Menuntut Hak Ganti Unit Karena Asus Service Center Tak Bisa Memberikan Solusi

Dear Manajemen Asus,

Saya membeli Asus Zenfone Max M2 Pro (ASUS_X01BDA) 4GB/64GB model AS ZB631KL SN: K1AXGF04C955EXC, dengan garansi resmi Asus pada tanggal 16 Juli 2019 di Xenium Cell, Plaza Jambu Dua Lt.1 Blok B2 No.6, telp: 0251 8322 838.

Note: versi Android 9, tingkat patch keamanan Android 5 Desember 2019, versi pita basis MPS00784-SDM660_GEN_PACK-1.204336.1, versi kernel 4.4.153-perf+ #1 Mon Nov 25 11:51:00 WIB 2019, Nomor Build PKQ1.WW_Phone-16.2017.1912.072-20191125,

Beberapa hari penggunaan baik-baik saja, namun beberapa hari setelah itu mulai terjadi kejanggalan pada perangkat ini, seperti:

  1. Media baru tak terdeteksi, misalnya foto baru tidak terdeteksi di Galeri atau Google Foto, musik yang baru diunduh tidak terdeteksi di galeri musik atau Google Play, padahal file tersebut ada di file manager.
  2. Baterai cepat habis (draining super fast).
  3. Cepat Panas.
  4. Charge sangat lama.
  5. Baterai kadang mentok di persentase tertentu atau tidak bisa penuh 100%.

Setelah adanya beberapa kejanggalan ini, sudah berkali-kali saya bolak balik Asus Service Center yang ada di Jambu Dua, Bogor. Setelah di-service, beberapa hari membaik namun setelahnya masalah tersebut kembali seperti semula terutama setelah upgrade OS. Mulai dari 2 kali ganti baterai, beberapa kali install ulang software bawaan (downgrade ke Oreo atau OS bawaan), bahkan sudah ganti mesin (otomatis ganti IMEI). Semuanya dilakukan di Asus Service Center Jambu Dua. Hal ini cukup membuang energi dan waktu saya.

Namun satu hal yang membuat saya kecewa, ketika saya menuntut ganti unit baru, service center tak bisa menyanggupi dengan alasan service center hanya bisa menangani reparasi/perbaikan, bahkan katanya (pegawai Asus Service Center) mereka sempat membantu mengurus pengajuan pergantian unit ke Asus pusat namun tak disanggupi Asus pusat.

Saya menuntut ganti unit karena selain sudah berkali-kali diperbaiki di Asus Service Center yang tak kunjung selesai, juga perangkat dengan tipe yang sama persis lainnya milik orang lain tak ada yang mengalami kendala serupa dengan yang saya alami (kecuali ketika saya diberikan pinjaman hape bekas dengan tipe serupa milik operasional kantor Asus Service Center, saya mengalami hal serupa dengan hape saya sebelumnya yang sedang ditukar dengan perangkat bekas ini).

Harus ke mana dan pihak manakah yang harus saya tuju untuk pergantian unit ini? Karena saya sebagai konsumen berhak merasakan kenyamanan dalam menggunakan produk baru senyaman mungkin tanpa adanya penderitaan karena masalah bawaan pabrik. Jika memang solusi tidak bisa ditemukan atau tidak sanggup mengganti unit baru, maka saya menuntut uang saya dikembalikan secara utuh dan saya akan menggantinya dengan merk atau perangkat tipe lain yang bisa memberikan kenyamanan ketika saya menggunakannya.

Bagi manajemen Asus, tolong segera diproses keluhan ini.

Terima kasih.

Muhammad Faizurrohman
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asus Zenfone Max M2 Pro:
[Total:77    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Menuntut Hak Ganti Unit Karena Asus Service Center Tak Bisa Memberikan Solusi

  • 23 Maret 2020 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami hal yang sama seperti apa yang di katakan seperti berikut
    1.Baterai cepat habis (draining super fast).
    2.Cepat Panas.
    3.Charge sangat lama.
    4.Baterai kadang mentok di persentase tertentu atau tidak bisa penuh 100%.
    Bingung harus gimana lagi ..kurang nyaman pemakaian kalo kaya gini .

  • 23 Maret 2020 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Kasus yg sama dengan yg saya dan teman saya alami pengguna ASUS ZENFONE MAXPRO M2, setelah update system kendala yg dirasakan 1. Waktu charger sangat lama 2. Baterai cepat habis 3. Device cepat panas. Semoga cepat ditanggapi dan diperbaiki oleh pihak dari ASUS..

