Penghapusan “Annual Fee” Kartu Kredit Bank Mega

Dear Bank Mega,

Saya pengguna kartu kredit bank Mega Visa dengan nomor 4201 92** **** **09 dan sudah 7 tahun. Setiap kali saya minta penghapusan annual fee tidak pernah dikabulkan. Padahal saya pengguna aktif dengan pembayaran yang tidak pernah telat dan tidak pernah bermasalah. Ada beberapa kronologi saat saya mengajukan penghapusan annual fee:

  1. Permintaan pertama kali ditolak dengan alasan karena masih pengguna baru 2 tahun.
  2. Permintaan kedua sempat merasa senang karena ada tanggapan baik bahwa dihapuskan. Tapi pada saat bulan dimana annual fee itu ditagihan ternyata saya masih bayar. Saya sudah komplain via telepon, alasannya tidak pernah pihak Bank Mega menghapuskan. Saya bingung, padahal saya telepon ke customer care-nya langsung. Salahnya saya tidak mencatat nama CSnya. Ya sudahlah.
  3. Permintaan ketiga ternyata ditolak. Padahal teman satu kantor saya yang juga menggunakan kartu kredit Bank Mega dikabulkan penghapusan annual fee-nya. Aneh ya, padahal kembali lagi saya pengguna aktif dan lancar sekali pembayarannya.
  4. Permintaan keempat tahun 2018 tidak dikabulkan, tetapi diberikan 2 opsi untuk penghapusan: 1. Dengan pembelanjaan 1jt dalam waktu 1 bulan sebelum tagihan diterbitkan 2. Diberikan diskon dengan hanya membayar annual fee sebesar Rp100.000.
  5. Permintaan kelima tahun ini 27 Juni 2019 ditolak lagi dengan alasan POINT tidak mencukupi. Padahal saya pengguna aktif ada program LOAN pun saya ikuti, tapi tetap saja ditolak.

Bagaimana ini solusi dari Bank Mega untuk saya? Saya merasa sudah setia menggunakan kartu kredit Bank Mega yang sudah 7 tahun lebih tetapi tidak ada kebijaksanaan sama sekali untuk pengguna setia. Jujur saya sangat kecewa. Semoga dengan saya mengirimkan keluhan ini bisa mendapatkan solusi terbaik.

Kalau memang sudah tidak bisa juga saya lebih baik menutup saja kartu kredit bank Mega ini. Setidaknya saya ada kartu kredit dari bank lain yang memberikan fasilitas free annual fee seumur hidup.

Terima kasih. Salam.

Veronika Erna Indrawati
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:24    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Veronika Erna Indrawati

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Ibu Veronika Erna Indrawati di mediakonsumen.com (28/6), “Penghapusan “Annual Fee” Kartu Kredit Bank...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Penghapusan “Annual Fee” Kartu Kredit Bank Mega

