Tidak Pernah Memakai Kartu Kredit CIMB Niaga, tapi Dibebankan Tagihan Sebesar 3 Juta Rupiah

Yang terhormat Bapak/Ibu Pimpinan dan team Bank CIMB Niaga,

Saya bekerja tahun 2015 di salah satu distributor dan membuka rekening di CIMB Niaga. Selama saya bekerja, saya tidak pernah meminta/mengajukan kartu kredit CIMB Niaga, tetapi dari pihak bank mengirimkan kartu kredit ke rumah saya. Kartu kredit tersebut tidak saya aktivasi, karena saya tidak ingin menggunakan kartu kredit.

Beberapa waktu kemudian, saya dikirimkan kartu kredit kembali, walaupun saya tidak mengajukan permintaan kartu kredit CIMB Niaga tersebut. Karena saya tidak tertarik menggunakan kartu kredit, jadi kartu kredit CIMB Niaga disimpan dan tidak digunakan sama sekali.

Tahun 2017 saya resign dari tempat saya bekerja. Karena saya sudah resign, saya tidak menggunakan rekening CIMB Niaga lagi. Saldo akhir saya sisakan Rp126.000 tanggal 4 Desember 2017.

saldo akhir dan transaksi terakhir yaitu 4 desember 2017
saldo akhir sebesar 126.000 rupiah dan transaksi terakhir 4 desember 2017

Yang pertama, bagaimana bisa rekening yang sudah tidak digunakan selama 2017 -2020, dengan saldo 126.000 rupiah, masih aktif kartu kreditnya hingga sekarang ? Bagaimana bisa pihak Bank CIMB Niaga membiarkan kartu kreditnya masih aktif sedangkan saldo rekeningnya saja Rp126.000 ?

Tagihan kartu kredit tanggal 4 desember 2020
3 tahun tidak aktif menggunakan CIMB Niaga, Desember 2020 terdapat tagihan kartu kredit CIMB Niaga yang tidak pernah saya dan keluarga saya sama sekali gunakan

Yang kedua, setelah tiga tahun tidak aktif di CIMB Niaga, tanggal 4 desember 2020, masuk SMS berisi tagihan transaksi kartu kredit yang tidak pernah saya dan keluarga saya lakukan. Bagaimana bisa kartu kredit saya digunakan, jika orang tersebut tidak mengetahui pin saya dan data pribadi saya? Apa mungkin data pribadi dan pin kartu kredit saya di bank CIMB Niaga bocor? Bagaimanakah CIMB Niaga menjaga kepercayaan nasabah terhadap sistem keamanan data nasabah?

Saya sudah mengajukan pengaduan, tetapi mengapa saya harus membayar tagihan transaksi kartu kredit yang tidak pernah saya lakukan? Mohon CIMB Niaga tidak mengecewakan dan merugikan nasabah. Saya yakin bank CIMB Niaga mengutamakan kepercayaan nasabahnya.

lokasi kunjungan 5 tahun terakhir
Lokasi kunjungan saya 5 tahun terakhir tidak pernah ke luar daerah Bali. Bagaimana bisa saya melakukan proses transaksi kartu kredit di Accord Advantage Plus Jakarta ?

Yang ketiga, bagaimana mungkin saya melakukan transaksi kartu kredit di lokasi ACCOR ADVANTAGEPLUS JAKARTA, sedangkan posisi saya dari 1 Januari 2020 hingga hari ini masih di Denpasar, Bali? Saya cari tahu di Google, PT. Accor Advantageplus adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan membership hotel Accor. Lokasi kantor: Mayapada Tower II 7th Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav.27 Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan 12920. Bagaimana bisa saya berpindah lokasi secepat itu dari Bali ke Jakarta? Mengingat biaya pesawat yang cukup mahal di masa pandemi ini.

Cukup tidak adil, jika saya harus membayar tagihan transaksi kartu kredit, yang tidak pernah saya gunakan sama sekali ataupun keluarga saya. Saya pun tidak pernah memberikan data pribadi, PIN, nomor kartu kredit CIMB Niaga saya, karena jujur saya tidak tertarik menggunakan kartu kredit dan tidak tahu cara menggunakannya.

Yang keempat, saya ingin menutup rekening dan kartu kredit saya tanggal 4 Januari 2021, tetapi pihak bank menolak dengan alasan data saya tidak lengkap. Jika data saya memang tidak lengkap di CIMB Niaga, mengapa kartu kredit saya masih aktif selama 3 tahun terakhir? Bagaimana bank memiliki keberanian untuk membiarkan kartu kredit yang tidak pernah saya gunakan sama sekali tetap aktif padahal saldo akhir di rekening saya sebesar 126.000?

Mohon bantuannya dan kebijaksanaan CIMB Niaga untuk menutup rekening dan kartu kredit saya ataupun produk lainnya di Bank CIMB Niaga. Mohon tidak memberatkan nasabah di masa pandemi ini. Hidup yang serba sulit di masa pandemi ini, akhir Januari 2021 ini saya sudah berhenti dari pekerjaan saya.

