Pembayaran Kartu Kredit BRI melalui Traveloka Paylater Berhasil di Aplikasi, tapi Tidak Terbayarkan ke BRI

Pembayaran Kartu Kredit BRI melalui Traveloka berhasil di Aplikasi, tapi tidak terbayarkan ke BRI

Berikut kronologinya:

4 September 2020 01:09. Transaction Completed ( di apps Traveloka)

7 September 2020:

  1. Dicek saldo Traveloka paylater tidak bertambah Harusnya ketika ada pembayaran bertambah
  2. Komplain ke Traveloka chat (lewat help me inbox), dijawab tunggu proses membutuhkan verifikasi oleh tim BRI maks 3 hari kerja

9 September 2020. Komplain menanyakan karena sudah 3 hari dan tidak ada perubahan

10 September 2020:

  1. Pertanyaan tanggal 9 dijawab Novi CBPS pemesanan telah berhasil dan terbayarkan dengan baik. Minta surat tagihan yg menyatakan belum diterima bankpenerbit
  2. Saya infokan bahwa di aplikasi belum terupdate saldonya jadi belum terbayarkan, dan saya kirimkan bukti screencapture applikasinya baru oleh Traveloka akan mengkonfirmasi ke pihak supplier.

11 September 2020. Saya komplain ke Traveloka chat lagi jawabanya hanya disuruh menunggu proses

12 September 2020:

  1. Saya komplain lagi Traveloka chat karena sudah 8 hari sejak saya transfer uang ke Traveloka. Dijawab masih dalam proses oleh pihak partner.
  2. Saya mengubungi BRI call, dan memasukan dan diinfo CS bahwa belum ada pembayaran masuk atas Kartu kredit Saya.
  3. Oleh BRI dibuatkan laporan karena saya sudah membayar melalui Traveloka untuk di cek dengan nomer laporan 30497177 dan saya diminta mengirimkan bukti pembayaran saya melalui email.

16 September 2020:

  1. Saya komplain lagi Traveloka chat karena sudah 12 hari sejak saya transfer uang ke Traveloka. Dijawab masih dalam proses oleh pihak partner, disuru menunggu 3x24jam
  2. Siang saya mendapatkan telp dari BRI atas laporan saya dan diinfo bahwa BRI belum menerima pembayaran dari pihak Traveloka per hari ini. Jadi saya diminta menghubungi Traveloka
  3. Langsung saya telp ke call centre Traveloka menanyakan hal ini, infonya akan dicek dan diminta menunggu 30-60 menit akan dihubungi oleh Traveloka
  4. Setelah 2 jam tidak dihubungi, Saya telp ke call centre Traveloka LAGI untuk akan dicek dan diminta menunggu 15-30 menit akan dihubungi oleh Traveloka (karena saya sudah berkali-kali komplain akan diprioritaskan)
  5. Setelah 3 jam tidak dihubungi, Saya telp ke call centre Traveloka LAGI dan infonya bagian CBPS akan menghubungi saya by phone, saya memutuskan menunggu sampai sy dihubungi CBPS Traveloka dan tidak menutup telefon dahulu, di tengah itu Traveloka chat inbox saya bilang nomer saya tidak bisa dihubungi, padahal jelas tidak ada telefon dari Traveloka. Saya tunggu sampai telefon saya dengan CS berjalan 1jam 5 menit masih tidak dihubungi dan malah dimatikan sepihak telefon saya.
  6. Saya telp ke call centre tarveloka LAGI, dan diinfo bagian CBPS akan emnghubungi saya, baru setelah itu ada telp dari CBPS dan memberi penjelasan yang bagi saya sangat tidak bisa saya terima
  7. CBPS mengatakan kami cuma bisa meminta maaf ada kendala di pembayaran, dan menjelaskan bahwa pembayaran saya telah berhasil diterima (di apps juga tulisanya sudah berhasil) dan dari Traveloka sudah membayarkan ke “pihak terkait” (disini tidak dijelaskan siapa, ketika saya tanya ke BRI?dijawab kami tidak bisa menginfokan siapa dan tidak mengatakan itu BRI).

Lalu saya tanya apakah sudha di follow up? Dijawab sudah setiap hari sejak tanggal 10 hanya email ke pihak terkait NAMUN BELUM MENDAPAT JAWABAN , dan ketika saya tanya saya harus menunggu sampai kapan 3/5/7 hari? Dijawab SAMPAI WAKTU YANG TIDAK BISA DITENTUKAN.

Lalu saya tanya lagi kalau sampai sekian waktu tidak ada jawaban tidak adakah tindakan/solusi lain dari Traveloka dari Traveloka? Karena uang sudah saya serahkan ke Traveloka dan saya tidak bisa boleh tahu pihak terkait padahal BRI sudah saya tanya dan tidak menerima pembayaran saya) dijawab kami menunggu jawaban pihak terkait.

Jadi intinya saya disuruh menunggu sampai kapan TIDAK TAHU, apakah ada jalan keluar TIDAK TAHU, saya ajak ke BRI untuk komplain Traveloka tidak mau, saya minta sambungkan ke atasannya juga dijawab diluar kendali.

BAGAIMANA DENGAN PEMBAYARAN SAYA? Pembayaran kartu saya sudah berhasil di apps Traveloka tapi tercatat TIDAK ADA PEMBAYARAN di bank BRI, di awal Traveloka bilang menunggu verifikasi bank BRI, tapi terakhir menjawab tidak mau menyebutkan pihak terkait yang sudah dibayarkan dan menyatakanpihak terkait tersevut belum tentu BRI namun tidak menjelaskan siapa, lalu uang saya dibayarkan ke SIAPA? Traveloka juga TIDAK TAHU sampai kapan pembayaran saya akan dibayarkan ke BRI atau di refund ke saya.

