Terjerat Pinjaman Online

Saya adalah salah satu orang yang terjerat dengan pinjaman online. Ada sekitar 10 aplikasi yang saya pakai entah berapa yang sudah terdaftar OJK dan yang belum.Awalnya saya lancar-lancar saja, kenapa jadi banyak? Ketika terjadi keterlambatan untuk membayar akhirnya saya buka lagi aplikasi baru yang datang promonya itu melalui SMS. Nah di situlah awal kenapa jadi banyak pakai aplikasi pinjaman on line itu.

Saat ini saya masih statusnya karyawan swasta perusahaan kontraktor, kalaupun masih punya penghasilan tapi dengan tempo pembayaran yang singkat saya tak bisa meng-cover-nya. Sementara kebutuhan saya juga banyak dengan 3 orang anak yang harus saya berikan pula kebutuhan sehari hari dan sekolahnya.

Sekarang ini saya benar benar tertekan dengan pinjaman online ini. Apalagi kalau sudah waktu untuk pembayaran saya belum bisa bayar, banyak intimidasi aplikasi itu menekan agar saya segera melakukan pembayaran. Mulai dari telepon kasar, ancaman akan ditindak secara hukum, sampai pakai pihak debt collector yang menghubungi. Dan yang parahnya lagi data hutang saya disebar ke semua kontak telepon. Dan pernah sampai ke kontak pimpinan saya di mana saya kerja. Di situ juga saya langsung dapat kredibilitas saya jelek sebagai karyawannya. Saya baru dapat peringatan kalau sampai terjadi lagi mungkin bisa jadi pemecatan.

Melalui media ini saya share mudah-mudahan ada solusi buat saya untuk menghadapi keadaan ini, karena saat ini saya benar-benar dalam keadaan tertekan. Saya sadar hutang harus dibayar tapi kalau untuk pembayarannya terjadi kendala. Apa yang bisa saya lakukan selain menunggu ada uangnya tapi bunga semakin besar kalau tidak segera dilunasi dan penagihan aplikasi pinjaman online semakin jauh dari SOP-nya.

Semoga ada teman-teman di sini yang bisa berbagi saran dan tips dengan kasus saya ini.

Atep Sunary
Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 3.4]
Tentang Penulis
Atep Sunarya  

Saya karyawan perusahaan kontraktor Sebagai Teknisi

24 komentar untuk “Terjerat Pinjaman Online

  • 14 Mei 2019 - (10:30 WIB)
    hallo mas atep sunarya… mungkin kita sama2 korban aplikasi pinjol ya. disini sy hanya berbagi pengalaman saya kemarin ya. saya kemarin juga begitu uda ada 6 aplikasi yg penyebaran data tapi semakin disebar saya semakin gak mau bayar dan gak mau angkat telfon dari mereka. mau disebar lagi ya silahkan,,, bunga membengkak ya monggo. nah dari sini mereka kan marah2 dan memaki2 kita via wa via sms itu sy jadikan bukti buat laporan ke polda dan sama polda pun drespon bahwa mereka sudah melanggar UU ITE dengan dugaan Pencemaran Nama Baik. Saya kmrin juga mikir banget sampek stres dan sakit tapi dikuatkan oleh keluarga dan suami sehingga sy bangkit dan tidak memperdulikan para DC. Jadi buat masnya juga nggak usalah dipikirin berlebihan. klo mereka sebar data itu hanya sementara aja memang dg tujuan mempermalukan kita tapi setelah itu mereka juga akan berhenti dg sendirinya…oke.. ^_^
    • 14 Mei 2019 - (13:42 WIB)
      Selamat siang kkak, saya mau tanya apakah ada solusi untuk mengatasi pinjol yang tidak resmi di OJK?, tiap hari tiap waktu saya ditagih melalui telfon,sms,maupun Whatsapp ,saya juga tidak punya dana lagi kak untuk membayar semua aplikasi pinjol sya, aplikasi sya juga lumayan bnyak, saya bngung sya hrus apa kak, apakah saya ganti nomer atau bagaimana kak?, mhon saran dan bantuannya kak, terima kasih.
      • 14 Mei 2019 - (16:07 WIB)
        Saya jg hari ini sedang terjerat pinjol dan. Binggung hrus bagaimana solusi nya dgn keadaan ekonomi yg sedang terpuruk di tambah tagihan pinjol yg ga abis abis, teman teman di sini mungkin. Ada yg punya solusi sy hrus bagaimana
      • 15 Mei 2019 - (10:20 WIB)
        kalo mau ganti nomer ya monggo mbak… tapi harus ganti email juga dan contact2 yg ada di email kalo bisa dihapus semua setelah itu hpnya direset data pabrik aja. tapi kalo saran saya mbaknya pkek 2 hp nomer lama biarin tetap di mode pesawat aja biar telpon2 gbisa masuk. nah nomer yang baru mbak gunain buat hub keluarga aja tapi bilang sama keluarga kalo ada yg minta nomer sy jng diberi ya. nah sambil kita nyiapin dana buat nyelesaikan aplikasi2 yg OJK. itu saran sy aja sih mbak.
    • 15 Mei 2019 - (12:41 WIB)
      Dear Mba Putri,,

      Saya sendiri sama mengalami pelecehan dan teror yg berlebihan oleh aplikasi pinjol,meskipun sudah ada negosiasi namun tetap saja diteror.
      Berapa lama SMS teror yg mba terima terhenti mba ?
      Langkah apa saja yg mungkin bisa saya lakukan berdasar pengalaman mba.

