Produk Pesanan di Website IKEA Tidak Tersedia, Pengembalian Dana Berbelit-belit

Pada tanggal 12 Juli 2019 saya memesan beberapa produk IKEA melalui website dengan nomor Web order: WEBO16139636, dengan biaya keseluruhan Rp1.454.700. Lalu keesokan harinya (13 Juli 2019), saya menerima email pemberitahuan bahwa di antara beberapa produk yang saya pesan, salah satunya tidak tersedia, yakni sebuah kursi kerja putar yang sebetulnya telah saya sesuaikan dengan produk lainnya.

Sewaktu saya menerima email tersebut, balasan pesan saya sama sekali tidak ditanggapi, dan barang yang lain tetap dikirim tanpa bertanya terlebih dahulu mengenai keputusan saya. Mestinya saya berhak untuk membatalkan pesanan atau mencari barang pengganti. Tapi semua komunikasi saya sama sekali tidak ditanggapi.

Jadi saya hanya mengikuti arahan email terakhir yang meminta saya untuk mengirimkan beberapa dokumen. Di antaranya nomor rekening, dan foto KTP agar proses pengembalian dama bisa dilakukan. Selang beberapa hari, pada tanggal 18 Juli saya menerima email balasan bahwa data saya telah diserahkan kepada pihak terkait untuk selanjutnya diproses, lama pengembalian dana sekitar 7-14 hari kerja. Meski kenyataannya, hingga 12 hari setelah saya menerima email tersebut, dana saya belum juga dikembalikan.

Lalu saya kembalil menghubungi pihak IKEA guna menanyakan hal tersebut, tetapi yang saya alami sangat mengecewakan: CS IKEA sama sekali tidak bisa diajak berkomunikasi dua arah. Setiap saya menelepon selalu masuk ke pesan suara, bahwa :”semua sc kami sedang sibuk menanggapi pelanggan lainnya”. Tentu saja upaya ini hanya menghabiskan banyak pulsa. Lalu saya juga mencoba menghubungi melalui jalur Whatsapp yang tersedia, tetapi hanya mendapat sekali balasan sebagai berikut:

Kemudian setelah saya membalas pesan Whatsapp tersebut, saya tak pernah menerima balasan apapun lagi. Pesan saya yang selanjutnya sengaja diabaikan hingga detik ini. Padahal satatusnya salalu online. Jadi saya hanya melakukan komplain via email, meskipun juga hanya mendapat jawaban sistem yang menjelaskan bahwa email saya akan ditanggapi dalam 24 jam.

Kemudian, setelah saya mengirim beberapa email dan melewati penantian dengan perasaan kesal dan kecewa, akhirnya saya mendapat balasan, yaitu permintaan maaf, dan bahwa dana saya dalam diproses maksimal waktu 7 hari ke depan, terhitung sejak tanggal 29 Juli, atau 15 hari yang lalu. LIMA BELAS HARI! yang berarti lebih dari 2 kali jangka waktu maksimal yang dijanjikan. Setelah waktu yang dijanjikan pertama tidak ditepati.

Namun, sampai detik ini saya belum juga menerima dana saya kembali. Jika dihitung sejak tanggal transaksi, sudah lebih dari satu bulan. Tentu saja saya merasa sangat kecewa dan dirugikan, terutama waktu. Saya pun masih terus mencoba menanyakan alasan keterlambatannya melalui email, dan hanya mendapat balasan bahwa “kami masih membutuhkan waktu”. Bayangkan saja, untuk mengembalikan dana yang kurang dari 1 juta IKEA membutuhkan waktu? Apa ini masuk akal? Saya bahkan tidak pernah mendapat jawaban mengenai alasan mengapa membutuhkan waktu.

Untuk perusahaan sekelas IKEA, bagi saya ini sangat memalukan. Semoga IKEA segera mengembalikan dana saya, karena saya sangat membutuhkannya untuk mencari barang pengganti. Tentu saja tidak lagi dari IKEA! dan ke depannya semoga IKEA mau membenahi pelayanannya yang buruk.

Terima kasih.

Rizqi Rahmatullah
Kabupaten Lebak, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai IKEA Indonesia:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Produk Pesanan di Website IKEA Tidak Tersedia, Pengembalian Dana Berbelit-belit

  • 26 Agustus 2019 - (15:47 WIB)
    Parah gan, saya juga kena tipu sama ikea alam sutra, saya pesan linnmon 120×60 cm yang harganya 300an, malah dikasih lack yang harganya 200 rbu, janjinya 7 hari bakal diganti, tpi sekarang udah 10 hari masih belum diganti, di email nggak bales, ditelpon nggak angkat. Ikea alam sutera penipu.

 Apa Komentar Anda mengenai IKEA Indonesia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Produk Pesanan di Website IKEA Tidak Tersedia, Pengembalian Dana Berbe…

oleh Rizqi rahmatullah dibaca dalam: 2 min
1