Lazada Menahan Saldo Penjualan Saya Tanpa Alasan yang Jelas

Saya sebagai seller di Lazada, dengan ID seller: 67XEAENS dan nama toko Sinarindah, merasa telah dirugikan oleh pihak Lazada yang telah menahan hasil penjualan saya di periode 15 Maret 2021 – 21 Maret 2021 sejumlah Rp139.324.780 dan saldo yang masih berjalan Rp80 jutaan. Kalau ditotal, sudah Rp222 jutaan lebih dan masih banyak orderan yang masuk dan belum berani saya kirimkan karena takut akan tertimpa semakin dalam.

Customer saya sudah menanyakan orderan mereka yang terkatung dan pembatalan demi pembatalan terjadi karena saya merasa drop untuk membalas chat mereka dengan kejadian yang gak mengenakkan ini.

Uang yang gak tahu dengan alasan apa ditahan, mungkin bagi Lazada uang kecil, tapi bagi saya sebagai seller itu adalah uang yang sangat besar, yang tidak dicairkan/dikirim sesuai prosedur siklus mingguan dengan alasan yang tidak jelas. Lazada juga tidak memberikan info yang valid terkait kendala yang saya alami.

Karena belum mendapatkan jawaban pasti, pada hari Jumat tanggal 27 Maret 2021 saya mencoba langsung menyambangi kantor pusatnya di Jakarta, berharap bisa bertemu tim Lazada dan mendapat informasi tentang pembayaran saya yang gak masuk. Namun ternyata kantornya tutup, dengan alasan masih masa PSBB. Tidak ada satu pun orang lazada yang bisa ditemui, selain satpam tower yang hanya bisa memberi informasi sekedar saja.

Pada hari tersebut saya mendapatkan email pertama dari lazada isinya “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal dana yang belum diterima pada periode yaitu 15 Mar 2021 – 21 Mar 2021 sedang dalam proses pengecekkan lebih lanjut oleh tim terkait kami. Mohon untuk kesediaannya menunggu, apabila sudah ada update terkait hal ini kami akan bantu informasikan kembali melalui email. Terima kasih“. Begitu isi emailnya.

Saya juga sudah berulang mengontak chat PSC lazada dan menanyakan perihal laporan saya dengan nomor laporan 2040000037570609. Jawaban pertama menyuruh saya tunggu 2×24 jam dan nanti akan dikabari lewat email.

Setelah menunggu selama 2 hari, tak kunjung datang email dari Lazada yang memberitahukan atau sekedar menginfokan tindak lanjut atau bagaimana bentuk tanggung jawabnya sebagai e-commerce besar di Indonesia yang baru saja merayakan ulang tahunnya secara besar-besaran beberapa hari yang lalu.

Tiap hari durasi beberapa jam sekali terus saya tanyakan, berharap dapat jawaban dari salah satu pihak Lazada yang mungkin berbaik hati membantu. Ternyata semua jawaban yang saya terima sama, hanya menyuruh menunggu hasil investigasi dari pihak mereka, tanpa memberitahukan kapan hasilnya selesai.

Saya masih terus mencoba mengontak PSC berharap mendapatkan kepastian pembayaran. Namun jawaban yang mengecewakan terus saya peroleh dari tim Lazada dengan menyuruh lagi menunggu tim finance dan akan bantu follow up. Jawaban itu terus yang saya dapatkan selama saya menanyakan di chat seller, tanpa ada nomor yang bisa dihubungi atau yang menghubungi saya sebagai seller mereka yang terus menunggu hak saya.

Saya mulai mengira ada kesalahan pada akun bank atau data pribadi atau juga poin pelanggaran yang mungkin tidak sengaja saya lakukan, tapi setelah dicek semuanya baik-baik saja. Tidak ada kesalahan di akun dan data saya. Poin pelanggaran juga tidak ada.

