Toyota Auto2000 Lippo Cikarang “Merusak” Mobil Saya dan Melimpahkan Tanggung Jawab Kepada Saya

Perkenalkan nama saya Niko Laus Horianto. Saya selalu mempercayakan mobil saya Toyota Avanza 2016 dengan plat nomor B 11** **P untuk selalu diservis di bengkel resmi Toyota Auto2000.

Pada Kamis 4 Juni 2016, saya membawa mobil saya untuk untuk service berkala 40.000km ke Toyota Auto2000 Lippo Cikarang. Kondisi mobil baik – baik saja hanya memang sudah waktunya service berkala. Seperti biasa di awal saya dengan SA (Service Advisor) melakukan cek bersama. Saat dibuka ruang mesin kami melihat bersama ruang mesin yang kotor dan ada beberapa kabel yang memang digigit tikus. SA hanya menyarankan untuk mencuci ruang mesin saja dan saya iyakan.

Setelah proses service selesai sekitar pukul 14.30, SA tiba-tiba bilang mobil saya mogok dan saya harus membeli part sebanyak 3 buah, namun ternyata mereka hanya punya stock 2 buah. Saya sekaligus disuruh melunaskan tagihan saya sejumlah sekitar 2 juta rupiah. berikut bukti foto part dan pelunasan biaya service saya.

Setelah itu mobil saya berusaha diperbaiki, namun ternyata dengan part tersebut mobil saya masih bermasalah, kepulan asap putih keluar dari knalpot mobil saya. Mereka bilang masalahnya adalah banyak kabel yang digigit tikus dan saat melakukan pembersihan ruang mesin, terjadi kerusakan.

SA sempat bilang injeksi kemungkinan bermasalah dan harus diganti, saya tentu tidak terima dan tidak mau keluar uang lagi untuk mengganti part tersebut. SA malah bilang dia gak mungkin mau urus saya lagi jika saya datang. Saya terus menunggu memperhatikan mobil saya diperbaiki oleh hampir semua teknisi yang ada karena memang jam layanan bengkel sudah selesai. Saya juga melihat mereka mencoba memakai injeksi mobil lain dan hasilnya ternyata nihil. Injeksi saya aman-aman saja.

Karena sampai pukul 5 sore mobil saya belum selesai, saya akhirnya pulang dan mobil ditinggal. Kaget pada hari Jumat tiba-tiba saya ditelepon oleh SA dan dibilang kemungkinan ECU saya rusak. Saya kaget, kenapa dari kabel yang digigit tikus mobil saya jadi rusak sampai ke akar-akarnya. SA bilang saya yang harus menanggung semua biaya pergantian tapi saya tidak terima dan intinya mobil saya harus kembali seperti semula.

Hari ini Senin 8 Juni 2020 saya kembali ditelepon kali ini oleh pihak relationship bahwa ECU saya harus diganti dan mereka mau menanggung 50% biaya, saya tentu tidak mau, selain karena belum tentu ECU saya rusak, kerusakan juga bukan karena saya. Dia juga bilang ini rusak karena dicuci. Kan mereka yang menyarankan untuk dicuci, bahkan saya bayar biaya pencuciannya, kenapa kalau rusak saya yang tanggung?

Setelah itu dia bilang mereka akan ganti, tapi kabel wiring 1 set harus diganti untuk mencegah kerusakan di kemudian hari. Kalau tidak diganti mereka tidak mau tahu jika ECU saya rusak lagi. Ini menurut saya semakin mengada-ada, kenapa jadi serumit ini dari kabel digigit tikus saya harus tanggung jika rusak sana sini? Kenapa tidak dari awal disuruh ganti?

Tolong pihak Toyota Auto2000 untuk jangan main-main dengan pelanggan, saya tidak tahu mobil tapi saya rasa siapa saja bisa merasakan kejanggalan di sini. Saya mempercayakan mobil saya ke bengkel resmi namun bengkel resmi malah seperti mempermainkan saya, seperti tidak ada komitmen sama sekali dari pihak Toyota Auto2000 dan selalu melimpahkan segalanya kepada pelanggan seolah-olah mobil saya benar-benar rusak dari awal.

Niko Laus Horianto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Auto2000 Lippo Cikarang:
[Total:29    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

10 komentar untuk “Toyota Auto2000 Lippo Cikarang “Merusak” Mobil Saya dan Melimpahkan Tanggung Jawab Kepada Saya

  • 9 Juni 2020 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Update 9/6/2020. Pihak toyota setuju menanggung biaya penggantian ECU namun saya diwajibkan untuk mengganti set kabel wiring. Jika tidak, mereka tidak mau tanggung jika terjadi kerusakan lagi dan saya diwajibkan untuk menulis surat pernyataan. Akhirnya saya setuju untuk mengganti set kabel wiring tersebut, namun ternyata mereka baru akan memesan dari Toyota (padahal mereka bengkel resmi Toyota Auto2000) dan proses pengerjaan 1-2 hari setelah part datang. Tidak ada kepastian kapan part datang. Mobil saya masuk dari hari kamis 4/6/2020 dan baru kemarin diinfokan harus ganti kabel, dan baru hari ini akan dipesan. Saya sudah tidak tahu lagi kapan mobil saya akan selesai, dan saya yakin mereka tidak akan peduli akan kerugian karena saya tidak bisa memakai mobil saya sendiri.