  • 28 Juni 2019 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Kenapa ada perlakuan berbeda dari bank mega terhadap penghapusan iuran tahunan kepada pengguna KK bank tersebut.
    Saya saja baru 1 tahun lebih makianya masuk di tahun kedua minta dihapuskan KK malah disetujui dengan syarat belanja 1 juta dalam 1 bulan kedapan. Tidak terlalu berat.
    Ada strategi bagaimana cara meminta penghapusan iuran tahunan agar disetujui.
    Seringlah menelepon CS bank. Katakan keprihatinan dan kondisi ekonomi dan keuangan kita saat ini lagi lesu. Diujung-ujungnya kita minta penutupan KK saat itu juga. Biasanya CS mendengar kata penutupan KK itu akan sock. Mereka pasti tidak menginginkan nasabah menutup KK kalau tidak ada masalah misal ada tunggakan keterlambatan pembyaran dsb. Justru mereka akan mengatakan sayang sekali pa/bu KK meditutup. Apalagi limitnya besar banget. Pembayaran bpk/Ibu lancar tiap bulannya Belum lagi masih banyak promo. diskon kedepannya. Mohon tidak ditutup. Atau paling tidak simpanlah KKnya. Nanti dipergunakan saat diperlukan. Itulah kata-kata bujukan mereka. Namun kita tolak semua itu dan mengatakan bukan itu yang membuat saya menutup KK tapi IURAN TAHUNAN inilah yang memberatkan saya yang harus dibayar setiap tahun atas dasar apa. Bukankah logikanya yang membayar iuran tahunan atau bulanan itu adalah anggota yang masuk dalam suatu perkumpulan atau organisasi misal koperasi. PGRI dsb. Apakah pemegang KK ini masuk dalam anggota organisasi perkumpulan pengguna KK yang harus dimintakan iuran tahunan setiap tahun. Rasanya kan tidak. Bukankah Kartu kredit itu sama dengan pinjaman/utang ydengan KTA lainnya yang mana tidak ada iuran tahunannya. Jawaban CS hanya mengatakan itu sudah kebijakan dari Bank.
    Pada posisi dilema seperti itu biasanya CSnya akan mengatakan ada program penghapusan iuran tahunan. Bapak/ibu akan kami buatkan laporan penghapusan iuran tahunannya. Biasanya dengan syarat belanja minimal satu juta bulan depannya. Dan ditunggu prosesnya hasilnya akan diberitahukan lewat SMS.
    Strategi itu lah berhasil saya lakukan. Hanya 7 hari iuran tahunan sy sudah dihapus untuk 1 tahun ini. Padahal saya sudah membayar duluan iuran tahunan itu sebelum cetak tagihan. Namun ternyata pembayaran saya itu dikreditkan kembali .
    Kesimpulannya jangan sungkan kita menceritakan kondisi keuangan/ekonomi yang lagi kena “Musibah” kepada CS bank dan sering-seringlah menelepon setiap ada masalah. Supaya CS tahu apa yang sedang di alami dan memberikan solusi yang meringankan.

  • 28 Juni 2019 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga kurang paham. Makanya saya heran kenapa ada yang bisa ada yang tidak. Mohon dari Bank Mega untuk ditinjau lebih lanjut. Mengingat saya sebagai pengguna KK Bank Mega sekitar 7 tahun lebih. Dipermohonan saya yang keberapa itu diinfokan sudah dihapuskan. Tapi kenyataannya tahun ini saya ditagih kembali.

  • 28 Juni 2019 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Saya sudah hampir 7-8 tahun jadi nasabah Kartu Kredit Bank Mega, dan tidak pernah dikenakan annual fee. dan saya juga sangat sangat jarang menggunakan kartu kredit tersebut, paling kalau belanja di carefour atau untuk makan atau minum di merchant yg bekerjasama, dan itu paling 2-3 bulan sekali. Memang sih saya selalu dpt tagihan annual fee setiap tahun, tetapi begitu saya dapat tagihan annual fee, saya selalu telp CS nya dan minta dihapus annual fee nya. dan pasti CS nya akan menawarkan untuk di tukarkan poin saja, dan saya selalu beralasan gak mau tuker poin, dan saya ingin kartu kreditnya di tutup saja jika tidak dihapus annual fee nya.

    Dan alhamdulillah dengan ancaman begitu, saya selalu dihapuskan annual fee nya setiap tahun. beda sama B*A atau Mandi**, kalau kita ancam untuk tutup kartu kreditnya, pasti mereka akan meng iyakan untuk tutup kartunya. jadi ya terpaksa deh bayar annual fee untuk yg B*A dan Mandi**.