      Terima kasih.

    • 15 Mei 2019 - (14:10 WIB)
      Dear Mba, sama saya juga sampai sekarang mungkin lebih daru 10 aplikasi pinjol, 1diantara nya sudah memberikan saya surat atau dokumen via expedisi namun saya tdk tau isi surat nya apa, karena dikirim ke alamat kost saya dulu. Yang saya takutkan adalah debt collector nya dtng kerumah. Sementara saat ini keluarga saya tdk tau kalau saya terjerat utang online. Sampai stress dan sakit, trus dgn keadaan saya yg baru habis kontrak sehingga saya menganggur dan tdk memiliki penghasilan hanya gali lobang tutup lobang, sampai besar sekali.. mohon bantuan dan bimbingannya
    • 16 Mei 2019 - (15:19 WIB)
      Naaah betul banget,, saya juga sama korban pengguna pinjol klo ga salah saya jg sudah pake 6 aplikasi… dan yg terakhir ini adalah aplikasi Do-iT… semua aplikasi ini saya pakai krn memang keadaan yg mepet sekali… dan bukan di pake untuk gaya gayaan.. singkat cerita, tadinya saya saya bekerja tp pas saya hamil, saya resign krn keadaan saya pas hamil pun terbilang lemah… sampai usia kandungan 6bln., saya butuh lg uang..untuk kebutuhan hidup selanjutnya krn suami saya baru kerja lagi pas saya hamil.. gaji suamipun hanya cukup untuk byr motor, kontrakan dan hutang lain nya, akhirnya mau ga mau saya buka lg aplikasi pinjol lain.. supaya bs melanjutkan hidup… sblumnya saya jg sempat di teror oleh pinjol Go Rupiah, sampailah mereka neror kakak saya dan kakak ipar saya yg sampe saat ini tidak menegur saya by wa,.. akhirnya saya diamkan saja mereka nagih dan meneror menghubungi kerabat saya melalui wa dan telp.. sampe akhirnya saya streesss… tp dri situ saya jd makin ga mau bayar, dan makin dendam sama aplikasi pinjol lain nya… menurut kbr yg saya dpt dr kominfo.. kita di suruh pinjem uang di aplikasi lain nya sebanyak banyaknya agar mereka bangkrut.. krn dgn cara penagihan nya yg ga baik dan menyebarkan data pribadi kita…
      Jd buat teman teman lain nya.. ga usah pusing, ga usah stress,, ga usah di pikirin lanjutkan hidup kalian .
      Hari ini pun saya jg lg di tagih sama aplikasi Do-iT.. fast resp saya by wa, jika mereka mulai kasar tinggal blokir blokir saja
  • 14 Mei 2019 - (10:37 WIB)
    Ok trimakasih mbk atas share nya berbagi pengalaman dan tipsnya…,memang betul mbk pimpinan pernah tegur saya juga dan bayar kan walaupun itu dipotong gaji….,cuma pimpinan pernah somasi saya juga…,tapi saya sekarang pasrah z,bener kata mbk kita tetap harus fight untuk hadapi pijol ini….,sekali lagi terimakasih atas komentar dan sarannya
    • 15 Mei 2019 - (09:50 WIB)
      mas coba buka youtube judulnya “Hotroom” disitu dibahas sama Hotman Paris, Ketua AFPI, Ahli Hukum dan ada korban pinjol juga bahkan ada mantan DC juga disitu. Coba aja diliat buat bahan kekuatan kita melawan pinjol.
  • 14 Mei 2019 - (12:21 WIB)
    Mb putri skrg hutangnya sudah lunas belum ya, q hari ini jatuh tempo dan tadi barusan di tlp pihak pinjol dikasih waktu sampai jm 2 dan q blm punya uangnya q takut kalau mereka marah, datang kerumah dan maki2 kontak HP q mb
    • 15 Mei 2019 - (09:54 WIB)
      ada yg belum lunas mbak… uda sebar data juga jadi sy ndak mau bayar. kecuali Insya Allah sy selesaikan yg OJK mbak. ndak usa takud mbak kalopun disebar data itu hanya sementara saja kok paling banter 5x sms ntar dy akan berhenti sendiri. kalo marah dan datang kerumah direkam aja mbak buat bahan lapor polisi karna uda masuk tindak pidana. tapi klo aplikasi ilegal dy gak akan dtg kerumah mbak karna sama aja dy bunuh diri
      • 21 Mei 2019 - (12:31 WIB)
        berbagi pengalaman ya mba,
        aduh aku sampe aplk pinjol ada 30an mba
        gali lobang tutup lobang aj, awalnya buat modal dan nutup pinjaman eletronik.
        mikirnya paling bs ntr bulan depan lunasin tapi ko yo tenor nya cepet, jadi buka lg aplikasi yg lain.
        sampe sekarang udah ga kuat mba mau nutupin trus buka aplikasi lain.
        di itung2 ko kaya banyak btul, makenya ga eh mba, bukan buat gaya2an. buat nutup pinjol lain, ajuin pinjol lain.