    • 8 Oktober 2020 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Sepertinya nama besar auto2000 tidak sebanding dengan kinerja staff nya. Saya juga baru bermasalah dengan auto 2000 cabang pluit. Setir mobil saya lecet karena spooring teknisi kurang hati-hati, sa yang melayani bilang atasan nya mau bertanggung jawab, tapi begitu ke sana dilayani langsung oleh orang yang tidak memperkenalkan diri dia siapa. Petugas ini banyak basa basi nya ( saya tangkapnya dia ingin menggiring opini bahwa setir ini bukan kesalahan mereka, namun saya tunjukaj bukti foto). Petugas yang menangani saya juga banyak drama hingga saya mau di pukulin dan di tunjuk-tunjuk oleh petugas yang tiba-tiba muncul dan pegang-pegang setir tanpa seizin saya.(dia merusak kulit setir, tapi dia mengaku tidak, saya bilang ada foto sebelum, lalu dia marah). Untungnya petugas keamanan auto 2000 pluit menahan petugas tersebut sehingga saya tidak jadi di pukul. Akhirnya saya langsung pulang saja, karena merasa di permainkan di sana. Sa yang melayani saya pun menghilang begitu saja, saya coba contact pun tidak di respon. Saya sudah putuskan untuk stop berhubungan auto 2000 pluit. Namun setelah melihat masalah anda, saya memutuskan stop untuk semua auto2000. Saya sudah relakan masalah mobil saya, daripada berurusan dengan petugas yang licik.
      Akhir kata, semoga masalah mobil anda bisa segera di selesaikan.

    • 9 Juni 2020 - (16:56 WIB)
      Permalink

      Jawabannya hanya semoga pelayanan bisa lebih baik ke depan? APA GA SALAH? TOLONG ITU BANTU FOLLOW UP BANGKEL RESMI ANDA AGAR MOBIL SAYA BISA SEGERA DISELESAIKAN!!!

  • 9 Juni 2020 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Yang kaya gini coba lapor ke Kopi Joni ( Hotman Paris ) biar kasus gede sekalian…nama besar Toyota kok kaya bengkel murahan.

  • 9 Juni 2020 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Kalau pihak AUTO 2000 bilang itu ECU nya yg rusak, kenapa waktu awal bawa mobil ke sana tidak mogok, kalau seandainya itu ECU rusak, pasti dari awal masuk ke bengkelnya itu mobil ga bisa hidup. itu pasti karena ruang mesin di cuci, kemungkinan air nya ada masuk ke dalam ECU nya, sehingga ECU nya bermasalah.

    • 10 Juni 2020 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Iya memang sudah sangat jelas seperti ini. Tapi entah apa yang mereka pikirkan kenapa pada awalnya mereka melimpahkan kesalahan kepada saya. Jika memang rusak karena pada awalnya kabel banyak digigit tikus, kenapa mereka mau bahkan menyarankan untuk dicuci dan menyebabkan itu konslet, bahkan saya membayar untuk biaya pencuciannya. Saya benar – benar tidak mengerti. Jika saya tidah ngotot mungkin saya diharuskan membayar semuanya.

  • 16 Juni 2020 - (10:35 WIB)
    Permalink

    TANGGAPAN SURAT PEMBACA MEDIA KONSUMEN (SENIN, 8 JUNI 2020)
    Toyota Auto2000 Lippo Cikarang “Merusak” Mobil Saya dan Melimpahkan Tanggung Jawab Kepada Saya

    Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas informasi dan saran yang telah Bapak Niko Laus Horianto sampaikan melalui surat pembaca Media Konsumen pada hari senin, 8 Juni 2020. Dan pada saat ini kami menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya atas ketidaknyamanan yang bapak rasakan.

    Terkait keluhan Bapak Niko Laus Horianto, kami telah telah melakukan upaya penyelesaian sejak keluhan tersebut kami terima. Bapak Niko pun sudah menerima dengan baik penjelasan dan penyelesaian yang kami sampaikan, sehingga keluhan bapak Nika telah ditangani dan diselesaikan dengan baik oleh Auto2000 Cikarang.

    Semoga dengan penanganan keluhan yang kami berikan, dapat semakin meningkatkan kepercayaan Bapak Niko selaku pelanggan setia Auto2000, khususnya Auto2000 Cikarang. Selain itu informasi dan saran bapak Niko akan kami jadikan sebagai pacuan kami untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan Auto2000 secara keseluruhan

    Demikian tanggapan ini kami sampaikan, Atas perhatian, informasi dan saran yang Bapak Niko berikan, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami
    Management Auto2000 Cikarang

 Apa Komentar Anda mengenai Auto2000 Lippo Cikarang?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Toyota Auto2000 Lippo Cikarang “Merusak” Mobil Saya dan Me…

oleh nlausho dibaca dalam: 2 min
10