Belum Ada Kejelasan Soal Pengembalian DP Konsumen Developer Lavon City

Saya adalah pembeli unit di Lavon City 2 type G Montana no. 5 ketika acara Grand Launching Lavon lalu yang dilayani sales Bp.Chandra. Dan saya hanya menandatangani confirmation form CF 00002878 sebanyak 5 lembar dimana tertulis kesepakatan harga rumah Rp.1.488.000.000 dengan Booking Fee Rp.10 juta hangus bila rumah batal beli. Cicilan pembayaran deposit selama 22 bulan sampai Juni 2020 bulan lalu @ Rp.9.691.000 per bulannya dan dilanjutkan KPR Rp.1.264.800.000.

Sebelum menandatangani saya tanya ke Bp.Chandra bagaimana bila proses KPR tidak disetujui? Beliau menjawab uang Deposit 100% akan dikembalikan ke konsumen tanpa syarat. Karena saya membaca confirmation form di atas tidak ada perjanjian lain dari developer maka saya tandatangani surat tersebut.

Masalah muncul ketika saya dihubungi Bu Melissa bagian finance Lavon untuk proses KPR bulan Juni 2020 kemarin karena DP 22 bulan saya telah selesai dan ada beberapa bank rekanan Lavon City menghubungi saya dan saya tanyakan bunga yang terendah ke Bu Melissa. Beliau wa PIC Bank Maybank untuk bisa dicoba proses juga dengan bank NISP. Namun karena kondisi COVID 19 dan besar income serta biaya hidup tidak seimbang berdasarkan data income 3 bulan terakhir Maret 2020 sd Mei 2020 maka permohonan KPR saya ditolak 2 bank tersebut.

Pemberitahuan penolakan 2 bank tersebut sudah saya infokan ke Bu Melissa dan saya WA beliau dan sales Pak Chandra tanggal 17 Juli 2020 agar disampaikan ke management Lavon agar DP yang sudah saya bayar bisa dikembalikan 100% ke saya. Namun sampai deadline tanggal 28 Juli kemarin malah Bu Melissa menyatakan by WA bahwa DP tersebut harus dipotong biaya administrasi 3% dari harga jual. Itupun setelah unit tsb terjual kepada pembeli lainnya dan pembeli tersebut setuju menandatangani perjanjian yang tercantum pasal penegasan yaitu pasal 64.B , dimana pasal ini tidak jelas sama sekali dan ketentuan-ketentuan biaya administrasi 3% dan syarat-syarat di atas tidak pernah disampaikan ke saya ketika awal transaksi lalu.

Saya berusaha menghubungi by WA maupun handphone selama 2 hari 28 dan 29 Juli ke bu Melissa sudah tidak pernah ditanggapi lagi dan pak Chandra WA ke saya bahwa beliau sudah mengajukan permohonan saya ke bagian terkait namun tidak disetujui sehingga tidak bisa membantu lagi.

Saya mohon pihak management Lavon City dapat mengembalikan DP 100% ke saya karena saya hanya menandatangani confirmation form yang tidak tertera syarat-syarat yang ditetapkan sepihak oleh developer. Terima kasih.

Andreas
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:7    Rata-Rata: 3.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Belum Ada Kejelasan Soal Pengembalian DP Konsumen Developer Lavon City

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Belum Ada Kejelasan Soal Pengembalian DP Konsumen Developer Lavon City…

oleh Raja dibaca dalam: 1 min
1