Tagihan Overlimit Kartu Kredit CIMB Niaga Dibebankan Bukan Karena Kesalahan Nasabah

Selamat sore,

Saya nasabah Bank CIMB dan pemakai kartu kredit CIMB sejak 2015. Pada billing statement kartu kredit CIMB Mastercard Gold saya bulan November 2019 terdapat biaya overlimit fee sebesar Rp150.000 karena saya dinilai memakai kartu kredit CIMB melebihi limit yang ditetapkan (Rp 7.000.000,-).

Namun, hal itu bukanlah kesalahan saya. Tanggal 18 Oktober 2019 saya membayar tagihan Rumah Sakit Family sebesar nilai limit saya, Rp 7.000.000. Kemudian pada tanggal 8 November 2019, Bank CIMB membebankan saya berupa administration fee yaitu SMS notification Oct-19 sebesar Rp 5.000. Hal ini membuat tagihan saya menjadi overlimit. Saya langsung menelepon call center CIMB lalu dijanjikan akan diajukan penghapusan dengan terlebih dahulu membayar tagihan kartu kredit.

Setelah saya membayar lunas tagihan tanggal 29 November 2019, saya protes ke call center kartu kredit CIMB 14041 dan mengajukan penghapusan overlimit fee karena memang bukan kesalahan saya. Tidak ada kabar selama seminggu, saya menelpon kembali dan menanyakan hal tersebut. Hasilnya pengajuan saya ditolak. Saya ingin mengajukan kembali.

Pada hari ini tanggal 9 Desember 2019 saya mendapat SMS bahwa pengajuan penghapusan overlimit saya ditolak. Saya merasa kecewa karena sepenuhnya ini bukan merupakan kesalahan saya. Saya menunggu itikad baik Bank CIMB Niaga, apabila tidak mendapat tanggapan, saya akan menutup 3 kartu kredit Bank CIMB saya beserta tabungan saya, 2 kartu kredit CIMB istri saya beserta tabungan, 1 tabungan CIMB ibu saya dan saya sangat tidak merekomendasikan Bank ini ke kolega saya.

Terima kasih.

Herwin
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga:
[Total:25    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Herwin

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Herwin yang berjudul: “Tagihan Overlimit Kartu Kredit CIMB Niaga Dibebankan Bukan Karena Kesalahan Nasabah”...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Tagihan Overlimit Kartu Kredit CIMB Niaga Dibebankan Bukan Karena Kesalahan Nasabah

  • 9 Desember 2019 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Setahu saya, secara sistem memang kadang bisa muncul biaya2 “tidak terduga” yang bakal mengurangi limit secara “otomatis” (tanpa diketahui nasabah sebelumnya, baru diketahui ketika terima tagihan), ambil contoh biaya iuran tahunan (yang “mendadak” muncul) ataupun biaya SMS ataupun apa pun. & kadang kalau kebetulan pemakaian KK nya maksimal/mendekati maksimal limit, maka bisa “mendadak” overlimit.
    & memang tergantung pertimbangan bank apakah bersedia memberikan “dispensasi” ataukah tidak.
    Saya setuju bahwa biaya2 “tak terduga” semacam begitu (yang mengakibatkan muncul biaya overlimit) “mengejutkan” nasabah karena tidak bisa di-planning/direncanakan sebelumnya. Tapi yah, sistemnya memang begitu. Kalau baca2 di s&k KK (yang 99,9% orang kemungkinan besar tidak akan membaca), memang nasabah KK wajib untuk “mempersiapkan” limitnya untuk hal2 (biaya2) macam begitu.

    Kalau saya sih tindakan preventifnya semaksimal mungkin jangan sampai memakai KK sampai dekat2 ke limitnya, supaya ada “sisa limit” kalau “mendadak” muncul biaya2 “siluman.”
    Tapi yah setiap orang beda2, & mungkin kalau kebetulan ada kebutuhan berjumlah besar yah memang bisa “apes” macam begini.

    Kalau memang bank penerbit KK tidak bersedia memberikan “dispensasi,” sementara nasabah juga tidak berkenan dengan hal ini, memang adalah hak nasabah untuk tutup rekening & memindahkan dana ke tempat lain.

  • 18 Desember 2019 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Busuk bgt ini bank CIMB Niaga. Overlimit fee sy dihapus lalu sy disuruh ttd surat penyelesaian masalah, ga lama kemudian dpt sms kalo koreksi dibatalkan. Bank najis, bank muka dua, kapok pake CIMB. Nanti sy bikin surat pembaca lg

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tagihan Overlimit Kartu Kredit CIMB Niaga Dibebankan Bukan Karena Kesa…

oleh Herwin Herwin dibaca dalam: 1 min
4