  • 24 Maret 2020 - (00:25 WIB)
    Permalink

    Ia SM bro. Kendala SM.. foto2 SM music ngk vs ke deteksi… Pas gw cek ada koh file manager. Setelah update aplikasi yg menggangu bro.. koi update Android sih Gpp.. tp update aplikasi jadi ngk beres… Hati2 gw skrg update aplikasi2… Bs2 setahun sekali update aplikasinya..

  • 24 Maret 2020 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Charging time bisa lebih dari 6 jam buat charge dari 20 ke 100%. Batre jadi lebih boros. Cepet panas. Ini mulai kejadian setelah update patch terbaru (.073). Di forum zentalk pun banyak yg keluhannya sama. Ganti unit pun sepertinya sia sia karena kyknya softwarenya yang bermasalah. Sekarang yg bisa diharapin cuma update bulan April nanti. Kalo masih bermasalah juga ga ngerti lagi harus gimana.

  • 24 Maret 2020 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Saya Belum Pernah Mengalami Hal Tersebut
    Mungkin Produk yang mimin Beli salah satu produk miss
    HP saya Menggunakan Asus Zenfone Max Pro M2 dan Yang M2 biasa
    Saya memakai 2 produk ini Pada awalnya saya suka karna mengunnakan android Stok yang pastinya enteng dari pada Android Costum Buatan Vendor
    Saya Pernah mengalami Keanehan di device Ini tapi Saya tidak sampai separah yang anda post
    Ini pendapat saya saja
    Saya pikir anda kurang Memperhatikan atau merawat HP anda
    Sedangkan HP saya sudah saya Gunakan semasimal mungkin dengan ke2 HP ini
    Tidak ada permasalahan di OS maupun Hardware
    Soal Panas Menurut saya tidak terlalu panas
    Jika panas itu maklum Karna HP ini termasuk hp tipis sama seperti HP Moto Panasnya pun menurut saya panas
    Itu wajar karna HP semakin tipis semakin Rawan Suhunya apalagi dipake Gaming
    Kalo Soal Asus Begitu Menurut saya wajar berganti sperpart berkali2 lalu Menuntut iya Nggak mungkin dikasih Device baru
    Secacat2nya produk tapi nggak begitu juga
    Yang pasti Service Center Yang lain juga begitu pasti tidak mungkin Klaim Berkali2 ganti Sperpart lalu menuntut HP baru? Pastinya juga tidak mungkin itu menurut saya

    • 24 Maret 2020 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Sudah coba update ke versi .073 (update yg diberikan bulan maret ini). Yg mengalami isu cepat panas, charging lambat, kadang ga bisa charge sampe 100% ada banyak. Bisa dilihat di forum resmi asus Zentalk baik versi zb630kl (india) maupun zb631kl (global).

  • 24 Maret 2020 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Maaf mkn produk yg saya pakai melenceng dr topik, tapi saya pengguna Asus zenfone m1, mengalami kendala
    sama bahkan sinyall hilang padahal saya menggunakan op tel***,
    Saya turut kecewa, Mungkin untuk perusahaan asus harus belajar dr sam*** yg memudahkan konsumennya, jadi untuk apa ada service center kalau hanya pajangan saja.
    Padahal banyak konsumen nya dan bisa bersaing tapi konsumen baru mau percaya asus mengecewakan nya lagi, ya pada beralih lah…

  • 24 Maret 2020 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna asus max pro m2 6/64 beberapa bulan pemakaian kadang baterai stuck di 72% saat charging suhu hp terasa hangat cenderung panas dan LED indikator di notch berkedip hijau-oranye. Masalah ini baru hilang setelah di restart atau di charge dalam keadaan mati/shut down

  • 21 Januari 2021 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Betul sama gw juga pengguna Asus Zenfone Max M2 Pro, kadang2 berhenti sndiri klo lagi buka2 menu bgtu, UI neclose tau2nya. Touchscreennya juga amburadul banget. CACAT ASUS TAiiii.. pdhal kebilang lama pake ASUS dri Zenfone 5 yg dlu. Tapimakin kesini makin ANCUURRR.
    dari sini gw udah bersumpah gak akan pake Handphone Merk ASUS lagi. komponen PC aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Asus Zenfone Max M2 Pro?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Menuntut Hak Ganti Unit Karena Asus Service Center Tak Bisa Memberikan…

oleh Faizurrohman dibaca dalam: 2 min
11