Kecewa dengan Seller di Akulaku

Saya berniat membeli HP POCO F3 di aplikasi Akulaku dengan cicilan. Saya memutuskan membeli di aplikasi ini, karena saya sebelumnya membeli HP 2 hari langsung sampai. Sehingga saya tidak punya pemikiran aneh-aneh karena sudah biasa belanja di e-commerce.

Pesanan saya beli tanggal 29 April 2021 pukul 04.58 di toko MI STORE (rating 4.8). Adapun nomor pesanan adalah pesanan: 1619647125771212446803. Kemudian pesanan dikirimkan oleh seller pada 30 April 2021 17.55 dengan kurir SiCepat dan nomor resi: 001125696021.

Awal saya was-was adalah ketika proses menunggu pick-up kurir yaitu antara tanggal 29-30. Berangkat dari pengalaman, jika ready stock maka biasanya akan dikirim sore hari, tapi ternyata pending dan dikirim tanggal 30 April 2021.

Lanjut saya coba cek resi dan ternyata tidak dapat dilacak. Saya konfirmasi ke pihak SiCepat, ternyata tidak ada resi dengan nomor tersebut. Kemudian saya coba hubungi seller untuk konfirmasi barang pada tanggal 1 dan 2 Mei karena resi tidak kunjung dapat dilacak tapi tidak ada balasan, dengan argumen Sabtu dan Minggu libur.

Pada tanggal 2 Mei 2021 sekitar pukul 7 saya mencoba menghubungi CS Akulaku, dan disuruh menghubungi seller dan menunggu 14 hari. Sama seperti yang lain, ini tidak masuk akal, belanja online biar cepat tetapi harus menunggu lama. Jika dihitung posisi Jakarta – Temanggung pun tidak ada 1 hari.

Akhirnya saya tunggu, dan pada tanggal 3 Mei seller pun merespon dan bilang resi valid mohon ditunggu saja. Kemudian saya beri bukti resi tidak valid, dan menanyakan posisi barang. Ternyata barang masih ada di gudang. Di situ saya merasa ditipu oleh seller. Saya minta mengajukan pembatalan, tapi katanya tidak bisa. Ini yang gak masuk akal, barang yang akan di-pick up ternyata masih di gudang, kemudian barang tidak dikirim tidak bisa dilakukan pembatalan pembelian.

Hal yang menguatkan saya untuk menulis surat ini adalah ternyata banyak yang mengalami kejadian serupa, tapi sepertinya tidak ada tindak lanjut terhadap praktek seperti ini. Kemarin pembelian pertama saya di Akulaku ternyata kebetulan saja cepat sampai barangnya. Harapan saya adalah semoga pihak Akulaku dapat melakukan push ke seller, baik untuk pengiriman maupun pembatalan pesanan, karena baru kali ini juga saya mengalami pengalaman tidak nyaman belanja barang di sebuah e-commerce besar. Adapun beberapa bukti saya lampirkan. Semoga surat ini ditanggapi.

Rocky T Pantouw
Temanggung, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:17    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Rocky T Pantouw

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Rocky T Pantouw pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Kecewa dengan Seller di Akulaku

  • 4 Mei 2021 - (20:19 WIB)
    Permalink

    sama gan, ane juga pembelian ketiga malah, pembelian peryama kedua sesuai dengan pesanan, tetapi pas pesanan ketiga barang salah sudah hulan februari kemarin, sampai skarang tidak ada tindak lanjut dari akulaku, di chat nya aja isinya hanya “KAMI BANTU KAK”, tapi sampai skarang sudah 2 bulan barang tidak sampai2.. kalau begini kan jadi hilang kepercayaan ke ecomerce nya, padahal sudah 2x bayar cicilan..

    • 5 Mei 2021 - (09:20 WIB)
      Permalink

      kadang juga heran, uda banyak pengaduan soal kasus kayak gini, tapi sepertinya tidak ada update sistem atau apalah dari pihak akulaku. sehingga praktek2 meresahkan gini jalan terus.

      • 5 Mei 2021 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Lama lama bosen juga baca MK, isinya ya Kasus Kasus Akulaku, Shopee, dan CC/DC.
        Dan terjadi lagi… (Noah)

        • 5 Mei 2021 - (23:45 WIB)
          Permalink

          Awas itu seller sangat tidak punya ahlaq….ada yg nulis review aja keluhan.langsung di MAKI balik sama dia..udah jelas dia yg salah…ini sih memang masuk dalam penipuan….masa iya resi udah muncul lama tapi barang belum dikirim……tapi coba aja nanti barang udah sampe trus beri penilaian di sellernya pasti anda di MAKI balik…..sarana aja kalo mau beli di akulaku dari seller resmi tokonya

          REALME/OPPO/SAMSUNG/INFINIX/OFFICIAL STROE walo harga mahal dikit tapi jamin gak akan sampe lebih dari 5 hari kalo masih dalam pulau jawa

  • 6 Mei 2021 - (02:46 WIB)
    Permalink

    Sama gan saya sudah kesekian kalinya kredit via akulaku tidak ada masalah, baru kali ini saya di bikin capek. Saya pesan barang di merchant akulaku saya pesan tgl 30-5, tgl 1-5 pesanan dikirim dengan kurir pribadi dengan resi nomer hp untuk memastikan saya telpon ke nomor tsb ga diangkat saya live chat slow respon disuruh tunggu sampai tgl ini barang jg blm sampai, saya komplain ke akulaku via feedback jawaban SPT biasa suruh tunggu 14 HK, mau saya refund lagi2 saya disuruh hub seller

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Seller di Akulaku

oleh Rocky Pantouw dibaca dalam: 1 menit
5