Sudah bingung mencari pemasukan, saya harus dibebankan atas tagihan transaksi kartu kredit yang tidak pernah saya ataupun keluarga saya lakukan? Cara menggunakan kartu kredit saja saya dan keluarga tidak, karena memang agak gaptek dari segi pembayaran digital. Mohon keadilan dari pihak CIMB Niaga.

Saya cukup kecewa atas situasi tagihan kartu kredit siluman ini. Kepercayaan saya pun mulai berkurang pada CIMB Niaga. Cukup dirugikan sekali, rasanya seperti dikhianati dan dibohongi karena dibebankan dan bertanggung jawab atas tagihan kartu kredit yang tidak pernah saya lakukan sama sekali. Mohon pihak Bank CIMB Niaga adil dan tidak mengecewakan nasabahnya. Saya yakin pihak bank CIMB Niaga mengedepankan kenyamanan nasabahnya

Terima kasih.

Dewa Ayu Indah Cahya Dewi
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga:
[Total:33    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Dewa Ayu Indah

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Dewa Ayu Indah Cahya Dewi yang berjudul “Tidak Pernah Memakai Kartu Kredit CIMB Niaga,...
Baca Selengkapnya

Loading...

21 komentar untuk “Tidak Pernah Memakai Kartu Kredit CIMB Niaga, tapi Dibebankan Tagihan Sebesar 3 Juta Rupiah

  • 5 Januari 2021 - (14:48 WIB)
    Permalink

    saldo kan g ada hubungannya sama aktif tidaknya kartu kredit, tapi banyak juga kejanggalan di cerita kamu, apabila kartu kredit kamu simpan dan tidak pernah kamu aktifkan, gimana caranya kamu bisa punya pin kartu kredit? itu proses yang butuh verifikasi dari pengguna, sudah jelas kamu aktifkan sehingga punya pin

    4
    2
    • 5 Januari 2021 - (15:07 WIB)
      Permalink

      Maksudnyanya pin kali pin kartu atm ato apapun itu selain kartu kredit kan katanya tidak tertarik sama sekali make kk. Berbaik sangka sedikit dong

      • 5 Januari 2021 - (16:10 WIB)
        Permalink

        mas, namanya kk kalau tidak diaktifkan tidak bisa dipakai. dan terbukti dari SMS-SMS yang dia terima, KK nya sudah aktif sebelum dipakai di tanggal 4, kalau saya sebagai pencuri data, punya akses pakai KK, saya g nunggu 3 hari deh, saya langsung pakai saat itu juga. dan itu yang aneh, ada nomor kartu kredit nya pun, nomor CVV itu secara fisik tertulis di belakang kartu, 100% tidak mungkin ada yang bisa memakai kecuali ada orang yang ke rumahnya dia, kemudian mengintip kartu kredit yang disimpan itu. terus ya masalah lokasi, nama nya KK itu bisa dipake online, tidak ada istilah saya di bali makanya saya tidak bisa pakai.

        • 5 Januari 2021 - (18:13 WIB)
          Permalink

          Yup dulu pas awal cc mandiri ketrima dan aktif juga tiba2 ada percobaan trx di situs ecommerce, cuman gagal karena ga lengkap paling datanya.

          Ati2 aja yg punya CC simpen baik2 data2 nya. Transaksi online banyak yg ga perlu 3DS soalnya cuman perlu cvv2 ama paling banter verifikasi alamat billing.

        • 6 Januari 2021 - (22:18 WIB)
          Permalink

          Gak juga, saya pernah dapet pengalaman dapet kartu kredit yang aktif otomatis tanpa perlu diaktifkan oleh pemilik. Jangankan pernah dipake, dibuka aja gak pernah. Tiba2 dapet tagihan buat bayar annual fee tanpa ada keterangan di amplop kalau kartu akan aktif otomatis.. akhirnya minta ditutup sambil ngomel ke cs, beruntungnya bank nya kooperatif dan bisa ditutup.

        • 6 Januari 2021 - (22:43 WIB)
          Permalink

          Gak juga. Saya pernah dapet cc dari 1 bank swasta yg gak perlu diaktifin sama pemilik. Jangankan dipake, dibuka aja amplopnya gak pernah. Tiba2 setahun kemudian dapet tagihan utk bayar annual fee. Yaa ngomel lah saya ke cs, dan kata cs kartu aktif otomatis 3 bulan setelah dikirim dan itu tidak tertera di keterangan cc pas saya bongkar amplopnya. Gila banget kan itu, gimana kasus nya klo itu kartu gak sampe ke saya. Akhirnya saya tutup, dan untungnya bank kooperatif untuk ini.

          • 9 Januari 2021 - (10:51 WIB)
            Permalink

            sori nih ya, otomatis aktif pun tidak ada alasan bagi pengguna ini bisa bilang terpakai transaksi yang tidak dikenal, karena PENGAKUAN dari penulis artikel kartu kredit tidak pernah dipakai dan tersimpan, tapi bisa memiliki PIN, padahal kalau memiliki PIN otomatis tahu kartu kredit aktif. Yang kedua apabila terpakai transaksi, OTOMATIS data CVV nya tidak mungkin ada yang tahu kecuali penulis artikel, karena PENGAKUAN dari dia disimpan untuk kartunya. ANEH KAN?