Saya juga sudah menghubungi pihak Bank BCA yang saya pakai di akun lazada untuk pencairan dan tidak ada masalah di akun bank saya. Pernyataan dari bank, dana belum masuk murni karena belum ada transferan atau kiriman dana dari Lazada, karena di mutasi bank tidak ada dana yang masuk dari Lazada.

Tolong kepada Lazada Indonesia jangan membiarkan seller sendiri terlantar. Maka dari itu saya minta tolong dengan sangat, e-commerce sebesar Lazada kenapa uang saya ditahan? Tolong Tim Lazada bisa segera menghubungi saya dan bisa segera cairkan uang saya karena uang itu harus saya bayarkan kepada pihak ketiga. Saya di sini telat pembayaran sehari saja denda sudah terus berjalan. Apakah Lazada bisa menanggung kerugian denda yang sudah saya terima di periode ini?

Uang yang ditahan adalah uang yang harus saya bayarkan ke orang lain dan itu hasil kerja keras saya tiap malam membungkus paket Lazada. Sampai pulang larut, kadang gak makan hanya fokus buat kembangin online shop di Lazada. Waktu yang dijanjikan saya terima, malah tidak ada pembayaran.

Saya berharap Lazada Indonesia segera menghubungi saya dan memberikan solusi terbaik karena uang yang ditahan adalah uang yang sangat mendesak bagi saya.

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen telah memberi ruang untuk menjelaskan masalah yang sedang saya hadapi.

Terima kasih.

Eko
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:58    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

18 komentar untuk “Lazada Menahan Saldo Penjualan Saya Tanpa Alasan yang Jelas

    • 6 April 2021 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Sama 2 berjuang ka, sy dr bandung IDJ2S23N,,

      Terjadi persis, 2 minggu belum d bayarkan..

      Sy sdh stress,,
      Rencana mau ke kantor Lazada, boleh share alamatnya ka ?

      • 6 April 2021 - (20:25 WIB)
        Permalink

        Kantorny kalo gak salah di d DBS tower..kaka bsa cek maps nnti..tpi terakhir sy pergi orang2 yang kerja d sana masih WFH..tpi saya dengar info bulan 4 ini kantorny mau buka kembali lagi..

      • 6 April 2021 - (20:54 WIB)
        Permalink

        Info teman2 media konsumen pembaca artikel yang sudah saya buat..
        Saya kmren sudah mendapatkan telpon dari lazada..katanya laporan saya sudah masuk pertanggal 29 maret (seharusnya laporan saya d PSC lazada sudah masuk sebelum tanggal itu sesuai email yang telah di kirim lazada k saya) dan akan d bayarkan paling lambat 14hari kerja..dan saya menanyakan lagi dan MENEGASKAN kepastian pembayaran sesuai yang di janjikan dan sudah di iyakan dan dipastikan oleh tim Lazada paling lambat 14 hari kerja terhitung dari tanggal 29 maret..
        Tapi sampai sekarang sudah masuk tanggal 6 April 2021 atau sudah 8 hari kerja dan dihari ini selasa yang seharusny siklus pembayaran mingguanya belum ada pembayaran yang masuk juga dari Lazada. Saya masih terus menunggu pembayaran Lazada sesuai yang sudah di janjikan akan di percepat sebelum 14 hari kerjanya..
        Semoga Lazada Indonesia amanah dan menepati janjiny,karna saya masih percaya Lazada marketplace yang besar dan bertanggung jawab..
        TerimaKasih😇

        • 7 April 2021 - (12:10 WIB)
          Permalink

          Sama kak. Saya seller dari banyuwangi. 2 periode belum menerima pembayaran sebesar 187 juta lebih . Sudah chat psc tanpa tanggapan yg pasti. Cuma suruh menunggu terus.
          Saya sangat kecewa dengan lazada

        • 13 April 2021 - (09:54 WIB)
          Permalink

          Mas Eko, gimana perkembangannya? hari ini kan Selasa, apa sudah ada kabar baik? smoga cepat selesai dgn baik ya kak…..