        ini baru telat sehari mba, udah ratusan tlp masuk. tapi ga ku gubris.
        pengalaman kalian smua, data2 bisa disebar ke kontak,
        begitu memank cara kerja mereka ya,
        mohon bantuan nya
  • 14 Mei 2019 - (14:28 WIB)
    siang kak putri. saya korban baru yang blm tau harus bagaimana ngadepinnya . saya takut sekeliling saya tau dan di teror seperti saya sekarang .. apa yang harus di lakukan andai pinjol itu sebar data , pasti malu dan gimana cara biar rasa malu itu g menumouk di pikiran. mohon bantuannya kak. Terimakasih
    • 15 Mei 2019 - (10:04 WIB)
      saya kemarin juga gitu awalnya mbak takud data disebar akhirnya malah terjerumus “gali lobang tutup lobang” buat nutupi pinjol. akhirnya sampai banyak aplikasi nggak sadar. dan kmr sy benar2 ingin berhenti dan gak kuat krn uda ada yg disebar juga ke keluarga akhirnya sy jujur sama keluarga dan didukunglah sy. sampai2 sy diberi solusi org hukum juga bahwa ini masuk perdata bukan pidana jadi kalo gak bayar pun gapapa apalagi yg ilegal krna dy bisanya hanya sebar data dan mempermalukan kita. tapi kalo sudah masuk dalam hal pelecehan itu yg wajib dilaporkan ke polisi. sy kmrin juga malu banget dan beban mental mbak krna teman 1 kantor tau dtelpon dan di sms juga tapi sy inisiatif dtg kerumah mereka yg sering dhubungi pinjol dan sy minta maaf ke mereka
      • 22 Mei 2019 - (11:04 WIB)
        iya mba putri, ini aku baru telat 3 hari sama pinjol2 itu.
        sebelumnya bagus aja, karna sangking udah ga kuat, gali lobang tutup lobang.
        saya biarin aja dlu, ga mau lg buka aplikasi buat bayar sebelumnya.
        tp yg ojk aja ini aku jaga2in buat bayar,
        tenor dan bunganya ga sanggup mba.
        kadang ajuin 2 aplikasi pinjol buat nutup 1 pinjol aja, lama2 ko yo udh 30an aplikasi,
        pengalaman mba, pernah datang kerumah ga ya ?
  • 15 Mei 2019 - (13:37 WIB)
    Yang saya alami sama persis dengan mbak putri..awalnya cuma 1 pinjol lancar..tapi setelah perusahaan tempat saya kerja bangkrut dan pijol belum lunas akhirnya jadi gali lubang tutup lubang sampe ada beberapa pinjol belum lunas..tiap hari rasanya kepala mau pecah ditlp diwa disms dari pagi sampe sore kadang ada yang mlm msih juga nelpon..sampe bener2 mau mledak rasanya isi kepala saya. Udah mikir nyari kerja mikir kebutuhan keluarga masih mikir pinjol..gak tau deh akhirnya nanti kayak apa..mau pasrah kasihan anak istri nanti nasibnya bagaimana. Sampe saat ini juga masih bingun saya harus gimana.
    • 16 Mei 2019 - (07:35 WIB)
      Mohon maaf sebelumnya bukan bermaksud mengajari untuk tidak bayar hutang ini ya.. krn bgmnpun yg namanya hutang kan tetep harus dibayar ya… kecuali kalo kita sudah bayar melebihi pinjaman pokok. Kenapa ndak ganti kartu aja mas?? coba gabung di gru fb namanya “Hentikan Rentenir Pinjaman Online” disitu banyak diskusi orang – orang yang terjerat pinjol. kalo saran saya sih abaikan aja telp,SMS dan WA. kalo perlu ganti nomer saja biar fokus cari pekerjaan dlu mas. soalnya kalo pikiran kacau kita tidak akan bisa berfikir dg tenang juga harus ngapain harus ambil langkah apa. Soalnya para DC dan pinjol memang niat menghancurkan hidup kita sehancur – hancurnya.
  • 22 Mei 2019 - (15:15 WIB)
    Saya juga mbak terjerat pinjol sampe di ancam, akhirx untuk nutupin pinjol yg ngancam saya pinjam lagi ke aplikasi yg lain tp sbelumx semua kontak saya hapus saya ganti sama yg palsu, sebagian aja yg asli, saya juga gak ngasi akses ke wa maupun fb, rencanax saya mau ganti nomer, tapi takutx nanti saya malah dilaporin disangka penipuan..
  • 22 Mei 2019 - (17:01 WIB)
    Gimna ya caranya mengatasi si pinjol yang setiap hari bunga nya berjalan dan tanpa Ampun melilit para nasabah .kalau ada solusi tolong bantu saya karenanya saya juga korban kelilitan si pinjol

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Terjerat Pinjaman Online

atepsunarya 1 menit
24