Tagihan Kartu Kredit Bank Mega Tak Berdasar

Saya pengguna kartu kredit Bank Mega Platinum yang ditagihkan Annual Fee sebesar Rp700.000 yang jatuh tempo tanggal 8 April 2019. Setelah saya telusuri, saya bahkan belum memakainya sampai 1 tahun, maka saya ajukan permintaan penghapusan kepada customer service pada tanggal 1 April 2019 yang diterima oleh CS bernama Pretty.

Awalnya CS menginformasikan bahwa penghapusan annual fee hanya bisa dilakukan dengan menukarkan poin sebesar 7.500, sementara poin saya hanya ada 1.041. Saya sampaikan bahwa kartu kredit saya baru diterima kurang dari 1 tahun dan menjelaskan secara detail kronologinya, baru kemudian CS ybs membantu untuk eskalasi ke atasannya dengan harapan annual fee bisa dihapuskan walaupun sifatnya hanya pengajuan. Saya diminta untuk menunggu 4 hari kerja lalu saya akan dihubungi oleh pihak Bank Mega, yaitu seharusnya di tanggal 5 April.

Namun karena saya tidak dihubungi pada tanggal tsb, saya kembali menghubungi CS Bank Mega. CS yang menerima telpon saya berkata bahwa pengajuan saya belum diputuskan oleh atasannya maka saya kembali diminta untuk menunggu selama 4 hari kerja berikutnya. Saya pun tetap diminta untuk tetap membayar annual fee Rp700.000 agar tidak dikenakan bunga, yang mana saya tidak bersedia karena bagi saya uang Rp700.000 tidak sedikit dan saya tidak punya uang saat itu untuk membayarnya. Akhirnya saya mengabaikan membayar annual fee dan hanya membayarkan tagihan sebesar yang saya gunakan.

Kemudian di tagihan berikutnya saya melihat annual fee saya sudah dikreditkan tetapi saya dikenakan interest charge sebesar Rp223.619. Pada tanggal 26 April 2019 saya menelpon CS Bank Mega untuk menanyakan perihal interest charge dan CS menyampaikan bahwa interest charge tersebut akan otomatis terhapus 4 hari kerja dari tanggal saya menelpon. Saya pikir sudah selesai, ternyata di tagihan berikutnya, interest charge tersebut masih belum dihapuskan. Saya abaikan karena berpikir mungkin di tagihan berikutnya baru akan dikreditkan, tetapi ternyata di tagihan berikutnya masih ada dan bahkan berbunga menjadi Rp358,659. Akhirnya saya kembali menghubungi CS Bank Mega tanggal 26 Juni 2019 dan meminta klarifikasi mengapa bunga tersebut masih ada padahal di tanggal 26 April lalu CS nya berkata akan dihapus dalam 4 hari kerja.

CS yang mengangkat telpon saya menginformasikan kepada saya bahwa bunga tersebut tidak dihapuskan karena ada keterlambatan pengajuan penghapusan Annual Fee, yaitu baru diterima oleh pihak Bank Mega pada tanggal 10 April 2019. Ini menjadi tidak masuk akal bagi saya, karena 2 hal:

1. CS yang mengangkat telpon saya di tanggal 26 April 2019 berkata bunga akan dihapuskan
2. Saya menelpon pertama kali untuk penghapusan annual fee di tanggal 1 April 2019, sementara jatuh tempo tagihan tanggal 8 April. CS bernama Pretty berkata pengajuan akan diputuskan dalam 4 hari kerja, yaitu seharusnya jatuh di tanggal 5 April 2019 yang mana pada tanggal itupun belum ada jawaban.

Dari mana tanggal 10 April 2019 itu? Sedangkan satu kalipun saya tidak menerima pemberitahuan apapun dari pihak Bank Mega baik melalui telpon/SMS mengenai pengajuan penghapusan Annual Fee saya. CS tersebut hanya bisa membantu pengajuan eskalasi lagi ke atasannya. Saya bingung apakah ini akan seperti lingkaran setan yang tidak ada habisnya; tagihan yang berbunga dari bunga-bunga sebelumnya?

Saya merasa segala penagihan annual fee dan bunga-bunganya ini sangat mempermainkan dan merugikan nasabah. Saya harus menelpon berkali-kali menjelaskan segala kronologi yang sangat menyita waktu dan jawaban-jawaban dari CS tidak konsisten, sementara saat ingin menutup kartu sangat dipersulit. Tolong Bank Mega menghapuskan bunga yang tidak berdasar ini dari tagihan saya. Terima kasih.

Sara Deborah Simeon
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Penilaian Rata-rata: 1.8]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Sara Deborah Simeon

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Ibu Sara Deborah Simeon di mediakonsumen.com (26/6), “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega Tak...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega Tak Berdasar

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Tagihan Kartu Kredit Bank Mega Tak Berdasar

Sara Simeon 2 menit
3