Buruknya Proses Refund di Shopee

Pada tanggal 09 April 2020 Saya melakukan pemesanan online membeli produk PEN Tablet dari toko ranukumbolmall dengan pembayaran transfer virtual account.

Di hari yang sama pihak merchant menghubungi lewat aplikasi chat Shopee dan menginformasikan stok kosong dan saya diminta untuk mengajukan pembatalan pesanan. Padahal jelas-jelas pada saat order stok masih tersedia, tapi saya coba memaklumi dan lakukan pembatalan pesanan.

Setelah saya lakukan pembatalan di hari yang sama saya dipaksa untuk mengaktifkan Shopeepay agar uang dapat diproses refund. Saya minta di kembalikan ke rekening saya namun pihak customer service memberikan informasi untuk refund ke rekening membutuhkan waktu 30 hari kalender, padahal jelas-jelas ini refund ke rekening. Proses ini pun benar-benar membuat saya geram.

Akhirnya saya coba mengaktifkan Shopeepay saya dan alhasil saya diminta menunggu proses 2×24 jam untuk verifikasi terlebih dahulu. Saya coba chat kembali dengan cs dan diterima dengan agent Maela, jawabannya pun tidak membantu, saya tetap harus menunggu proses verifikasi yang cukup lama. Sampai saat ini pun dari pihak Shopee tidak ada yang menghubungi saya dan uang saya masih tertahan di aplikasi Shopee yang masih belum terverifikasi.

Keinginan Saya hanya 1, di refund ke rekening yang sudah saya lampirkan di aplikasi secepatnya.

Pradhito
Kota Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:14    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Buruknya Proses Refund di Shopee

  • 11 April 2020 - (07:57 WIB)
    Permalink

    sepertinya kita memiliki masalah yg hampir sama soal refund dari shopee,
    walaupun jumlah nominal saya tidak seberapa,
    tapi ini masalah tanggung jawab,
    lalu akhirnya itu bagaimana kak kelanjutannya??,,

    • 11 April 2020 - (08:40 WIB)
      Permalink

      Saya penjual shopee juga merasakan tanggapan shopee untuk masalah ini lebih buruk dibandingkan dengan 2-3tahun lalu saat awal berjualan.. penjualan saya juga banyak yang bermasalah karna pengembalian dana oleh shopee tidak wajar.. cs tidak membantu dengan tepat.. seperti cs baru tidak mengerti.. sampai saya bilang dulu tak seperti ini baru direfund itu juga hanya setengahnya…apa lagi untuk pembeli.. refund sangatlah ribet.. pertama harus mengaktifkan shopeepay setelah itu verivikasi.. nunggu verifikasi tidak 1×24.. baru bisa penarikan dana biasanya ada biaya admin yang dikenakan setiap bank berbeda biaya adminnya.. sedangkan dulu.. tidak seperti ini.. jika menghubungi cs lewat chat akan diteruskan dengan email.. lebih baik hubungi langsung lewat email.. tp balasnya akan lama sekali..

      • 11 April 2020 - (18:20 WIB)
        Permalink

        Sama dgn saya, pada saat terjadi pembatalan dikarenakan barang tdk tersedia maka pengembalian dana harus mengaktifkan shopeepay yg membuat saya jengkel. Saya minta pengembalian ditranfer ke rekening yg saya sudah daftarkan tetapi komunikasi dengan cs shopee harus menunggu sd 30 hari bila mau ditranfer ke rekening yang sudah saya daftarkan. Akhirnya saya menyetujui dengan menunggu sampai waktu yg telah ditentukan yaitu 30 hari. Alhasih setelah 30 hari lamanya saya menunggu namun dana belum juga masuk kerekening saya sampai saat ini. Saya menanyakan kembali ternyata saya diwajibkan mengaktifkan shopeepay bila ingin dana tersebut ditransfer. Padahal saat pemesanan barang saya mempergunakan transfer bank. Jadi sampai saat ini uang saya masih ada di shopee. Saya benar2 kecewa dgn masalah yg saya hadapi ini. Kenapa shopee memaksakan saya utk mengaktifkan shopeepay

  • 11 April 2020 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Berarti sama di Lazada sudah lebih 1 bulan refund juga belum masuk ke rekening sedang chating dengan CS nya juga tidak bisa menyelesaikan, Mungkin kita perlu menggunakan yang produk di negeri sendiri.

  • 6 Juni 2020 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Saya pembeli rutin di shopee tapi kali ini sangat mengecewakan, star seller kurang responsif dan tidak bertanggung jawab. Barang yang saya pesan stok tersedia, namun ketika uang sudah ditransfer tidak segera dikirim barangnya, saya chat katanya masih dicari, sampai sekitar 3 harian masih juga gak dikirim, akhirnya setelah hampir seminggu penjual menawari barang lain yang harganya jauh lebih mahal, bahkan dibanding star seller lainnya, itu terpaut jauh.

    Apakah ini semacam trik penjual menarik konsumen? supaya pemesan yakin barang ada dan transfer uangnya karena tahunya barang tersedia? Kenapa stok mereka tidak selalu terupdate, adaah sistem jika pelapak memasukkan jumlah stok dan kemudian laku akan secara otomatis mengurangi stok yang ada? Seharusnya Shopee mengupgrade sistem mereka dan menerapkan aturan yang tegas pada para pelapak, supaya tidak seenaknya sendiri upload barang dan dijual harga menggiurkan padahal sebenarnya stoknya kosong.

    Ini yang jelas para penjual semacam itulah yang otaknya kosong, karena kebingungan cari pembeli susah, jadi trik apapun dipakai buat mancing pembeli. Hati-hati berbelanja kawan-kawan, mau shopee, Lazada, Bukalapak, apapun itu namanya mereka sarat dengan tipu muslihat.

    Semoga hal semacam ini memerikan pelajaran berguna bagi konsumen agar lebih cerdas dalam membeli apapun lewat online.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Buruknya Proses Refund di Shopee

oleh Pradhito dibaca dalam: 1 min
5