  • 5 Januari 2021 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Harus bisa dibedakan antara saldo rekening dengan limit kartu kredit. Rekening bank boleh saja tidak aktif tapi kartu kredit tetap akan aktif hingga masa berakhirnya kartu (biasanya 4-5 tahun). Kecuali ada permintaan penutupan kartu kredit oleh nasabah. Kartu kredit tidak bisa non aktif dengan sendirinya seperti halnya rekening tabungan. Saran saya hubungi pihak bank untuk melakukan pengecekan lebih lanjut dan jika tidak ingin digunakan, kartu kredit nya tutup permanen saja.

    • 5 Januari 2021 - (16:20 WIB)
      Permalink

      nah itu yang janggal kan ya dari ceritanya orang ini, kartu kredit nya g pernah diaktifkan kok, harusnya tidak peduli masa aktif kartu dan juga seharusnya tidak perlu penutupan. tapi terbukti dari cerita nya sendiri dan foto-foto yang dicantumkan bahwa kartu memang telah diaktifkan sendiri
      1. dia punya pin kartu kredit(kalau tidak bikin tidak mgkn punya)
      2. dia menerima SMS berulang kali sebelum tanggal 4, perihal promo KK no 58, sudah jelas dia tahu bahwa itu aktif karena itu adalah KK nya dia, kenapa tidak mempertanyakan kenapa dia menerima SMS untuk KK nya padahal tidak aktif

      • 5 Januari 2021 - (18:25 WIB)
        Permalink

        saya tidak pernah meminta/mengajukan kartu kredit, mengaktivasi juga tidak ada. kartu kredit diterima masih dalam amplop itupun saya terima sudah lama selama saya bekerja dari 2015-2017. saya pun masi mencari amplop yang berisi kartu kredit tersebut di rumah saya. untuk form sanggahan pun diminta nomor kartu kredit, saya tidak tahu nomornya dan dibantu oleh CS CIMB Niaga untuk info nomornya. dan untuk pesan promo itu saya mulai di sms dari agustus itu saya tidak tahu kalo kartu kredit saya aktif sudah mulai dari kapan. karena saya tidak pernah mengaktivasi kartu kredit, pak ivan.

        • 6 Januari 2021 - (13:27 WIB)
          Permalink

          1. Kk cimb otomatis aktif saat kartu diterima
          2. Saldo rekening tabungan ga ada hubungannya sama keaktifan kartu kredit
          3. Saat ada notifikasi transaksi, harusnya langsung konfirmasi ke bank buat laporan pengaduan.
          4. Jangan dibayar dl, tapi konfirmasi ke bank/kepolisian buat laporan..

        • 7 Januari 2021 - (02:30 WIB)
          Permalink

          Kalau sudah diterima berarti itu udah ada kata sepakat dan anda sudah memiliki kartu tersebut meskipun tidak anda aktifkan. Biasanya annual fee akan gratis di tahun pertama dan akan ditagihkan di tahun kedua dan seterusnya. Seharusnya kalau anda tidak ingin berurusan dengan kartu kredit langsung anda hubungi pihak bank saat kartu diterima dan minta dinonaktifkan.

  • 5 Januari 2021 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Apabila kartu tidak pernah digunakan dan tidak pernah diaktifkan, berarti kartu masih dalam amplop dong ya? Hal tsb bisa dijadikan bukti apabila kartu memang tidak pernah diaktifkan, apalagi digunakan. Cuma dari artikel yang aku pernah baca, kalau kartu kredit diterima nasabah, sekalipun tidak pernah diaktifkan, bukan berarti annual fee tidak akan terbit. Jadi sebaiknya kartu ditutup saja sekiranya tidak akan digunakan.

  • 5 Januari 2021 - (16:29 WIB)
    Permalink

    terima kasih kepada bapak-bapak yang telah berkomentar dan memberi masukannya .

    CIMB Niaga telah menanggapi keluhan saya dan saya bersedia menunggu hingga proses investigasi selesai pada tanggal 22 Maret 2021.

    terima kasih

    1
    4
  • 6 Januari 2021 - (03:41 WIB)
    Permalink

    Sudah terlalu sering ada penelelon yang mengaku dari CIMB Niaga menawarkan kartu kredit. Sudah ditolak berkali kali, sampai saya bilang bahwa saya pengangguran, masih telpon terus menawarkan produk. Terakhir penelepon saya bentak dan saya marahi bahwa saya gak tertarik dengan penawarannya.

    • 7 Januari 2021 - (02:32 WIB)
      Permalink

      Itu telemarketing dan mereka kejar target. Saran saya pake aplikasi True Caller jadi sebelum diangkat akan muncul nama penelepon secara otomatis berdasarkan riwayat dari pengguna lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Memakai Kartu Kredit CIMB Niaga, tapi Dibebankan Tagihan …

oleh ayu dibaca dalam: 3 min
21