    • 28 Juni 2019 - (18:27 WIB)
      Permalink

      saya pengguna kartu kredit BCA sudah 5 tahun. setiap tahun saya mengajukan pembebasan iuran tahunan untuk kartu BCA Everyday & Visa Batman, selalu disetujui tanpa syarat. bulan ini muncul tagihan iuran tahunan, tapi hanya yang kartu Visa Batman saja. kemarin tanggal 26 juni sudah telp call center minta penghapusan, dan tadi sore mendapatkan jawaban tidak disetujui. besok pagi rencananya saya mau ancam tutup kartu kredit BCA, kalo beneran ditutup ikhlasin aja lah.

    • 23 November 2019 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Saya jg pemilik credit card Mega Gold, dan hari ini sy baru cek billingnya yg ternyata ada AF sebesar 400 rb. Terus terang saya merasa keberatan secara saya sdh hampir 6 thn pakai dan sering saya gunakan untuk transaksi.
      Tapi saya sdh mengajukan email komplain penghapusan AF ke costumer service dan dalam proses. Semoga ada solusi terbaik dr pihak bank Mega sehingga saya pribadi sebagai pengguna credit card Mega Gold tetap setia.
      Terimakasih

  • 21 November 2019 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Saya memakai kartu mega carrefour dari jaman iuran tahunannya masih Rp75ribu sampai sekarang Rp400ribu.

    Saya tidak pernah minta penghapusan iuran tahunan, tapi dengan iuran tahunan sebesar itu sepertinya memang tidak worthed, apalagi limitnya kecil sekali, di bawah 10jt. Padahal iuran tahunan sebesar itu di bank lain ada yang sudah masuk kategori platinum.

    Akhirnya saya memutuskan untuk menutup kartu saya. Itu saya lakukan setelah kira-kira 6 bulan membayar iuran tahunan, dan selama 6 bulan tersebut kartu tidak pernah saya pergunakan. CS yang saya telepon merayu supaya saya tidak menutup kartu, menjanjikan untuk menghapuskan iuran tahunan periode berikutnya, bahkan mengkreditkan kembali iuran tahunan yang sudah saya bayar 6 bulan yang lalu. Tapi saya sudah males piara kartu dengan iuran tahunan premium dan limit minimum.
    Saya memang keberatan dengan iuran tahunannya, tapi saya tidak mau setiap tahun harus telepon ke CS minta penghapusan.

    Syukurlah sekarang kartunya sudah berhasil saya tutup.

  • 23 November 2019 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Permintaan hapus/cancel/refund iuran tahunan memang paling tokcer dengan “ancam” tutup KK. Cuma hal ini tentunya cuma bisa dilakukan kalau (1) kita memang jarang pake KK tersebut (atau punya KK yang lain yang bisa dipake menggantikan KK ybs) & (2) tidak sedang ada cicilan (karena kalau mau nutup kan mesti dibayar full semuanya).

    Dari info2 yang saya dapat, memang semakin ke sini (beberapa?) bank penerbit KK semakin jual mahal soal ini, termasuk bank2 yang dulunya terkenal “mudah” untuk minta hapus, sekarang mulai nambah syarat2, & memang (kalau bank-nya cukup “pede”) kalau kita minta tutup bisa ditutup beneran.
    Jadi balik lagi ke apa kata saya di paragraf sebelumnya.

    Entah kalau yang nasabah prioritas/premium dengan KK yang premium pula, apa mereka semakin mudah minta free ataukah malah mereka don’t care disuruh bayar iuran…

  • 30 Maret 2020 - (03:52 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru liat email tagihan, damnnnn anual fee 400rb dengan limit 3jt dan gak pernh ada promo klo bukan dr merchant nya, terlalu bgt, sy udh menggunakannyan lbh dr 7th, thn lalu d apus karna sy ancem mau d tutup, tp bsk sy akan coba tlp lg untuk d apus lagi. Klo emng gak Bisa, sy akan tutup dan sisa tagihannya akan saya cicil. Semoga bisa.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Penghapusan “Annual Fee” Kartu Kredit Bank Mega

oleh Veronika dibaca dalam: 1 min
9