Kecewa dengan Produk IKEA RUNNEN

Saya melakukan pembelian produk IKEA RUNNEN pada tanggal 19 Januari 2019 dengan nomor transaksi 200039398 di IKEA Alam Sutera. Produk tersebut merupakan dek lantai luar ruang dengan bahan kayu pada bagian atas dan plastik pada bagian dasar. Berdasarkan informasi yang tertera pada petunjuk pemakaian, produk tersebut hanya dianjurkan untuk penggunaan luar ruang. Hal tersebut sesuai dengan pemakaian saya, dimana produk tersebut saya pasang pada halaman belakang rumah berlantai semen dengan bagian atas tanpa atap (terbuka).

Sekitar bulan Juni 2019, pada bagian atas dan bawah bagian berbahan kayu mulai tumbuh jamur. Saya mencoba membersihkan sesuai dengan informasi yang tertera pada petunjuk pemakaian. Namun hal tersebut hanya bertahan beberapa hari sebelum bagian tersebut ditumbuhi jamur kembali. Jamur yang tumbuh juga membuat beberapa bagian menjadi lapuk dan rusak sehingga bagian berbahan kayu lepas dari bagian dasar yang berbahan plastik.

Pada tanggal 23 Desember 2019, saya menyampaikan keluhan mengenai permasalahan ini melalui akun WhatsApp resmi layanan pelanggan IKEA Indonesia di nomor 081113002242 dan ditangani oleh Saudara Alfian. Saya menyampaikan rincian permasalahan beserta foto dan video kondisi terkini produk. Pada tanggal 31 Desember 2019, Saudara Alfian menyampaikan bahwa permasalahan ini bukan kesalahan produk tetapi timbul karena kesalahan pemakaian dan saya disarankan untuk mengikuti petunjuk perawatan untuk menghilangkan jamur.

Saya tidak dapat menerima jawaban tersebut. Saya menggunakan produk di luar ruang sesuai petunjuk pemakaian sehingga tidak masuk akal apabila IKEA Indonesia menyatakan bahwa tumbuhnya jamur karena pemakaian yang salah. Apabila petunjuk pemakaian sudah diikuti tetapi tetap tumbuh jamur, itu adalah kesalahan produk. Apabila produk memang tidak tahan air yang dapat menimbulkan tumbuhnya jamur, seharusnya pada petunjuk pemakaian tidak ditulis bahwa produk direkomendasikan untuk digunakan di luar ruang.

Saya merasa tertipu membeli produk tersebut. Saya meminta pertanggungjawaban IKEA Indonesia karena produk tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Indra Utama
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai IKEA RUNNEN:
[Total:12    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Kecewa dengan Produk IKEA RUNNEN

  • 4 Januari 2020 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Terima nasib aja sih di tokped itu penjual adalah raja pembeli ikut aturan sewenang2 yang di buat penjual dan di dukung tokopedia jadi pembeli kalau komplain percuma tetap penjual adalah raja pembeli suka ngga suka mau ngga mau harus nurut
    Saya juga kena masalah pengiriman 1 minggu barang baru dikirim minta cancel ditolak komplain ke tokped pun sia2 cuma minta maaf dan tetap membela penjual
    Selesai pengiriman ini saya mau uninstal tokped

  • 4 Januari 2020 - (06:35 WIB)
    Permalink

    betul sekalu, sangat sangat mengecewakan, walaupun saldo tinggal gx seberapa tapi sangat mengecewakan, padahal saya sudah ganti no.baru tapi kenapa pas kemaren hp saya restart dan saya login lg disuruh memasukkan no.yg lama, padahal no.yg lama sudah tidak aktif… sungguh sangat mengecewakan sekali

Tinggalkan Balasan

Kecewa dengan Produk IKEA RUNNEN

oleh Indra Utama dibaca dalam: 1 min
2