pelapak untuk segera melakukan konfirmasi apakah akan melanjutkan untuk memproses pesanan atau menyetujui pembatalan pesanan. Namun pelapak tidak pernah membalas chat dari saya. Dalam hal ini timbul 1 pertanyaan Apakah Bukalapak tidak memberikan batas waktu untuk pelapak mengkonfirmasi permintaan pembeli? Apakah itu tetap melanjutkan atau menyetujui pembatalan.

Kami selaku pembeli merasa dirugikan dengan tidak adanya kepastian tentang pembatalan pesanan, karena pelapak bisa saja tidak melakukan konfirmasi tanpa ada batas waktu yang ditentukan hingga bisa memakan waktu 1 minggu atau 1 bulan bahkkan bisa sampai 1 tahun.

Saran kami kepada pihak Bukalapak agar kiranya merespon keluhan kami dan harapan kami kiranya pihak Bukalapak memberikan batas waktu untuk konfirmasi pembatalan pasanan.

Manto Polapa
Gorontalo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:23    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Manto Polapa

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Mediakonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Proses Pembatalan Pesanan Bukalapak

  • 2 Februari 2020 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami hal yang sama. Pelapak tidak mengkonfirmasi pembatalan saya.
    No transaksi 202678339115
    No tagihan BL2014GTKO61INV

    Mohon di bantu. Terimakasih

    • 25 Juni 2020 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Sama juga saya mengalami hal yang sama dng t ransaksi BL20154DFCUPINV. parah bener sih. saya sudah chat penjual sebelum beli bilangnya ada, tapi pas ditunggu gak dikirim kirim. lalu saya ajukan pembatalan dan katanya mau diganti merk lain ya gak maulah. terus sampai sekarang gak diapprove pembatalannya. kalau memang gak bisa pembatalan gak usah ada fitur pembatalan biar jelas sekalian. rada males deh pake bukalapak lagi. Seharusnya bukalapak memberikan perlindungan kepada pelanggan.

  • 23 Maret 2020 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama,
    Lalu apa yg harus dilakukan
    Sementara pelapak tidak merespon pembatalan transaksi.
    No transaksi 202759936359
    Mohon responnya pihak Bukalapak untuk mengklarifikasi
    Minimal ada batas waktu untuk pelapak ketika tidak merespon pembatalan transaksi
    Semoga ada jalan keluar..

  • 24 Maret 2020 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami nya . Kenapa tak ada batas waktu si penjual

    Kalau begini terus BUKALAPAK AKAN DITINGGAL PEMBELI

    AYO LAH ADA PERBAIKAN BUKALAPAK

  • 12 April 2020 - (00:42 WIB)
    Permalink

    Benar sekali, saya juga mengalami hal yang sama, saya melakukan pembatalan transaksi karena ada kesalahan informasi dari pelapak. Tetapi pelapak tidak merespon tanggapan saya, dan pesan saya hanya dilihat saja tanpa ada balasan atau respon. Sampai sekarang masih blm tau kelanjutanya karena dr pihak bukalapak memang tidak ada batasan waktu untuk pelapak mengonfirmasi pesanan yang dibatalkan.
    Saya pribadi merasa kurang nyaman dan dirugikan.

  • 4 Mei 2020 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Saya mengajukan pembatalan pada 4 Mei 2020 tetapi tidak direspon oleh Pelapak. Saya menghubungi Bukalapak dan CS Bukalapak mengatakan seperti ini.

    “Mohon maaf, setelah saya cek kamu telah mengajukan pembatalan transaksi sebelumnya. Pengajuan kamu sedang menunggu persetujuan dari pelapak. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi apabila pembatalan disetujui atau ditolak oleh Pelapak. Saya sarankan kamu melakukan konfirmasi juga kepada pelapak melalui fitur kirim pesan. Namun jika pelapak tidak merespon pengajuan pembatalan atau tidak melakukan pengiriman sampai tanggal 07 Mei 2020 pukul 23.59 WIB, maka dana akan dikembalikan ke saldo kamu secara otomatis ya, kak. 🙂 ”

    Semoga dapat membantu semua teman-teman yang mengalami hal yang sama. yang pasti jangan khwatir belanja di Bukalapak. jika kita berbelanja dengan benar tidak melanggar kebijakan pasti baik-baik saja.

  • 29 Mei 2020 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal seperti ini, dan sampai detik ini dana saya masih belum kembali.
    Pesanan dengan no 202838364517 dari tanggal 20 mei 2020 dan sudah chat pelapak untuk pembatalan tapi di acuhkan sampai skrg 30 mei 2020 dana belum kembali..sebenarnya berapa lama waktu pembatalan otomatis dr Bukalapak.
    Harusnya pihak Bukalapak lebih memperhatikan hal spti ini dan mempermudah komunikasi antara pengguna Bukalapak dengan admin dengan menyediakan fitur mini chat..jadi bila terjadi hal2 yg tdk diinginkan seperti ini bisa lebih mudah pengaduanya..
    MOHON DIBANTU ADMIN BUKALAPAK

  • 29 Juni 2020 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Saya sekarang juga sedang mengalami, saya ajukan pembatalan transaksi setelah beberapa saat saya transfer pambayaran, karena mengetahui bahwa pelapak dibekukan, sampai dengan saat ini ketika saya live chat dengan admin hanya dijawab “kami bantu cek dulu” kemudian masuk email riwayat percakapan, tanpa ada tindakan apaan, kode transaksi saya 202872894886,..

  • 26 Juli 2020 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Hal yg sama sy alami. Tidak ada batas waktu yg jelas untuk pembatalan otomatis. Jadi selanjutnya sy berfikir 2x sebelum belanja di bukalapak. Hanya kondisi terpakasa sekali jika melakukan transaksi di bukalapak. Mudah2 an Bukalapak bisa merespon keluhan ini

    • 22 Januari 2021 - (21:38 WIB)
      Permalink

      Waduh sama nih saya juga sedang ngalamin,, Sebelum order saya sdh bertanya apakah produk nya masih ada?, pelapak bilang produknya ready, tp giliran udh saya pesan, pelapak ngechat saya katanya stoknya kosong. 😑
      Akhirnya saya mengajukan pembatalan pesanan, ternyata tdk langsung batal krna sudah lebih dari 15 menit dan harus menunggu konfirmasi dari pelapak. Dan sdh lebih dari 1 hari tdk ada konfirmasi, saya sudah menghubungi cs bukalapak di fb, katanya pesanan akan batal otomatis setelah 5 hari 😬

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Proses Pembatalan Pesanan Bukalapak

oleh Manto Polapa dibaca dalam: 1 menit
12