Vanessa Vetriyanna
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:3    Rata-Rata: 3.7/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Vanessa Vetriyanna

Kepada Yth., Ibu Vanessa Vetriyanna, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Vanessa tujukan kepada...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Pembayaran Kartu Kredit BRI melalui Traveloka Paylater Berhasil di Aplikasi, tapi Tidak Terbayarkan ke BRI

  • 18 September 2020 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Bayar tagihan KK itu paling aman adalah dengan langsung kasih duit ke bank penerbit KK, tanpa melalui perantara/makelar.
    Nomor 1 paling aman adalah apabila punya rekening di bank penerbit KK, sehingga langsung bayar secara internal (melibatkan hanya 1 pihak).
    Nomor 2 cukup aman adalah antar bank (apabila tidak ada rekening di bank penerbit KK), yang melibatkan 2 pihak yaitu bank sumber dana & bank penerbit KK.

    Lah kalau via makelar, berarti (minimal) melibatkan 1 pihak lagi, yaitu pihak makelar di antara bank sumber dana & bank penerbit KK. Belum kalau ternyata makelarnya melibatkan pihak lain lagi dalam pemrosesan pembayaran tersebut (seperti yang nampaknya disebut sebagai “pihak terkait” dalam surat di atas).

    Sudah ada beberapa surat senada yang tayang di sini, menandakan cukup banyak orang yang demen bayar tagihan KK pake makelar semacam ini. Entah apa alasannya: dapat cashback? dapat potongan? dapat koin?
    Yang jelas, *jikalau* ternyata nyangkut seperti ini, apa sepadan cashback, potongan, koin dll tersebut dibandingkan dengan puyengnya mengurus duit pembayaran KK senilai jutaan (asumsi saya sih) yang nyangkut tak tentu rimbanya, sementara ada kemungkinan harus melakukan pembayaran ulang (jadi dobel bayar) selama masih mengurus duit yang nyangkut tersebut agar tidak terkena charge dari KK ybs.

    Semoga cepat ada solusinya, & makelar ybs masih sempat (ada waktu) dengan sungguh2 mengurus hal ini, mengingat ada kemungkinan ybs juga masih ada tanggungan mengurus refund2 tiket pesawat yang malah sudah tertunda berbulan-bulan.

    • 19 September 2020 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Samuel Wijaya atas masukannya.
      Saya sangat setuju pendapat itu. Saya lebih memilih transfer langsung ke bank juga.
      Tp disini kasus saya kartu kreditnya adalah kartu kredit keluaran traveloka paylater BRI, semua nglink ke Traveloka apps. Jadi selama ini sy selalu bayar melalui traveloka, karena tagihan pun muncul dari traveloka, baru beberapa hari setelahnya sy mendapat email Billing dr bank BRI . Karena hal tersebut saya percaya dan selama ini membayar melalui traveloka. Bukan karna diskon/casback/promo kak.
      Saya sebagai customer sangat kecewa dengan pelayan Traveloka, Per detik ini dari pihak Traveloka masih blm membayarkan tagihan saya ke BRI (saldo belum update) ataupun merefund pembayaran saya. Tanggapan dari CS maupun Connectivity and Bill Payment Specialist juga tidak memberi jalan keluar seperti tidak mau bertanggung jawab atas uang yang sudah sy percayakan ke Traveloka untuk dibayarkan ke BRI.
      Saya mengerti kendala banyaknya refund tiket di traveloka, tapi itu kan antara traveloka dengan maskapai penerbangan, sedangkan saya ini bukan beli tiket lalu di refund, tp hanya membayar kartu kredit saya yang seharusnya tidak akan ada kendala untuk langsung dibayarkan Ke BRI atau direfund jika tidak berhasil.
      Terimakasih doanya ya kak, saya juga berharap Traveloka segera membayarkan pembayaran saya ke BRI atau merefund uang saya.

      • 19 September 2020 - (14:04 WIB)
        Permalink

        Saya sudah 1 tahun memakai kartu kredit bri dri traveloka selama ini alhamdulilah lancar karena saya tidak pernah membayar tagihan kartu kredit bri traveloka di aplikasi melain kan saya transfer lewat bca ke bri langsung ke atas nama saya langsung jadi saldo kartu kredit saat itu juga masuk dalam hitungan menit

  • 19 September 2020 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Saran saya adalah lakukan pembayaran langsung ke penerbit kartu. Kartu kredit BRI dapat dibayarkan menggunakan menu transfer online antar bank baik melalui ATM ataupun mobile banking. Pembayaran tersebut akan diterima oleh bank secara real time (nominal pembayaran akan terlihat H+1 pada rincian transaksi setelah pembayaran diterima oleh bank).

  • 21 September 2020 - (08:18 WIB)
    Permalink

    Terimakasih masukanya Siti dan Aru,
    Next saya tidak akan pakai Traveloka tp langsung membayarkan langsung ke bank.
    Kemarin itu karena saya kira selama ini tidak ada masalah, tapi ternyata Traveloka bermasalah bahkan sampai detik ini pembayaran sy juga belum dibayarkan ke BRI. biar ini jadi pelajaran saya dan yang lain juga.
    Dan Mohon pihak TRAVELOKA segera membayarkan tagihan ke BRI saya atau merefund uang saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Kartu Kredit BRI melalui Traveloka Paylater Berhasil di Apl…

oleh vanessa dibaca dalam: 3 min
5