Merchant Akulaku Memberikan Nomor Resi Palsu, Balasan Live Chat Hanya “On Progress”

Pada tanggal 15 Juni 2021 pukul 02.27 WIB dini hari, saya melakukan pemesanan Laptop Acer Aspire A315-41 di merchant IMMANUEL SHOP di aplikasi Akulaku menggunakan limit credit, dengan membayar ongkos kirim sebesar Rp16.000. Selang 3 menit kemudian, pesanan telah dikonfirmasi oleh merchant dan pesanan sedang dikemas.

Pada pukul 10.16 WIB pagi hari, masih di tanggal yang sama, keterangan pelacakan berubah menjadi “Pesanan sudah dikemas, menunggu pickup kurir“. Dua hari saya menunggu, tidak ada perubahan pada keterangan pelacakan.

Merasa curiga ada yang aneh dengan merchant ini, saya pun mencari informasi di internet tentang merchant IMMANUEL Shop ini. Dan benar saja, banyak keluhan dari para customer Akulaku tentang merchant ini. Mulai dari lamanya pengiriman, nomor resi palsu, keterangan barang sudah diterima padahal barang belum diterima, hingga barang yang diterima tidak sesuai dengan di deskripsi.

Saya pun menjadi was-was. Saya chat menanyakan tentang produk yang saya pesan ke merchant, merchant hanya menjawab “On progress“. Saya kirim chat lagi, jawabannya tetap sama hingga 3 kali.

Saya pun khawatir. Berdasarkan pengalaman saya berbelanja di Akulaku, tidak pernah lama seperti ini, baik dari pelayanan, kecepatan pengiriman, dan kelakuan merchant-nya.

Lalu saya mengirim feedback ke CS Akulaku tentang keluhan yang saya alami, yaitu untuk menindaklanjuti merchant tersebut, dan kalau tidak ada respon ingin saya refund limit kredit. Solusi yang diberikan malah memberatkan customer, karena harus customer yang mengonfirmasi ke merchant-nya, sedangkan merchant-nya tidak membalas lagi chat saya. Ini balasan emailnya:

_________________________________

Dear Bapak Jodi Fikri,

Terima kasih telah menghubungi Akulaku.

Kami sangat menyesal mendengar kendala yang Bapak alami.

Sehubungan dengan pertanyaan Bapak Jodi Fikri mengenai pesanan, kami informasikan bahwa pesanan produk [BARU] LAPTOP ACER A315-41 – RYZEN 3 3200U 8GB 128GB+1TB VEGA 3 15,6\” WIN10 saat ini sudah dikonfirmasi oleh merchant, saat ini terkait transaksi pemesanan dapat menghubungi merchant langsung melalui fitur Obrolan Merchant. Jika merchant tidak menjawab selama 14 hari kerja maka dapat konfirmasi kembali kepada kami agar kami tindak lanjuti merchant tersebut kepada pihak terkait dengan melampirkan bukti live chat pada Feedback berikutnya.

Untuk pemesanan yang sudah dikonfirmasi oleh merchant tidak dapat dibatalkan kecuali sesuai dengan informasi dari merchant mengenai persetujuan pembatalan produk.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami berharap permasalahan Bapak dapat terselesaikan dengan baik.

Pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi. Tidak Klik LINK dari Sumber yang tidak jelas, dan jangan pernah membagikan informasi pribadi, kode OTP & password akun Akulaku kepada siapapun tanpa terkecuali.

Jika Bapak Jodi Fikri berkenan, mohon kesediaannya menjelaskan lebih lanjut tentang kendala tersebut melalui layanan telepon 1500920 (Senin – Minggu pukul 08.00 – 21.00 WIB ). Atau melalui layanan Feedback aplikasi Akulaku yang berada pada menu \”Personal – Pusat Bantuan – Pilih kategori pengaduan yang Anda ingin ajukan – Pilih salah satu pertanyaan yang terkait dengan pengaduan Anda – Klik tombol Feedback\”.

Terima kasih,

Akulaku.

Waktu berselang. Hingga pada tanggal 17 Juli 2021, status pelacakan berubah menjadi “Pesanan sedang dalam pengiriman oleh JNE. Mohon perhatikan panggilan masuk dari kurir.” Di situ tertera Nomor resi dan juga jasa pengiriman. Jasa pengiriman: JNE, nomor resi: 201929190190193031.

Setelah itu, saya melakukan pengecekan nomor resi di sistem pelacak nomor resi JNE dan benar saja, Nomor Resi Tidak ditemukan alias “Not found“.

Saya kirim feedback lagi ke Akulaku, belum ada jawaban. Saya chat ke pihak merchant, tidak ada jawaban juga. Hingga saya chat merchant-nya untuk menemui tokonya jika tidak membalas. Sudah sampai sejauh itu pun merchant tidak membalas.

Hingga sekarang, tanggal 19 Juni 2021, status pengiriman belum berubah, masih pakai resi palsu dan merchant belum membalas live chat saya. Saya harap pihak Akulaku akan membantu saya jika sampai ke media seperti ini.

Trims.

Jodi Fikri
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:8    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Jodi Fikri

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Jodi Fikri pada tanggal 20...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Merchant Akulaku Memberikan Nomor Resi Palsu, Balasan Live Chat Hanya “On Progress”

  • 21 Juni 2021 - (12:36 WIB)
    Permalink

    [Merasa curiga ada yang aneh dengan merchant ini, saya pun mencari informasi di internet tentang merchant IMMANUEL Shop ini. Dan benar saja, banyak keluhan dari para customer Akulaku tentang merchant ini. ]

    sayang kecurigaan dan pengecekan dilakukan setelah order.. andai sebelumnya….

    semoga cepat selesai

    • 21 Juni 2021 - (12:39 WIB)
      Permalink

      Puji syukur, pesanan telah berhasil di batalkan setelah 8 hari. Karena saya push dari telepon, via chat, dan posting ke media

          • 24 Juni 2021 - (04:43 WIB)
            Permalink

            Udah nlfn sruh tunggu 14 hari kak,,saya Uda nulis surat kyk gni juga kak…

    • 23 Juni 2021 - (04:30 WIB)
      Permalink

      Kasus saya sama kak…ini merchant central store..bodong semua penjual di akulaku…saya chat tidak ada jawaban sama sekali.pesanan kakak apakah sudah ada solusi??

    • 23 Juni 2021 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Udah di refund kak, thanks goodness. Gua nelpon ke Cs AKULAKU pukul 13.00. yang ngangkat cewek, dan memberi respon yg cepat. Jadi sebaik nya telpon jam segituan. Kalo sore cs nya agak bodo amatan

  • 22 Juni 2021 - (00:58 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran,sebaiknya dicek dlu type laptop yg ingin dibeli itu masih ada baru atau tidaknya Krn dari type dan jenis prosesor yg dibeli sudah ditidak diproduksi lagi sejak lama,untuk produk barunya sudah dipastikan tidak beredar lagi pak
    Dari situ sudah mencurigakan

  • 25 Juni 2021 - (15:14 WIB)
    Permalink

    ane juga sama gan di merchant ini tgl 15, cumen sampe detik ini ga ada solusi berarti. Ane coba push cs akulakunya, malah ngeyel CS nya ngebalikin ke ane suruh live chat. asli sampe ini ga ada solusi, ane mau gamau harus push kantor secara langsung ini mah

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Merchant Akulaku Memberikan Nomor Resi Palsu, Balasan Live Chat Hanya …

oleh jody dibaca dalam: 2 menit
11