  • 30 Maret 2021 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Sampai sekarang saya belum mendapatkan email atau pun telpon dari lazada untuk pembayaran saldo saya..padahal ini uda masuk 2 periode..

  • 30 Maret 2021 - (21:28 WIB)
    Permalink

    klo bener seprti itu Lazada memalukan sekali..beda sama marketplace sebelah yang lansung cair uangny..mikir2 la kali kau buka lapak disini..uda nahan seminggu masih d tahan lagi tnpa jelas..
    jangan2 uang seller di pakai buat undang artis2 acra ulangthunny tuu😅😅

  • 6 April 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Gimana kak apakah di hari selasa ini sudah ada pembayaran?
    Saya juga mengalami hal yang sama periode 22-28maret tidak cair, tidak jelas periode 29-4april yang jadwal di hari ini bagaimana kelanjutannya?!?! Kita harus mengadu kemana lagi agar lazada cairkan dana atas penjualan kita???

  • 6 April 2021 - (19:00 WIB)
    Permalink

    terjadi pada sya juga akun toko saya periode 22 maret- 28 maret 2021dan periode sekarang 29 maret- 4 april belum dibayarkan juga hasil penjualan toko.

    suruh nunggu email malah toko saya kena poin pelanggaran 48 pdhal sblmnya 0 poinnya. sangay anehh. akhirnya toko di non aktifkan dngan pembayaran yg tak kunjung di transfer

    semoga lazada dapt menanggapi surat ini. krna segelintir seller amatvsngat kesusahan dibuat oleh aturan lazada dngan hasil penjualan yg dtransfer bukan dtarik oleh penjual

    • 13 April 2021 - (10:20 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kepada media konsumen sudah membantu memberi ruang untuk menyuarakan..
      Dengan ini saya menyatakan saldo penjualan saya terlah terbayarkan oleh pihak Lazada.. Dan apresiasi juga kepada Lazada,mungkin karna tim Lazada ingin memastikan kesehatan toko saya maka di lakukan pengecekan berulang,dan hasilnya toko saya tidak ada indikasi yang melenceng karna memang toko saya real jualan secara baik dan sehat..
      Semoga kedepannya mitra bersama Lazada baik seller,buyer dan e-commerce sendiri terus berjalan lancar dan semakin berkembang.. Terima kasih Lazada Indonesia

  • 6 April 2021 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Dana saya juga belum cair dengan id seller ID165R5. Dana saya minggu lalu priode 22-28 maret masih tertahan. Dana minggu ini 29 maret – 04 april sampai malam ini 06 april 2021 pukul 20.00 juga masih ngga jelas(biasa jam 11 dah transfer). Mengubungi Psc tidak ada jalan keluar. By phone juga percuma karna telpon saya di putus. Padahal saya sudah cek tidak ada masalah di toko saya. dengan tertahan nya uang saya selama 1 minggu lazada sudah merugikan saya. Sampai detik ini uang saya masih nyangkut di lazada sudah mencapai 117.919.404 (seratus tujuh belas juta) Kiranya masalah ini agar cepat di selesaikan dan membeeikan penjelasan kepada saya.

  • 11 April 2021 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Periode 29 maret sampai 4 april juga belum terbayarkan,, gk ada pemberitahuan apakah ini akibat terlalu memaksa kan uangnya untuk sewa artis2,, tolong dibantu viral kan agar uang untuk mutar modal kembali normal

  • 12 April 2021 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Lazada emang suka seenaknya aja nahan begini saya sekarang aja Tiba2 dinonaktifkan dari lazada dengan alasan saya mencurigakan orderanya Karena ada returan 1 aja hahaa dan dana ditahan gajelas banding ga ada hasil sama sekali. Capek sama lazada

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Lazada Menahan Saldo Penjualan Saya Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Eko dibaca dalam: 3 min
18