Sangat Kecewa dengan Maskapai AirAsia

Sebelumnya saya sangat berterima kasih dengan adanya Media Konsumen yang sudah banyak memfasilitasi keluhan konsumen.

Saya ingin menegaskan bahwa sebelumnnya saya sudah berkali-kali menggunakan AirAsia, bahkan sebelum pandemi cenderung memilih AirAsia karena ketepatan waktunya.

Singkat cerita, saya memesan tiket AirAsia lewat Tokopedia untuk istri saya pada tanggal 08-03-2021 untuk penerbangan tanggal 19-03-2021 pukul 13.40.

Pada tanggal 16-03-2021 saya menerima email perubahan jadwal penerbangan menjadi 19-03-2021 pukul  09.50.

Pada tanggal 17-03-2021 saya menerima email lagi perubahan jadwal penerbangan menjadi 20-03-2021 pukul 09.50

Di sini saya sangat kecewa sekali maskapai yang dulu sering saya gunakan karena ketepatan waktunya sekarang mengubah jadwal dua kali bahkan mengundur lewat 1 hari.

Dikarenakan jadwal penerbangan baru yang terlalu telat, sementara acara yang harus di ikuti adalah hari itu juga, maka kami terpaksa harus beli tiket maskapai lain.

Saya pun mencoba mengajukan pembatalan lewat Tokopedia, namun sangat mengecewakan lagi, ternyata jumlah refund yang dihitung hanya sekitar 100 ribuan. Meskipun alasan pembatalan adalah kesalahan maskapai sendiri: perubahan jadwal sampai delay 1 hari. Mungkin jumlah kerugian saya terlalu kecil buat maskapai AirAsia, tapi harga kekecewaan saya terhadap maskapai ini buat saya sangat besar.

Saya tidak akan pernah memesan AirAsia lagi. Dan semoga para pembaca surat ini bisa menghindari maskapai ini. Kepada AirAsia, kembalikan uang saya 100% full! Pembatalan ini murni kesalahan maskapai.

Martin Wibowo Hemus
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AirAsia:
[Total:15    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Maskapai AirAsia

  • 19 Maret 2021 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Ditravel agent manapun.
    Kalau refund karena maskapai merubah jadwal , customer tidak setuju itu balik 100 % .
    Apa sudah tanya ke airasinya ???

  • 19 Maret 2021 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Tidak ada maskapai refund 100% untuk harga tiket low-cost. Harga tiket normal saja 75%.
    Resiko tiket low-cost, apabila maskapai merubah jadwal penerbangan, anda tetap harus tunduk dengan aturan mereka. Apalagi ini disaat pandemic begini.

    Naik AirAsia pastinya karena low-cost, dan itu memang slogan mereka.

    • 20 Maret 2021 - (20:25 WIB)
      Permalink

      Setahu saya kalau beli lewat AirAsia langsung, sejak Pandemi refund tidak berupa uang cash tetapi dimasukkan dalam Account Credit. Jadi bisa dikatakan seperti deposit yang berstatus open, bisa ganti rute dan masa berlaku 720 hari sejak pengajuan refund dikonfirmasi. Saya sendiri punya tiket refund Maret – April 2020, Jakarta – Kuala Lumpur, setahun sudah lewat tapi masih bisa digunakan.
      Namun untuk status refund tiket AirAsia yang dibeli di Biro Travel lain saya tidak paham prosedurnya. Mungkin aturan dari AirAsia soal Account Credit tidak dipublish oleh Biro Travel kepada calon penumpang.
      Saya melihat beberapa kasus masalah refund tiket sejak Pandemi masuk ke platform ini. Kebanyakan yang dibeli dari Biro Travel. CMIIW. Sebelum Pandemi juga saya pernah mengalami, sejak saat itu tidak lagi melalui Biro Travel, tapi langsung beli ke Maskapai. Maka untuk refund saya di AirAsia paling tidak masih bisa dipergunakan. Semoga Pandemi segera berlalu.
      Semoga kendala yang dihadapi penulis bisa terselesaikan dengan baik.

  • 20 Maret 2021 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Saya dulu bisa koq refund 100% atau pindah hari kapanpun asal sdh terjadwal.. krn kesalahan maskapai

    • 26 Maret 2021 - (13:54 WIB)
      Permalink

      Untuk kesalahan maskapai, seperti pembatalan flight maka refund bisa 100%. Tapi untuk kasus diatas, harus dilihat T&C plus kapan customer melakukan pembatalan tsb. Apabila diatas 2 hari dari jadwal bisa 75%-100%, kalau 1 hari sebelum penerbangan 50%, kalau diatas 6 jam bisa 25%. Dan kalau 2 jam sebelum flight palingan cuma dapat refund Rp 50,000.

  • 20 Maret 2021 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, anda harus bertanya terlebih dahulu ke INDONESIA AIRASIANYA “LANGSUNG” bukan TANYA ke TOKOPEDIA, TOKOPEDIA hanya pihak ke 3. Jangan seenaknya merendahkan maskapai padahal belum bertanya pada pihak AirAsia.

  • 26 Maret 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    coba deh pak/bu, buat ke depannya harap melakukan pembelian melalu website maskapai penerbangan secara langsung. Karena dengan begitu, apapun yang bapak/ibu beli semua sudah tercantum dalam SOP, T&C perusahaan tersebut. Kalau ibu/bapak beli melalui travel atau biro perjalanan ya yang membuat SOP adalah perusahaan biro perjalanan yang bapak/ibu gunakan, bukan salah perusahaan maskapai. Dan judul yang bapak/ibu gunakan untuk aduan seperti ini tidak pantas, karena itu bukan kesalahan dari Air Asia, melainkan kesalahan dari customer yang membeli melalui pihak luar dari Air Asia. Bisa merugikan Air Asia tentunys, namun balik lagi, customer tidak mau peduli, yang dituntut dan dipermalukan atas hal ini adalah perusahaan penerbangan. Padahal sudah jelas, kalau saja customer lebih bijak dalam membeli tiket penerbangan lewat website nya langsung, custoer dapat informasi update, punya akun sendiri juga, yang dimana apabila dalam keadaan urgent bisa upgrade apapun yang customer mau secara lgsg via handphone atau laptop tanpa harus grasak-grusuk minta bantuan agent biro perjalanan. Semoga ke depannya bapak/ibu bisa membeli tiket penerbangan secara website resmi ya. Jadi lebih banyak informasi update dan keuntungan yang di dapat juga lebih banyak. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai AirAsia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Maskapai AirAsia

oleh Martin Wibowo dibaca dalam: 1 min
9